Kuliner Bakso Aci Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Kuliner bakso aci saat ini menjadi salah satu kuliner yang menjadi buruan kalangan anak-anak muda. Apa lagi bagi mereka pecinta kuliner yang masih sangat bersemangat untuk bereksplorasi dalam dunia kuliner. Selain memburu makanan yang sedang kekinian, anak muda juga tetap akan menjatuhkan pilihannya pada makanan yang cita rasanya juga enak.

Kuliner Bakso Aci Usaha Rumahan Yang Menguntungkan
pinterest.com

Kuliner Bakso Aci

Makanan olahan aci itu rupanya cukup banyak digemari masyarakat. Begitu juga sudah banyak pelaku usaha yang mulai tertarik menjual berbagai hidangan berbahan dasar tepung kanji atau yang sering disebut bakso aci ini. Kuliner bakso aci awalnya sering ditemukan di pinggir jalan dengan lingkungan sekolahan ini sekarang naik pangkat dengan adanya peluang usaha bakso aci rumahan yang dijual ditempat makan dan mall-mall besar di daerah perkotaan.

Makanan olahan aci rupanya cukup banyak digemari masyarakat. Begitu juga sudah banyak pelaku usaha yang mulai tertarik menjual berbagai hidangan berbahan dasar tepung kanji atau yang sering disebut bakso aci ini. Bakso aci yang mulai booming di tahun 2018 sampai sekarang masih banyak penikmatnya. Bakso aci yang punya cita rasa gurih dengan kuahnya yang segar membuat bakso aci cocok menjadi santapan saat cuaca dingin atau dimakan di malam hari. Untuk isian bakso aci juga sudah bisa mengenyangkan perut. Mulai dari bakso daging, tahu, bakso aci, pilus, serta toping pilihan lainnya sudah bisa membuat perut kenyang untuk 1 porsinya.

Toping Kuliner Bakso Aci

info.co.id

Ciri khas lain yang menjadikan bakso aci digemari oleh pecinta kuliner dari kalangan anak muda adalah pedasnya sambal dan bubuk cabe yang sangat cocok dipadukan dalam 1 porsinya. Kebanyakan anak muda suka dengan cita rasa makanan yang gurih dan pedas. Bakso aci adalah salah satu sajian yang bisa mewakili kedua cita rasa tersebut secara lengkap.

Selain itu pilihan toping yang bisa dipadukan dalam satu mangkuk sajian kuliner bakso aci juga beragam. Mulai dari jenis toping yang kering sampai yang basah akan sangat cocok menjandi dampingan satu porsi bakso aci. Selain mengenyangkan penikmat kuliner bakso aci juga akan berpetualang dalam memadukan toping sesuai selera mereka. Beberapa toping kering dalam sajian bakso aci adalah cuanki lidah kering, pangsit goreng, dan pilus. Sementara toping basah biasanya ceker, bakso daging sapi, bakso daging ayam, bakso ikan, siomay, dan tahu.

Harga untuk satu porsi bakso aci terbilang cukup terjangkau karena memang segmen pasarnya anak muda. Harga di pasaran untuk beberapa wilayah di Indonesia mula dari 10 ribu sampai 25 ribu untuk satu porsi bakso aci. Makanan kekinian bakso aci berasal dari Garut Jawa Barat. Kuliner dari wilayah Jawa Barat memang banyak yang khas dengan rasa gurih, pedas, dan olahan aci untuk beragam jenis makanan.

Peluang Usaha Rumahan Kuliner Bakso Aci

imagekit.io

Melihat peluang untuk kamu yang ingin memulai usaha, bakso aci bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk proses produksinya juga cukup mudah. Bahan bakunya mudah didapat dan keuntungannya juga menjanjikan. Bisnis bakso aci ini bisa kamu mulai dengan skala usaha rumahan. Tentu modal yang dibutuhkan kecil dibandingkan dengan memulai usaha bakso aci dengan membuat kedai. Berikut estimasi modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha rumahan bakso aci.

Estimasi Modal Usaha Rumahan

Estimasi modal yang dibutuhkan :

Tepung kanji        : Rp. 10.000/kg

Daging ayam        : Rp. 40.000/ekor

Tepung terigu       : Rp. 10.000/kg

Garam                 : Rp.   3.000/kg

Minyak goring      : Rp  21.000/kg

Bumbu                 : Rp    4.000

Total = Rp. 90.000 x 30 hari = Rp. 2.700.000 per bulan

Modal untuk peralatan :

– Booth atau etalase untuk jualan : Rp. 1.500.000

– Peralatan memasak : Rp. 1.000.000

– Kemasan plastik : Rp. 11.000/ 1 pack berisi 70 lembar x 30 = Rp. 330.000

Total = Rp. 2.830.000.

Berarti modal awal yang dibutuhkan untuk produksi selama satu bulan = Rp. 2.700.000 +  Rp2.830.000 = Rp5.530.000.

Estimasi Pendapatan :

Bisa diasumsikan perharinya bakso aci yang terjual bisa mencapai 250 butir dengan harga Rp 500.

Maka per harinya = 250 x Rp500 = Rp125.000.

Per bulannya = Rp125.000 x 30 hari = Rp3.750.000. Dengan demikian untuk dapat balik modal hanya membutuhkan waktu 5 bulan berjualan.

Supaya produk usaha rumahan bakso aci yang kamu jual semakin menarik dan aman dikonsumsi oleh pelanggan, kamu bisa mengganti kemasan bakso aci dengan paper bowl. Kemasan tersebut akan lebih praktis dan memudahkan pelanggan untuk memakannya di rumah. Manfaatkanlah jasa delivery ojek online dengan menjadi mitra resto. Selain mendapatkan tempat promosi secara gratis, kamu juga akan lebih mudah menjangkau pelanggan lebih luas.

Langkah Membuat Kuliner Bakso Aci Untuk Usaha Rumahan

nibble.id

Berikut cara untuk membuat kuliner bakso aci untuk usaha rumahan kamu.

Bahan-Bahan

– 4 sendok tepung tapioka /kanji

– 2 sendok scop tepung terigu

– 4 siung Bawah putih, uleg sampe halus

– 1 Masako sapi

– Garam

– Air secukupnya

Bahan Kuah

– 3 siung bawang putih

– 2 siung bawang merah

– 1 buah cabe merah

– Cabe rawit, sesuai selera (makin pedas makin enak)

– 1 buah jeruk limau

– Air

– Gula

– Garam

Cara Membuat

1. Rebus air secukupnya, lalu masukkan bawang putih yang telah di haluskan kedalam air rebusan, garam, dan penyedap rasa. Diamkan hingga mendidih. Setelah itu taruh tepung terigu dan tapioka kedalam wadah tepung lalu masukan air yang telah mendidih. Uleni dengan sendok karena masih panas tunggu hingga agak dingin lalu cetak bulat-bulat kecil.

2. Goreng sebagian adonan baso aci yang telah di cetak bulat-bulat untuk dijadikan baso aci goreng yang nanti akan dimasukkan ke dalam kuah baso aci.

3. Siapkan air untuk merebus adonan baso, tunggu hingga air mendidih, jika air sudah mendidih masukkan cetakan aci, tunggu hingga basonya berada di atas lalu angkat.

4. Uleg semua bahan termasuk beberapa cabe yang diuleg untuk kuah kecuali limau dan ambil beberapa cabe rawit (utuh). Tumis bumbu yang telah diuleg jika sudah harus masukkan beberapa rawit utuh lalu beri air (untuk kuah) lalu beri garam dan gula. Terakhir masukkan baso aci yang telah direbus sebelumnya. Tunggu hingga mendidih.

5. Siapkan piring atau mangkuk, masukkan beberapa baso aci yang telah digoreng lalu masukkan kuah beserta ciloknya ke dalam mangkuk.

6. Kemudian terakhir iris jeruk limau menjadi 2, peras air jeruk limaulalu potongan limau masukkan ke dalam mangkuk.

7. Baso aci kuah pedas siap disajikan.

Itulah ulasan lengkap mengenai bakso aci dan peluangnya untuk bisa dijadikan usaha rumahan. Simak terus artikel tentang usaha rumahan lainnya hanya di binisukm.com Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha rumahan bakso aci?

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba