produk anakJika pelaku bisnis lainnya sibuk mencari tambahan modal untuk membuka sebuah usaha, maka lain halnya dengan Puspa Sri Wulandari yang sukses jualan online dari hobi menjahit pakaian. Dengan menggabungkan hobi menjahit dan naluri keibuan yang Ia miliki, Puspa sukses memasarkan produk khusus anak-anak ke berbagai penjuru nusantara.

Video Praktisi

Strategi Mengenalkan Produk Baru Brownies Telo

Pengalaman suaminya yang bernama Victor Buana Savilly dalam menekuni bisnis di dunia maya, menjadi salah satu inspirasi bisnis yang akhirnya mendorong ibu satu anak ini untuk ikut terjun di bisnis online. Setelah menikah, Puspa memutuskan resign dari pekerjaannya saat itu di sebuah bank swasta dan mulai fokus untuk membantu usaha sang suami.

Dari sinilah Puspa yang di tahun 2009 silam melahirkan seorang anak laki-laki mulai tergugah untuk menyalurkan hobi jahit-menjahit untuk membuatkan sepatu dan bedong bayi untuk buah hati tercinta. Mengingat wanita asli Kediri, Jawa Timur ini kebetulan berasal dari keluarga yang punya usaha jahit atau konveksi, maka tidak heran bila produk-produk bayi yang Ia produksi banyak disukai teman-temannya.

Banyak teman-teman Puspa yang mulai bertanya dimana Ia membeli perlengkapan bayi untuk sang buah hati. Dari pertanyaan tersebut, munculah ide dari suami untuk menjual produk-produk anak buatan Puspa melalui dunia maya. Sebagai debut usahanya, dulunya pasangan suami istri ini menggunakan website toko online Sepatu-Bayi.com yang khusus menjual sepatu flanel bayi. Dan seiring dengan pertumbuhan anaknya yang sudah tertarik untuk mulai ikutan sholat, Puspa mulai menciptakan produk sarung balita JAVA yang sampai saat ini menjadi salah satu produk unggulan di toko onlinenya.

sarung anak javaMelihat pertumbuhan bisnis toko onlinenya cukup pesat, tahun 2010 yang lalu Puspa memutuskan untuk mengubah nama websitenya menjadi ProdukAnak.com. Strategi tersebut sengaja Ia ambil mengingat produk anak yang diciptakannya semakin beragam. Jika awalnya Puspa menjahit produknya sesuai dengan pesanan, kini seiring bertambahnya pesanan dan semakin beragamnya produk kami, Ia telah memiliki beberapa karyawan yang khusus menangani pembuatan produk-produk anak di toko online tersebut.

Di samping bisa menyalurkan hobi menjahit yang dulunya belum Ia tekuni dengan serius, sekarang ini Puspa bisa menciptakan beragam jenis produk anak yang tak hanya lucu namun juga memiliki harga jual yang relatif cukup terjangkau. Diantaranya seperti sepatu bayi, sarung anak, mukena anak, sajadah anak, bedong instan, dan lain sebagainya.

Melalui website toko online, facebook, dan reseller yang Ia miliki, sekarang ini produkanak.com bisa melayani lebih dari 100 transaksi per hari. Meski transaksi onlinenya terbilang cukup tinggi, namun sampai saat ini Puspa belum tertarik untuk membuka kios offline. Selama ini Ia melayani layanan COD (cash on delivery) di rumah pribadinya. Jadi, bisa dikatakan toko offlinenya saat ini sekaligus sebagai rumah produksi dan tempat tinggalnya.

Semoga kisah sukses Puspa yang berhasil memasarkan produk anak di ranah maya ini memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para pemula yang ingin terjun di bisnis online. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.produkanak.com/63-587-thickbox/se.jpg
2. http://masrevi.com/wp-content/uploads/2013/03/sarung-hijau.jpg