3 Tipe Pengusaha Start Up, Kamu yang Mana?

Banyak yang bilang bisnis itu yang penting bisa jualan. Dagangan laku di pasaran dan ada keuntungan yang masuk setiap bulan, sudah dikatakan seorang pengusaha. Meski sama-sama menghasilkan, ternyata yang membedakan adalah mindset dari setiap peran yang mereka jalankan.

kamu-itu-tipe-pedagang-manajer-atau-enterpreneur

Setidaknya ada tiga jenis mindset orang dalam menjalankan bisnis start up. Yuk, cari tahu sebenarnya kamu itu pedagang, manajer atau entrepreneur?

Kamu si Pedagang

Bisa dikatakan pedagang adalah orang selalu menitik beratkan hasil atau keuntungan yang bisa langsung didapatkan. Umumnya jenis orang ini lebih senang mengerjakan segala sesuatunya sendiri, karena mereka terbiasa jadi teknisi yang turun langsung ke lapangan. Termasuk ketika sudah menjalankan usaha, tipe si pedagang lebih suka produksi, packing, sampai pemasaran dikerjakan sendiri.

Kamu si Manajer

Seorang manajer biasanya menghasilkan sesuatu melalui para pegawainya. Misalnya dengan mengembangkan atau menciptakan sistem yang efektif untuk menghasilkan prestasi yang baik. Biasanya tipe manajer lebih banyak teori daripada prakteknya. Kebanyakan orang dengan tipe manajer bisa mengaktualisasikan visi seorang entrepreneur dengan menggunakan perencanaan, impelementasi dan analisis. Bisa dikatakan kamu yang bertipe manajer lebih cocok berprofesi sebagai motivator bisnis.

Kamu si Entrepreneur

Yang ketiga yaitu tipe entrepreneur, biasanya orang tipe ini mendirikan sebuah bisnis yang bisa berjalan dengan atau tanpa kehadiran fisiknya. Orang seperti ini memiliki pandangan dan visi-visi cemerlang yang membuat sebuah bisnis menjadi unik dengan menambahkan tujuan dan inovasi baru yang belum pernah dipikirkan pelaku bisnis lainnya. Pandangannya untuk jangka panjang memungkinkan kamu si tipe entrepreneur untuk mengantisipasi perubahan dan kebutuhan pasar dengan sangat baik.

Kita perlu memahami hal ini agar kedepannya tidak melakukan kekeliruan lanjutan dalam menjalankan usaha. Sebab, sekarang ini banyak pengusaha yang gagal menjalankan bisnisnya karena memiliki karakter yang mendekati seorang pedagang, bukan entrepreneur. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba