potensi-sumber-energi-sumatera-selatanSumber daya alam khususnya potensi energi primer yang terdapat di wilayah Sumatera Selatan merupakan daya tarik kuat bagi masuknya penanaman modal untuk meningkatkan perekonomian daerah. Hal ini didukung oleh letak Provinsi Sumatera Selatan diantara Pulau Jawa dan Singapura/Malaysia yang secara ekonomi sangat strategis.

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Kerajinan

Potensi sumber daya energi Sumatera Selatan seperti minyak bumi, gas bumi, batubara dan panas bumi terdapatnya tersebar dan berlimpah merupakan modal dasar dalam mewujudkan Sumatera Selatan sebagai Lumbung Energi khususnya melalui Pembangunan Ketenagalistrikan dan penyediaan energi bahan bakar dan industri.

Pembangunan Ketenagalistrikan di Sumatera Selatan melalui Pembangunan Listrik Tenaga Gas (PLTG) dan Listrik Tenaga Uap (PLTU) di mulut tambang dengan bahan bakar batubara nilai kalori rendah yang potensinya berlimpah akan menjawab kelangkaan listrik di Jawa dan Sumatera yang saat ini dalam kondisi kritis selain untuk kebutuhan ekspor ke Malaysia dan pengembangan pemanfaatan BBG untuk industri, komersial dan rumah tangga serta transportasi yang relatif banyak.

Peluang investasi

Sumatera Selatan mempunyai potensi alam yang cukup banyak dengan cadangan yang masih belum dikelola dan menuggu kedatangan para investor untuk mengelolahnya, pada saat ini beberapa peluang investasi yang di prioritaskan untuk ditawarkan adalah :

1. Minyak Bumi
Potensi minyak bumi di Sumatera Selatan mempunyai cadangan 5.034.082 MSTB, Produksi ekploitasi pertamina dan mitranya selama 1998-2002 baru rata-rata 3.718.720 barrel perhari.

2. Gas Alam
Cadangan gas alam yang ditemukan di kabupaten Musi Banyuasin, Lahat, Musi Rawas dan Ogan Komering Ilir mencapai 7.238 BSCF. Produksi ekploitasi 4 tahun terakhir baru rata-rata 2.247.124 MMSCF. Gas alam ini dapat dijadikan bahan pembangkit tenaga listik, produk plastik dan pupuk.

3. Batubara
Cadangan batubara di Sumatera Selatan 18,13 milyar ton. Lokasi batubara terdapat di kabupaten Muara Enim, Lahat, Musi Banyuasin dan Musi Rawas. Mutu cadangan batubara pada umumnya berjenis lignit dengan kandungan kalori antara 4800-5400 Kcal/kg. Cadangan batubara tersebut baru dikelola PT Bukit Asam dam dan PT Bukit Kendi pada lokasi Kabupaten Muara Enim. ;Sedangkan cadangan sebanyak 13,07 Milyar Ton belum dikelola sama sekali.

4. Pembangkit Tenaga Listrik
Daya tampung saat ini 411,975 KW. Saat ini PLN masih defisit ;lebih kurang ;90 Mega Watts. Kebutuhan setiap tahun meningkat. Diprediksi tahu 2012 defisit PLN di Sumatera Selatan akan mencapai 291,91 Mega Watts.

Cara Berkunjung ke Sumsel
Untuk berkunjung ke Sumatera Selatan dapat ditempuh melalui perjalanan udara, darat, dan laut. Melalui udara misalnya, penerbangan dari Jakarta ke airport Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, hanya ditempuh selama 47 menit. Penerbangan reguler Jakarta-Palembang pp berlangsung 14 kali dalam sehari. Batam-Palembang setiap hari. Penerbangan dari Singapura ke Palembang 3 kali seminggu.

Dari laut melalui pelabuhan Boom Baru Palembang, atau Pangkal Balam di Bangka dan Tanjung Pandan di Belitung. Sedang untuk jalan darat, dari Selatan melalui Lampung, Utara melalui Jambi dan Barat melalui Bengkulu. Perjalanan darat ini didominasi bus-bus penumpang yang biasanya dilengkapi berbagai fasilitas khusus jika mengangkut para wisatawan. Perjalanan darat juga dapat ditempuh dengan kereta api dari Lampung ke Palembang pp 2 kali sehari.