Bakpia Jogja Unik yang Juragannya Orang Muda Milenial, Inspiratif!

Siapa yang suka makan Bakpia Jogja ? Coba yuk simak cerita menarik di balik suksesnya usaha bakpiapia salah satu bakpia unik di jogja yang harus kamu tahu eksistensinya. Barangkali ada yang terinspirasi sama kisah dari owner bakpiapia langsung! Menariknya juragan bakpia ini orang muda milenial loh, yuk simak selengkapnya!

Bakpia Jogja Unik

Juragannya Orang Muda Milenial

Pemilik Bakpiapia ini bernama Tano, secara teknis tidak mengurusi Bakpiapia. Saat ini ia sedang berupaya untuk mengembangkan dan mencari ilmu untuk menjalankan usahanya tersebut. Hal yang terpenting adalah untuk kebaikan umat. Bakpiapia didirikan oleh keluarga Tano, dari orang tua dan kakaknya pada tahun 2004 silam.

Ia baru masuk dan terjun dalam usahanya ini pada tahun 2010. Pada tahun pertama masuk di tahun 2010 tersebut ia terfokus masuk dalam marketing dan branding. Di Bakpiapia di tahun 2010 pertama ia ingin mencari tantangan. Ia menantang dirinya sendiri “bisa nggak sih dirinya memberikan yang terbaik untuk keluarga?”, begitu katanya.

Keunggulan Unik Bakpia Jogja

Di tahun ia terjun ternyata mulai ada hasilnya dan mulai terasa naik traffic wearness pada tahun kedua. Bakpia blasteran menjadi ciri dan keunggulan dari Bakpiapia. Selain itu juga ada bakpia single, dan yang paling utama menggunakan bahan yang baik, saecara rasa juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya.

Terkhususnya untuk rasa cokelat dan rasa yang lainnya. Dikarenakan menggunakan bahan yang baik jadi sehingga terkadang ada keterbatasan stok rasa. Tidak bisa dibandingkan dengan rasa ditempat lain jika dilihat secara teknisnya.

Bisnis Bukan Hanya Soal Rasa

Membuat Bakpia di Jogja ini mau rasanya kurang enak pun bakalan laku terjual. Namun berjualan itu bukan persoalan hanya dagang saja. Ia ingin ada sesuatu yang setelah jualan ini ada hasil lain untuk masyarakat. Nah caranya dengan memberikan perasa yang baik, bahan baku yang baik, dan value yang baru.

Bakpia blasteran yang dimiliki Bakpiapia ini merupakan keunggulan produk yang ada disini. Bakpia tersebut tidak bisa ditemukan ditempat lain. Keunikan bakpia ini terdapat 2 rasa didalamnya. Semua proses produksi dilakukan sendiri dengan bahan baku yang terbaik dan sangat dijaga kebersihan dan kualitasnya. Terutama untuk masalah produk benar – benar dijaga untuk customer.

Modal Usaha

Modal usaha Bakpiapia ini diperoleh dari keluarga. Pada awalnya dulu merintis usaha ini memang dibangun dari kecil dan kemudian berkembang seperti sekarang ini. Saat itu untuk ilmu produksi bakpia tersebut orang tuanya mengikuti berbagai kursus, yang pertama belajar langsung ke praktisi bakpia dan kursus kue. Kemudian orang tuanya mencoba membuatnya dirumah terlebih dahulu di jalan wates KM 3.

Saat awal merintis untuk produksi awalnya menggunakan rumah sanak saudaranya. Lalu ada tawaran tempat untuk produksi disekitaran tempat tinggal. Dimulai dari tempat yang kecil usaha bakpia tersebut pun dimulai. Seiring berjalannya waktu usahanya ini bisa terus berkembang dibeberapa tempat. Hebatnya sekarang sudah bisa membeli lokasi usahanya yang sekarang ini digunakan setelah 10 tahun berjalan.

Alur Berbisnis

Hal yang penting dalam bisnis ini harus tahu terlebih dahulu alurnya. Pertama ada proses produksi, penjualan (marketing atau pemasaran) dan menegemen. Dalam berbisnis sudah bisa melakukan salah satunya saja sudah menjadi bisnis. Nah lebih baik digabung atau tidak itu tergantung kapasitasnya.

Bisa atau tidak dipisah antara produksi dengan penjualan dan manajemen. Pertama harus melihat kapasitas terlebih dahulu. Jikalau mau mensyukuri dimana ada produksi kemudian ada penjualan. Maka sekalian membuat cerita yang menarik. Misal bisnis itu adalah home industri, maka karena lokasinya akan dikunjungi pelanggan tempatnya harus baik dan menarik. Terutama kehigienisan dan kebersihan lokasi usaha karena hal tersebut akan mempengaruhi citra bisnis.

Pembangunan Brand

Hal yang kedua adalah cerita yang akan dibangun. Cerita ini sangat penting dalam pembangunan brand. Agar nantinya bisnis tersebut di masyarakat punya cerita dan value. Nah dari value tersebutlah terjadi keuntungan yang akan membuat berbeda dari pada yang lainnya. Sehingga bisnis makanan yang menjadi value bukan hanya tentang rasa. Tetapi juga cerita – cerita dibalik bisnis tersebut. Mungkin salah satunya adalah produksi yang baik, dsb.

Pada awal pemasaranya masih door to door, dan setelah itu berkembang yang namanya customer service atau customer care harus selalu diprioritaskan karena melayani customer adalah suatu hal terpenting dalam sebuah bisnis. Ketika customer complain berikan yang terbaik. Kemudian pemasaran lain yang digunakan adalah dengan menggunakan media periklanan, misalnya facebook ads. Lalu media cetak seperti koran, ia menilai media ini masih efektif karena masih banyak orang yang membaca koran.

Marketing Bakpia Jogja

Untuk marketing ujungnya adalah selling, nah selling ini kepada customer care. Maka customer service ini harus bisa menservice customer sebaik – baiknya. Selling akan mempengaruhi semuanya. Jika sudah iklan bagus namun pelayanan kurang baik maka selling bisa gagal. Dan semua yang sudah diperjuangkan bisa gagal hanya karena servicenya kurang baik.

Bakpiapia ini saat ini karena customernya lebih banyak tidak bertatap muka langsung karena sudah memakai digital maka dibangun wearness dalam digital. Namun tidak mengesampingkan penjualan offline, hal yang paling penting adalah pelayanan pada customer. Maka ketika di titik akhir customer akan membayar hingga menyantap produk makanan mereka memiliki kenangan yang indah dan tidak jelek hanya karena sebuah pelayanan.

Semoga menginspirasi kalian semua, dan buat yang mau nonton video liputannya bisa diakses di channel youtube TVBisnis. Jangan lupa like, subscribe dan share ke temen – teman kalian untuk menginspirasai mereka juga.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba