Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Manfaatnya Untuk Bisnis?

Google Analytics adalah sebuah perangkat lunak berbasis web yang kini banyak digunakan untuk menganalisis umur dan mengetahui jumlah pengunjung. Ada banyak fitur yang dimiliki google analytics yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk bisnis.

Penggunaan google analytics ini untuk mengetahui iklan bahkan kata kunci yang paling banyak merujuk pada situs para pengguna. Dengan penggunaan perangkat ini maka akan diketahui report atau laporan tiap hari, minggu bulan bahkan tahun tentang trafik website. Nah cukup mudah untuk bisa memiliki google analytics yang satu ini kamu hanya perlu memiliki akun google.

Bagi para pebisnis yang memiliki website google analytics ini merupakan perangkat lunak yang cukup penting dan wajib. Dengan memiliki akun google dan memiliki google analytics maka akan mempermudah dalam proses memantau dan mengecek trafik website.

Tidak hanya sekedar untuk melihat trafik saja. Perangkat ini juga menyediakan berbagai fitur yang menyediakan berbagai data performa website. Mulai dari sumber trafik, data pengunjung, konten paling populer dan masih banyak lagi.

6 Jenis Data Google Analytics

Dengan bantuan data trafik website tersebut tentu kamu akan dengan mudah untuk melakukan evaluasi konten yang dibuat. Nah ada 6 jenis data google analytics yang perlu diketahui, diantaranya :

Realtime

Merupakan jumlah user yang membuka website secara realtime. Pembagian user tersebut dibagi berdasarkan device yang digunakan, Baik pageview per menit, detik, referral, social traffic, keyword, active page dan location.

Demografi Pengunjung

Merupakan halaman yang menunjukkan audience yang mengunjungi website kamu, dari mana mereka berasal dan tema apa yang paling disukai. Nah pada bagian ini kamu bisa melihat data seperti jumlah pengguna, tayangan halaman, pengguna baru, halaman dibuka dalam satu sesi, sesi, sesi per pengguna, bounce rate, demografi bahasa, negara dan kota, sistem operasi yang digunakan.

Perilaku Pengunjung

Interaksi pengunjung dengan konten di website bisa lihat dan dipetakan. Melalui ini maka akan diketahui audience merespon tiap halaman website. Bagian ini ada 5 macam data pengunjung yakni pengunjung lama, frekuensi dan keterkinian, engagement, kualitas seni dan kemungkinan konversi.

Jumlah Trafik

Jumlah trafik adalah salah satu aspek terpenting yang kamu juga perlu tahu. Dari data ini maka akan terlihat seberapa banyak website kamu dikunjungi dalam jangka waktu tertentu. Maka dari sinilah kamu akan tahu seberapa dikenalnya website kamu.

Sumber Trafik

Ada berbagai jalan untuk bisa menemukan website kamu, salah satu cara yang paling biasa adalah dengan mengetikkan URL ke address bar browser. Pengunjung bisa juga mendapatkannya dari mesin pencari dsb.

Kecepatan Website

Nah selain google pagespeed insight dan tools, kamu juga bisa mengecek kecepatan website kamu melalui google analytics. Beberapa data yang bisa ditampilkan pada halaman ringkasan adalah waktu muat halaman rata-rata, pengalihan rata-rata, pemeta domain rata-rata, respon server rata-rata, download halaman rata-rata.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba