Peluang Usaha Keripik Basreng Anti Ribet Skala Rumahan

Usaha keripik basreng masih punya peluang yang menggiurkan untuk kamu coba. Gimana enggak? Basreng atau bakso goreng, camilan pedas gurih asal Bandung ini banyak digemari oleh anak-anak muda zaman now. Apa lagi kalau kita lihat tren bisnis kuliner di masa sekarang ini. Di mana makanan dengan cita rasa pedas akan mudah mendapatkan hati konsumen. Terutama untuk kalangan anak mudan dan pecinta pedas. Sebab pada dasarnya makanan dengan cita rasa gurih pedas akan menimbulkan efek nagih bagi setiap orang yang menikmatinya. Jadi jangan heran kalau bisnis kuliner makanan pedas tidak pernah redup justru semakin ramai.

Melihat Peluang Usaha Keripik Basreng

Begitu juga dengan peluang usaha keripik basreng yang masuk dalam jajaran binis makanan ringan paling laris di Indonesia. Bahkan usaha keripik basreng ini sudah ada yang berkembang dalam bentuk usaha kuliner waralaba. Bisnis camilan pedas saat ini makin menggiurkan untuk dicoba. Bukan tanpa alasan karena orang Indonesia termasuk ke dalam golongan penyuka makanan pedas. Dari sabang sampai merauke masakan khas daerahnya tidak lepas dari unsur pedas dan rempahnya yang kuat.

Peluang Usaha Keripik Basreng Anti Ribet Skala Rumahan
genpi.co

Makanan dengan rasa pedas sepertinya sulit dipisahkan dengan keseharian orang Indonesia. Seperti sambal yang dirasa wajib ada di setiap hidangan makanan. Hingga saat ini bisnis camilan pedas dengan beragam level menjadi tren. Banyak pelaku camilan pedas yang kemudian mendapatkan keuntungan besar dari tren tersebut. Kebanyakan penggemar kuliner camilan pedas ini adalah anak muda. Seperti yang kita ketahui bahwa anak muda adalah segmen pasar yang bisa disasar oleh beragam jenis produk. Maka dari itu tren bisnis kuliner jajanan pedas akan membuka peluang yang menjanjikan untuk usaha keripik basreng.

Kenapa Orang Suka Makanan Pedas?

Tapi kenapa ya banyak orang suka makan pedas? Orang yang suka makanan pedas punya asosiasi yang kuat pada kenikmatan dan kesakitan. Diibaratkan seperti orang yang suka naik wahana rollercoaster atau aktivitas lainnya yang membuat jantung berdetak kencang. Hal itu menunjukkan bahwa orang yang suka makanan pedas cenderung memiliki sifat menyukai hal seru dan penuh sensasi.

Saat seseorang mencoba makanan atau hidangan pedas, reseptor di mulut akan bereaksi. Mengelabui otak sehingga dia berpikir mulutnya terbakar. Tubuh akan merespons reaksi tersebut dengan produksi hormon endorfin yaitu hormon yang memicu perasaan senang. Hormon tersebut keluar untuk meredam sinyal sakit dalam mulut yang sedang dialami.

Manfaat Makanan Pedas

Selain itu makanan pedas juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti meningkatkan metabolisme tubuh. Mengonsumsi makanan pedas menimbulkan dorongan metabolisme yang dapat membakar kalori dalam tubuh secara ekstra dalam waktu yang singkat setelah makan. Menyehatkan jantung dengan menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah dan melawan peradangan. Meningkatkan mood karena bisa membangkitkan hormon bahagia yang ada dalam otak dan bisa membantu orang untuk lebih siap menghadapi depresi, kemarahan, keemasan, dan stres. Serta meningkatkan fungsi otak, flavonoid alami yang disebut apigenin atau biasa ditemukan pada paprika merah bisa mendorong pembentukan saraf dan koneksi antara sel-sel yang ada dalam otak.

Itulah yang bisa tubuh dapatkan ketika mengkonsumsi makanan pedas. Banyak yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi makanan pedas. Mungkin hal itulah yang membuat usaha keripik basreng amakin menggiurkan dan bisa datangkan keuntungan. Sudah banyak pelaku bisnis camilan pedas yang sukses dan berhasil mendirikan waralaba di banyak kota. Kesuksesan mereka sekarang ini tentunya juga diawali dengan perjuangan keras dan mampu memaksimalkan peluang yang ada.

