Usaha Jahit Rumahan Ternyata Bisa Jadi Bisnis Online!

Usaha jahit rumahan merupakan salah satu jenis usaha yang sudah ada sejak lama. Bahkan kalau dilihat sekarang ini sudah banyak terjadi regenerasi untuk usaha jahit rumahan. Maka dari itu penyesuaian dengan perkembangan zaman adalah hal yang penting untuk dilakukan supaya tetap bisa bertahan dan makin berkembang.

Salah satunya adalah dengan memilih sistem online dalam menjalankan sebuah usaha. Sebab selama ini usaha jasa jahit erat kaitannya dengan usaha jahit yang berada di rumah pemiliknya. Jika ada konsumen yang mau membutuhkan jasa jahit tersebut harus datang langsung ke tempat tersebut untuk menjelaskan kebutuhannya. Tapi dengan sistem online, usaha jahit rumahan bisa lebih memudahkan konsumen untuk melakukan pemesanan.

Peluang Usaha Jahit Rumahan Online

Saat ini pola konsumsi pasar cenderung mengarah pada personalisasi produk. Setiap orang ingin tampil sebagai dirinya sendiri. Mulai dari bagaimana mereka ingin dilihat sebagai apa serta produk apa saja yang mereka ingin konsumsi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Maka usaha jahit rumahan online merupakah salah satu jenis usaha yang memuat nilai personalisasi yang sangat kuat. Meski sekarang ini makin banyak produk pakaian dengan brand lokal mau pun internasional kadang produk-produk ini masih belum memenuhi apa yang dibutuhkan konsumen sesuai keinginan mereka.

Usaha Jahit Rumahan Ternyata Bisa Jadi Bisnis Online!
parklanestore.com

Maka dari itu usaha jasa jahit adalah peluang bisnis yang masih dan akan terus memiliki prospek yang menjanjikan. Apa lagi ketika dikembangkan dengan berbasis daring atau online. Usaha jahit rumahan online ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha sampingan tanpa terlalu memakan waktu yang banyak. Cukup menjahit pesanan konsumen di rumah, melakukan transaksi secara online, dan tinggal kirim pesanan konsumen. Apakah Bunda tertarik untuk menjalankan usaha jahit rumahan online ini?

Persiapan Usaha Jahit Rumahan Online

Seperti jasa jahit pada umumnya ada beberapa hal yang perlu Bunda persiapkan untuk memulai bisnis ini. Tapi ada pengembangan pada layanan konsumen dan perluasan segmen pasar. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas persiapan apa saja yang diperlukan ketika Bunda akan mengembangkan usaha jahit rumahan secara online.

1. Tentukan Spesialisasi Produk Usaha Jahit Rumahan

Bisnis jasa jahit bisa dikatakan sudah banyak di Indonesia hampir di setiap wilayah ada. Mulai dari usaha jasa jahit yang bisa menerima segala jenis pesanan jahitan sampai yang dikhususkan untuk menjahit produk tertentu misalnya jasa jahit khusus kebaya, khusus gaun pernikahan, pakaian bayi dan ibu hamil, seragam, bahkan jasa jahit yang bukan untuk produk pakaian seperti baju boneka, selimut, seprei, gorden, baju hewan perliharaan, dan lainnya. Untuk memulai usaha jasa jahit Bunda harus menentukan jenis produk jahitan apa yang menjadi spesialisasi Bunda.

Hal tersebut penting dilakukan dengan tujuan untuk membranding usaha jahit rumahan yang Bunda jalankan. Bunda bisa tentukan berdasarkan analisa pasar apa yang paling banyak konsumen pesan ketika menggunakan jasa jahit atau bisa juga dengan mengenali kemampuan di produk jahitan apa yang paling Bunda kuasai. Spesialisasi ini juga masih bisa menjadi pilihan untuk benar-benar melayani produk tertentu saja atau hanya sebagai persona yang tetap akan menerima pesanan apa saja sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Ikuti Tren Busana

Misalnya usaha jahit rumahan yang Bunda jalankan adalah spesialisasi pakaian bayi dan ibu maka ikutilah tren pakaian bayi dan ibu menyusui atau ibu hamil. Selain itu sediakan juga jasa jahit untuk perlengkapan bayi dan ibu lainnya seperti gendongan bayi yang sekarang ini sudah makin beragam modelnya seperti gendongan bayi model baby wrap. Tren ini bisa Bunda amati dengan terus up to date mengenai informasi yang berkaitan dengan produk spesialisasi usaha jahit Bunda melalui berbagai sumber. Bisa melalu media sosial dari akun-akun yang berkaitan, berita di media online atau Bunda juga berlangganan majalah ibu dan anak untuk makin memperbanyak referensi.

Dalam mengikuti tren ini Bunda juga harus tetap konsiten dengan persona atau branding jasa jahit yang telah dibangun. Misalnya persona yang sudah dibangun adalah usaha jahit rumahan yang harganya terjangkau maka ketika mengeluarkan produk baru yang lagi tren tetaplah tawarkan harga yang terjangkau. Supaya konsumen tidak pindah ke jasa lainnya dan akan semakin loyal dengan usaha jasa jahit milik Bunda. Pelajari pola-pola pakaian atau pun perlengkapan ibu dan bayi dengan baik. Supaya Bunda bisa mewujudkan pesanan konsumen dengan hasil yang terbaik juga.

3. Usaha Jahit Rumahan dengan Pilihan Bahan Terbaik

Ketika usaha jasa jahit milik Bunda adalah spesialisasi ibu dan bayi maka sesuaikan bahan pakaiannya. Pilih bahan terbaik untuk produk-produk spesialisasi Bunda sesuai dengan siapa yang akan memakainya. Tentu bahan untuk pakaian bayi dan ibu akan berbeda. Kalau untuk pakaian bayi yang harus dipastikan adalah bahannya yang lembut, menyerap keringat, tidak mudah rontok, breathable atau bisa untuk bernapas dengan baik. Sebab bayi masih sangat sensitif untuk berbagai hal maka dari itu memilih bahan pakaian dengan memperhatikan beberapa poin tadi sangat penting.

Untuk pakaian bayi Bunda bisa memilih jenis bahan kain seperti kain minky, kain katun, kain baby terry yang aman untuk dikenakan bayi. Kalau untuk pemilihan bahan kain pakaian ibu kurang lebih sama dengan pakaian bayi tapi pilihannya lebih beragam. Berilah beberapa bahan kain pilihan supaya konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan. Pastikan Bunda paham betul tentang detail bahan yang Bunda sediakan supaya bisa menjawab setiap pertanyaan konsumen dengan baik dan meyakinkan.

4. Strategi Pemasaran

Baik itu bisnis online mau pun online sudah pasti memerlukan strategi pemasaran yang efektif. Ketika usaha jasa jahit Bunda ini ingin dikembangkan menjadi bisnis online maka media sosial adalah alat pemasaran yang paling efektif untuk menjangkau segmen pasar. Seperti bisnis online shop pada umumnya Bunda harus memproduksi konten berupa produk dengan gambar atau foto yang terbaik dan asli merupakan produk buatan Bunda.

Untuk menarik calon konsumen supaya menggunakan jasa jahit Bunda bisa juga dengan mengunggah testimoni dari konsumen lain. Melalui testimoni ini bisa membangun kepercayaan calon konsumen. Selain konten hard selling Bunda juga perlu membuat konten yang informatif dan menghibur. Misalnya konten tentang tips memilih bahan pakaian yang aman untuk anak, tips menentukan ukuran baju berdasarkan lebar punggung, dan konten informatif lainnya.

5. Gunakan Multiplatform

Ketika ingin mengembangkan usaha jahit rumahan secara online maka Bunda harus menggunakan multiplaform untuk terhubung dengan konsumen. Seperti media sosial baik di instagram atau facebook untuk menjangkau konsumen. Landing page untuk profile bisnis jasa jahit milik Bunda. Selain itu Bunda juga bisa menggunakan market place untuk menjangkau konsumen semakin luas.

Untuk menggunakan market place, Bunda bisa pasang produk-produk yang sudah dipesan konsumen sebagai sampel. Berikan keterangan yang lengkap bahwa Bunda bisa menerima pesanan custom sesuai kebutuhan. Hal yang sangat perlu diperhatikan ketika menggunakan multiplatform untuk bisnis jahit online ini adalah pelayanan konsumen. Fast respond, jam operasional jelas, informasi pesanan jelas, metode pembayaran, sistem pengiriman barang, serta hal lain yang pada umumnya berlaku pada bisnis online.

Itulah ulasan mengenai usaha jahit rumahan yang bisa Bunda jadikan inspirasi untuk mengembangkannya dengan sistem online. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Bunda. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis yang Bunda jalankan semakin #NaikKelas ya. Ikuti terus informasi menarik tentang usaha lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain supaya semakin banyak orang yang terpacu untuk mejalankan bisnis. Salam suskes!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba