Perkembangan informasi dunia maya yang semakin luas, memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk terjun langsung menekuni bisnis online. Caranya yang terbilang mudah dan modalnya yang cukup murah, menjadikan bisnis tersebut sering digunakan masyarakat untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Video Praktisi

Strategi Mengenalkan Produk Baru Brownies Telo

Menjalankan bisnis online, memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Tak heran bila kini beragam bisnis online pun mulai bermunculan, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet setiap harinya. Misalnya saja seperti bisnis menjual barang secara online, bisnis jasa online, serta berbagai program internet marketing yang bisa memberikan penghasilan cukup besar bagi pelaku usahanya.

Tentu Anda juga tertarik menikmati keuntungan besar dari bisnis online bukan? Nah, bagi Anda yang ingin mencoba terjun di bisnis online, berikut kami informasikan tips memulai bisnis online yang bisa Anda coba.

1. Sebelum memulai bisnis online sebaiknya tentukan topik atau ide bisnis yang akan Anda jalankan. Usahakan untuk memilih peluang bisnis online yang banyak dicari konsumen, untuk memudahkan Anda memasarkan produk. Beberapa ide bisnis yang bisa Anda jalankan antara lain, berjualan ebook, menjual CD tutorial, menjadi reseller produk, mengikuti program affiliate, menjadi publisher iklan, jasa terjemahan online, membuka toko online, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Layaknya bisnis offline, menjalankan bisnis online juga membutuhkan kantor dan toko untuk memasarkan produk bisnisnya. Karena itu buatlah blog atau website yang bisa Anda jadikan sebagai kantor sekaligus bisnis Anda. Pastikan website atau blog Anda dibuat dengan sebagus mungkin, agar konsumen juga betah berlama-lama berada di tempat usaha Anda.

3. Selanjutnya, buatlah produk yang akan ditawarkan. Anda tidak perlu bingung dalam menawarkan produk secara online. Sebab, sekarang ini berbagai macam produk sudah bisa dipasarkan melalui internet. Dari mulai produk informasi, produk makanan, produk fashion, produk kerajinan, sampai produk kebutuhan sehari-hari, sudah bisa dibeli masyarakat melalui dunia maya. Yang terpenting, ciptakan produk yang banyak dibutuhkan konsumen.

4. Tawarkan sistem pembelian yang mudah bagi para konsumen. Karena pada bisnis online pembelian tidak bisa dilakukan internet marketingsecara langsung, maka Anda harus mengirimkan produk yang dibeli konsumen. Oleh sebab itu, tentukan sistem pembelian yang tidak menyulitkan konsumen. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke rekening bank Anda atau menggunakan paypal. Sedangkan untuk proses pengiriman barang bisa dilakukan setelah uang Anda terima. Kemudian Anda bisa mengirimkan pesanan kepada konsumen, dengan jasa layanan yang terpercaya.

5. Lakukan promosi untuk bisnis online Anda. Promosi pada bisnis online juga sangat penting. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti promosi dengan SEO, mengisi konten menarik secara rutin di website Anda, bertukar link atau baner dengan blog lain, memberikan produk gratis pada konsumen (misalnya ebook gratis), atau bisa juga melakukan promosi secara offline. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengetahui bisnis online Anda.

6. Update bisnis online Anda secara rutin. Usahakan untuk memberikan inovasi baru pada website atau blog Anda setiap harinya, hal tersebut untuk menghindarkan adanya kebosanan konsumen. Misalnya saja dengan menulis artikel baru setiap harinya, menambahkan produk baru setiap bulannya, atau sekedar mengubah tampilan website atau blog Anda secara berkala. Dengan begitu konsumen akan merasa nyaman untuk selalu berkunjung ke bisnis online Anda.

7. Luangkan waktu Anda untuk merespon konsumen. Seperti halnya pada bisnis offline, konsumen bisnis online pun juga ingin segera dilayani. Untuk itu selalu luangkan waktu Anda minimal 1-2 jam per hari, untuk melayani pesanan mereka, membalas email mereka, atau sekedar membalas komentar mereka. Cara tersebut akan membuat konsumen senang, karena mereka tidak merasa berhubungan dengan robot atau mesin computer.

8. Yang terakhir pastikan diri Anda untuk selalu fokus, tekun dan sabar. Walaupun bisnis online bisa dikatakan mudah dijalankan, namun tidak semua orang bisa berhasil membawa bisnis online menuju kesuksesan. Untuk itu usahakan untuk fokus pada satu bidang yang Anda pilih, tekun untuk menciptakan inovasi-inovasi baru baru, serta sabar dalam mengembangkannya.

Mungkin ini dulu sedikit tips yang bisa kami berikan, bagi teman-teman yang memiliki tambahan saran jangan sungkan-sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar. Semoga tips bisnis online untuk pekan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Salam sukses.

sumber gambar : http://www.easyjob4earn.com/pages/data-entry-jobs-at-home-1.jpg dan http://1.bp.blogspot.com/_Bph0pVfgHRs/S68DFaweWOI/AAAAAAAAABM/pD3Ud-77Tto/s1600/internetbusiness.jpg