Memulai Usaha Keripik Basreng

Nah untuk memanfaatkan peluang usaha keripik basreng ini ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Berhubung usaha keripik basreng ini akan kamu jalankan dari skala rumahan maka modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Sebab biasanya modal usaha yang paling besar adalah untuk sewa tempat. Jadi, jangan khawatir soal modal usaha keripik basreng ini. Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas persiapan usaha keripik basreng selengkapnya.

1. Cari Supplier Bakso yang Tepat

Sebelum disulap jadi keripik basreng, tentu ada bakso dalam wujud utuh seperti pada umumnya. Untuk menjalankan usaha keripik bareng ini kamu perlu survei ke penyedia bakso. Jangan malas untuk jalan ke pasar dan melihat-lihat siapa saja yang menyediakan bakso. Kalau kamu sudah tahu penyedianya, kamu tinggal membandingkan harga saja. Kalau bisa cari yang harganya lumayan miring, gunanya untuk menekan pengeluaran untuk modal. Kamu juga harus pastikan kualitas baksomu bagus ya. Jangan sembarangan memilih bakso yang asal murah tapi nggak berkualitas. Kalau mau berbisnis ya kualitas tetap jadi prioritas utama. Dengan menjaga kualitas bahan baku, maka produk keripik basreng juga bisa tahan lama dan terjaga kualitasnya.

2. Temukan Resep Khas Keripik Basreng

Dalam dunia bisnis kuliner persaingan rasa adalah hal yang tidak dapat dihindarkan. Kunci kesuksesan usaha keripik basreng salah satunya adalah cita rasa yang sesuai dengan selera pasar. Maka dari itu kamu harus merascik resep keripik basreng dengan ciri khas tersendiri dan disukai oleh konsumen. Berikut ini resep yang pada umumnya dipakai untuk membuat keripik basreng dan pastinya bisa kamu kembangkan lagi.

Bahan :

– Bakso daging

– Cabai kering

– Bawang putih

– Garam dan penyedap rasa secukupnya

– Gula pasir

– Minyak goreng

Cara Pembuatan :

1. Bakso diiris tipis-tipis.

2. Siapkan wajan dan tuang minyak goreng untuk dipanaskan.

3. Setelah itu masukkan irisan bakso ke dalam wajan. Goreng dengan api sedang sampai agak kering kemudian angkat.

4. Goreng kembali irisan bakso sampai mengering, angkat, dan tiriskan.

5.Tumbuk bawang putih sampai halus kemudian tumis hingga harum. Tambahkan garam, penyedap rasa, gula, dan cabai kering secukupnya.

6. Campurkan keripik basreng dengan bumbu hingga merata. Simpan dalam kemasan kedap udara.

7. Keripik basreng siap disajikan ke pelanggan.

3. Pilih Kemasan Keripik Basreng

Kemasan yang tepat dan menarik akan sangat berpengaruh pada penilaian konsumen. Apa lagi untuk menciptakan kesan pertama yang baik pada konsumen. Maka dari itu supaya produk usaha keripik basreng kamu makin banyak dilirik sama konsumen. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih kemasan snack keripik basreng. Mulai dari desain sampai pemilihan jenis kemasan snack yang tepat. Beberapa kemasan snack keripik basreng yang bisa kamu pilih adalah kemasan standing pouch plastik bening atau kemasan standing pouch alufoil.

4. Strategi Pemasaran

Semua jenis usaha sudah pasti perlu yang namanya strategi pemasaran. Begitu juga dengan usaha keripik basreng yang kamu jalankan. Di mana strategi pemasaran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain kamu bisa menitipkan camilan keripik basreng ke toko, warung bahkan bisa juga dititipkan di supermarket sehingga nantinya bisa lebih mudah dalam pemasarannya. Kamu juga bisa mempromosikan keripik basreng melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Selain itu manfaatkan juga marketplace sebagai toko online untuk menjual keripik basreng yang kamu buat. Untuk menambah peluang usaha keripik basreng kamu makin terbuka lebar, urus perizinan edar dengan mengajukan izin P-IRT ke Dinas Kesehatan setempat.

Itulah ulasan tentang usaha keripik basreng yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis makanan ringan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha makanan ringan yang kamu jalankan makin #NaikKelas ya. Ikuti terus tulisan tentang usaha camilan menarik lainnya hanya di BisnisUKM.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis camilan!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba