Bagaimana Cara Promosi Dengan Pinterest Bagi Pemula?

Cara promosi dengan pinterest menjadi sebuah terobosan terbaru dalam dunia maya untuk melakukan promosi online. Salah satu aplikasi berbasis online ini cukup terbilang baru untuk digunakan sebagai media untuk promosi. Bagi sebagian orang mungkin masih cukup asing dengan media yang satu ini. Namun tak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan apa itu pinteres dan bagaimana cara promosi online dengan pinterest bagi pemula.

Pinterest sendiri merupakan sebuah sosial media yang berdiri sejak 2009 dan berhasil menarik pengunjung 11 juta dalam setiap minggunya. Pinterest ini masuk dalam deretan sosial media yang cukup populer. Aplikasi ini merupakan sebuah platform yang cukup unik karena mampu menggabungkan konten dari pada pengguna bahkan brand luar. Pada pinterest ini menawarkan keunggulan visual yang mana disuguhkan berbagai gambar menarik yang dibagi menjadi berbagai kategori masing – masing.

Untuk kebutuhan promosi online suatu produk pinterest ini memang terbilang cukup baru. Maka memang belum begitu banyak para pelaku usaha yang menggunakan ini sebagai media promosinya. Sistem kerja pinterest ini tak beda jauh dengan sosial media lainnya. Pada aplikasi ini menawarkan kesempatan dan aktivitas yang bisa memperkenalkan usaha kamu pada masyarakat luas. Tujuan dari sebuah promosi tentunya adalah mengenalkan brand, membantu meningkatkan traffic dan meningkatkan engagement dengan para pelanggan.

Cara Promosi Dengan Pinterest Terobosan Baru

Sebagai seorang pengusaha apabila kamu belum menggunakan strategi kekuatan marketing online pada sosial media maka dipastikan akan ketinggalan peluang. Untuk bisa bersaing ditengah ketatnya dipasaran dan memenangkan persaingan maka haruslah mengikuti perkembangan marketing. Jika tidak maka kamu akan mengalami ketertinggakan dan akhirnya akan kehilangan banyak pelanggan yang berpotensi. Meskipun cara lain atau marketing secara offline masih bisa dilakukan namun kamu akan kehilangan kesempatan cerah.

Marketing online menjadi salah satu strategi pemasaran yang membuka pintu selebar – lebarnya untuk mengembangkan suatu usaha dengan cepat. Dengan menggunakan promosi online ini akan lebih mudah dikenal luas karena jangkaunnya yang tak terbatas dan mampu menjangkau daerah – daerah yang mungkin tidak bisa dijangkau marketing secara offline. Marketing online ini dianggap praktis karena biayanya lebih murah, bisa menghemat waktu dan yang pastinya lebih tepat sasaran.

Pada penggunaan sosial media pinterest sebagai cara promosi yang cukup efektif, kamu akan merasakan beberapa keuntungan dan manfaat dari kehebatan visual pinterest. Tentunya kamu harus memposting pin dan informasi yang menarik dan unik. Dengan cara – cara yang kreatif dan mengusung konten yang yang inovatif maka tentunya akan mampu menarik perhatian para calon pelanggan. Lalu bagaimana cara menggunakan promosi online dengan pinterest ini? Mari kita ulas satu per satu berikut ini.

Cara Menggunakan Promosi Dengan Pinterest Bagi Para Pemula

Membuat Board Infografis

Metode dengan board infografis ini merupakan mode terbaru pada aplikasi pinterest. Pengguna lain atau pelanggan akan lebih tertarik dan merespon gambar lebih cepat dari pada text atau tulisan. Maka dari itulah penting untk kamu menggunakan strategi ini untuk membuat sebuah konten yang bisa menarik para pengguna lainnya atau pelanggan. Kamu bisa memposting produk seperti usaha lainnya dan membuat posting infografis yang berhubungan dengan dunia usahamu.

Buat Board dan Pin Menjadi Interaktif

Tidak hanya memposting foto produk saja, buatlah agar board kamu menjadi lebih interaktif dengan cara memposting konten yang memancing pengguna dan pelanggan untuk bisa berkomunikasi. Misalnya saja ketika kamu menjual produk makanan maka kamu bisa memulainya dengan memberikan pertanyaan untuk para pelanggan seperti tebak – tebakan gambar makanan. Atau kamu juga bisa memposting video makanan yang memancing interaksi atau komentar para pelanggan.

Membuat Board dan Pin Search Engine Friendly

Pastikan apabila gambar yang kamu posting lebih banyak yang berasal dari website usahamu. Sehingga gambar dan board pinterest mu ramah mesin pencari. Sesuaikan antara nama gambar dengan keyword yang tepat dan sesuai sehingga mesin pencari dapat memukan dengan mudah gambar tersebut.
Selain itu buatlah deskrips pin dan board yang baik dan benar. Tujuannya tentu agar kamu juga bisa menggunakan istilah tertentu yang nantinya bisa berhubungan dengan pelanggan. Pemilihan tag dan link juga sangat berpengaruh pada website bisnismu.

Maka masukkan kata kunci pada nama board dan deskripsi. Hal ini akan membantu memastikan board kamu mendapatkan penempatan yang lebih tinggi dalam hasil pencarian pada pinterest dan hasil pencarian website.

Mengadakan Kontes

Seperti yang kita ketahui bersama jika orang – orang menyukai segala sesuatu yang bersfat gratis. Dengan syarat atau challenge tertentu mereka pasti akan merasa penasaran dan tertantang. Sama seperti sosial media lainnya jika pinterest juga bisa digunakan untuk mengadakan kontes berhadiah. Salah satu cara ini bisa meningkatkan traffic pada website usaha kamu.

Tahukah kamu jika kontes pada pinterest dikenal dengan istilah pin to win yang mengajak para pengguna lainnya untuk memposting gambar pada board kamu untuk mendapatkan hadiah tertentu, atau bisa mengajak pengguna untuk membaut board dan memposting tentang penggunaan produkmu. Jangan lupa untuk menyertakan ketentuan tertentu seperti hastag dan lain sebagainya sehingga mudah untuk ditemukan ketika pengumuman.

Demikian pembahasan kita mengenai cara promosi dengan pinterest yang yang bisa kamu coba terapkan sebagai salah satu strategi pemasaran usahamu. Untuk mendapatkan artikel pemasaran lainnya bisa pantengin terus website kami Bisnisukm.com.

Berbagai artikel menarik lainnya hadir setiap harinya. Ada 4000 lebih artikel yang bisa kamu jadikan bahan untuk belajar. Sekian dan selamat mencoba, semoga startegi pemasaran berikut dapat membantu meningkatkan penjualanmu.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba