Agar Bisnis Online Anda Tidak Dianggap Spam

ilustrasi spamKetika menjalankan peluang bisnis di dunia maya, tak sedikit kendala atau resiko bisnis yang mungkin dihadapi para pelaku usaha, salah satunya yaitu spam. Istilah spam tentunya sudah sangat akrab di telinga para blogger maupun pelaku internet marketing, mengingat keberadaan spam sendiri menjadi sebuah hal yang mereka takuti dan sebisa mungkin dihindari untuk menjaga kelangsungan bisnis yang mereka miliki.

Tak jarang para blogger maupun pelaku bisnis online harus rela kehilangan blog atau website yang mereka miliki, hanya karena situsnya dianggap sebagai spam yang tidak memberikan manfaat bagi para pengunjung. Sehingga situs tersebut dihapus dari layanan hostingnya dan tidak bisa diakses lagi oleh para pengguna internet. Tentunya kondisi seperti ini sangat merugikan pelaku bisnis online.

Nah, untuk menghindari resiko diatas, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan kepada para pembaca, apa itu Spam dan bagaimana cara yang bisa digunakan para blogger untuk mencegah adanya spam?

Apa itu spam?
Sebenarnya yang dimaksud dengan spam adalah penyalahgunaan dalam sistem pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya, yang mengakibatkan adanya ketidaknyamanan bagi para pengguna situs. Biasanya spam dilakukan untuk mendukung promosi blog atau website yang dimiliki para pelaku bisnis online, namun karena kuantitasnya yang terlalu tinggi tanpa memperhatikan kualitas informasi yang diberikan kepada konsumen. Hal ini justru membuat para konsumen, maupun penyelenggara jasa internet merasa terganggu, dan tidak nyaman berkunjung di sebuah situs.

Lalu, bagaimana agar bisnis online Anda tidak dianggap spam? Untuk mencegahnya, para blogger bisa melakukan beberapa hal berikut ini:spam

  1. Hindari pengiriman email marketing yang berlebihan kepada para konsumen. Hal ini hanya akan membuat para konsumen merasa tidak nyaman, dan menganggap email tersebut sebagai sampah yang perlu dibuang atau dihapus. Bila Anda ingin mempromosikan blog atau website Anda melalui email marketing, sebaiknya lakukan secara berkala. Agar konsumen tidak merasa terganggu, dan dengan senang hati merespon kiriman Anda
  2. Sebuah blog atau website bisa dianggap sebagai spam, jika semua konten di dalamnya merupakan hasil copy paste atau duplikasi dari situs rang lain. Karena itu, sebisa mungkin buatlah konten asli buah karya Anda sendiri. Kondisi tersebut akan membuat situs Anda terhindar dari dugaan spam, serta memiliki nilai lebih dimata para pengunjung blog Anda.
  3. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan para spammer adalah menuliskan komentar-komentar yang tidak ada hubungannya dengan konten di website Anda. Bahkan tak sedikit dari mereka yang sengaja mencantumkan alamat linknya untuk mengarahkan pengunjung Anda ke situs mereka. Oleh sebab itu, agar lebih aman mintalah para pengunjung blog Anda untuk log in terlebih dahulu sebelum mereka meninggalkan komentar.
  4. Hindari kegiatan-kegiatan curang (ilegal) yang bertujuan untuk meningkatkan traffic blog atau pagerank situs Anda. Karena segala aktivitas yang mencurigakan, akan memungkinkan situs Anda dianggap sebagai spam oleh mesin pencarian seperti google. Maka dari itu, biasakan untuk melakukan promosi blog dengan etika yang benar.

Mungkin ini dulu sedikit tips bisnis online yang bisa kami berikan untuk mencegah spam. Bagi rekan-rekan blogger yang memiliki info tambahan seputar spam. Kami persilahkan untuk tidak sungkan berbagi ilmu dan pengalaman pada kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat dan salam sukses.
Sumber gambar : http://sarx.co.cc/wp-content/uploads/2010/11/internet_abuse_spam.png dan http://1.bp.blogspot.com/_7uXY6MLZw-0/TR0oQF2e9iI/AAAAAAAAAUQ/wTdfAlVHqUo/s1600/spam.png

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba