Pemasaran

Apa Jualanmu Masih Sepi? Coba 5 Cara Promosi Online Ini di 2018!

Apa Jualanmu Masih Sepi? Coba 5 Cara Promosi Online Ini di 2018!Meski dari tahun ke tahun jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan, tapi ternyata tidak semua lapak pedagang online laris manis diserbu pembeli. Apalagi sekarang ini siapa saja bisa dengan mudah berjualan di ranah online. Akibatnya persaingan pasar digital semakin ketat, hingga berbagai macam cara promosi online pun mulai dilakukan penjual untuk mendatangkan penjualan.

Apa kamu juga mengalami nasib yang sama? Kalau sampai hari ini jualanmu masih sepi pembeli, sepertinya kamu harus mencoba 5 cara promosi online ini di tahun 2018. Seperti apa trend strategi pemasaran di tahun depan? Yuk simak bersama!

1. Pertama pilih produk yang sekiranya bakalan laris manis sepanjang tahun

Agar bisnis toko online yang kamu rintis bisa berumur panjang, pastikan jangan memilih produk yang bersifat musiman. Pilihlah produk unggulan yang sekiranya punya nilai jual cukup tinggi dipasaran dan permintaannya masih terus bagus untuk jangka waktu yang relatif panjang. Nah, sebagai referensi kamu bisa melihat daftar produk terlaris di pasar online yang beberapa waktu lalu informasinya pernah kami angkat. Selengkapnya Klik DISINI ya!

2. Jangan hanya fokus jualan di sosial media, mulai siapkan website toko online

Walaupun sekarang ini transaksi penjualan di sosial media peluangnya semakin besar, tapi agar bisa bersaing di tahun depan usahakan jangan terlena pada sosial media saja. Persiapkan website toko online agar produk yang kamu pasarkan bisa dengan mudah ditemukan konsumen di mesin pencarian (Google). Kalau kamu belum bisa buat website toko online yang bagus, kamu bisa memanfaatkan situs marketplace atau direktori yang sudah besar. Contohnya seperti Direktori Agen yang ada di BisnisUKM.com.

3. Coba sistem penjualan pre-order. Semakin susah didapatkan justru buat konsumen jadi makin penasaran

Kalau selama ini kebanyakan pelaku bisnis toko online saling berlomba menawarkan produk yang ready stok, kamu justru bisa menciptakan rasa penasaran konsumen dengan menjual produk dengan sistem pre-order. Pasalnya, semakin susah didapatkan justru konsumen semakin penasaran bagaimana cara untuk mendapatkan produk tersebut. Cara promosi online seperti inilah yang bakalan berhasil di tahun 2018.

4. Terus pantau pesaing dengan rutin melakukan survey pasar

Ini nggak kalah penting, agar tak kalah bersaing dengan kompetitor, pastikan kamu rutin memantau perkembangan pasar. Lakukan survey pasar untuk mengetahui perkembangan terbaru dari setiap kompetitor, dan pastikan produk yang kamu pasarkan punya nilai jual yang tak dimiliki pemain lain. Dengan bagitu bisnis toko online yang kamu punya bisa terus di depan memenangkan persaingan pasar.

5. Untuk meningkatkan pengetahuan dan memperluas jaringan bisnis, bergabungkan di komunitas penjual online

Untuk bisa sharing kabar terbaru di bisnis toko online, jangan ragu untuk bergabung di komunitas pelaku bisnis online. Dari komunitas tersebut kamu tidak hanya bisa mendapatkan ilmu, tips dan cara promosi online terkini, tapi juga bisa memperluas jaringan bisnis. Contohnya seperti mencari suplier produk dengan harga termurah, atau bisa juga menjalin kerjasama untuk memasarkan produkmu di website toko online mereka.

Jadi, tunggu apalagi? Tahun baru tinggal menghitung hari, saatnya kamu mempersiapkan sederet strategi dan tips promosi bisnis toko online untuk menghadapi persaingan pasar di tahun depan. Selamat mencoba dan salam sukses!