Peluang Usaha Keripik Pisang Coklat Buat Ibu Rumah Tangga

Usaha keripik pisang coklat menjadi salah satu peluang bisnis yang masih menjanjikan apa lagi untuk ibu rumah tangga. Sebab pisang pada dasarnya merupakan buah serba guna yang punya potensi untuk diolah dengan berbagai cara untuk menjadi produk yang bisa mendatangkan keuntungan. Mulai dari olahan makanan ringan sampai makanan berat. Pisang bisa diolah menjadi keripik, ceriping, salai, bolu pisang, pisang nugget, pisang goreng, serta makanan lainnya. Bahkan pisang juga menjadi salah satu buah yang banyak digunakan menjadi varian rasa atau toping untuk martabak manis, roti bakar, kue leker, jus buah, minuman coklat, pancake, pizza, serta makanan lainnya.

Usaha Keripik Pisang Coklat

Salah satu jenis olahan pisang yang paling banyak penggemarnya adalah keripik pisang. Pada umumnya keripik pisang dijual dalam varian rasa gurih. Tapi sekarang varian rasa manis juga punya penggemar yang banyak. Keripik pisang coklat adalah inovasi untuk menikmati pisang sebagai makanan ringan dengan sensasi yang lain. Seperti yang sudah disebutkan bahwa pisang adalah buah yang cocok untuk diolah menjadi makanan apa saja. Begitu juga dengan keripik pisang coklat yang sekarang telah banyak beredar di pasaran. Keripik pisang coklat hadir sebagai camilan kekinian yang penggemarnya berasal dari beragam kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua. Maka dari itu peluang usaha keripik pisang coklat bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Peluang Usaha Keripik Pisang Coklat Buat Ibu Rumah Tangga
omiyago.com

Siapa saja punya kesempatan untuk memanfaatkan peluang usaha keripik pisang coklat termasuk juga para ibu rumah tangga yang bisa menjalankannya dari skala rumahan. Keripik pisang coklat memiliki kualitas rasa yang bagus dengan tekstur krispi renyah dengan rasa coklat. Untuk memproduksi keripik pisang coklat juga tidak terlalu sulit. Sebab bahan bakunya sederhana dan mudah didapatkan. Bisa di pasar tradisional, supermarket, atau pun langsung dari petani pisang. Dalam memulai usaha keripik pisang coklat ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Beberapa persiapan tersebut yaitu bahan baku usaha, target pasar, peralatan usaha, cara mengelola produk, hingga strategi pemasaran. Berikut ini beberapa persiapan untuk usaha keripik pisang coklat yang bisa jadi gambaran untuk Bunda.

Persiapan Usaha

1. Bahan Baku Keripik Pisang Coklat

Pilihlah pisang yang bagus untuk mendapatkan rasa yang pas. Pisang yang sesuai untuk dijadikan bahan keripik pisang adalah agak matang tapi tidak terlalu matang atau mengkal dalam bahasa Jawa karena jika pisang terlalu matang akan lembek. Bunda perlu mengetahui bahan baku untuk menjalankan usaha keripik pisang coklat ini. Dengan mengetahui bahan untuk membuat keripik pisang coklat maka Bunda akan semakin mudah dalam menjalankan usaha. Selain bahan tersebut ada bahan lainnya yang akan membuat keripik pisang coklat lebih nikmat yaitu coklat bubuk, gula halus, tepung maizena, garam, kapur sirih dan minyak goreng.

2. Perlengkapan Usaha

Menjalankan usaha keripik pisang coklat ini butuh persiapan matang untuk melancarkan kelangsungan bisnisnya. Persiapan ini seperti perlengkapan produksi dan perlengkapan untuk promosi produk. Peralatan untuk membuat bisnis keripik pisang coklat ini beberapa di antaranya adalah wajan, kompor dan gas, perajang pisang, peniris minyak, baskom, dan serta kemasannya. Hal yang tidak kalah penting adalah kemasan snack keripik pisang coklat. Ada beberapa model kemasan snack yang cocok untuk mengemas keripik pisang coklat yaitu kemasan standpouch window. Ada bagian transparan pada kemasan yang bisa memperlihatkan keripik pisang coklat dari luar. Sehingga bisa semakin menarik minat konsumen untuk membelinya.

3. Konsumen Keripik Pisang Coklat

Camilan keripik pisang coklat yang renyah ini sangat disukai oleh semua orang dari beragam kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Keripik pisang coklat pada umumnya dinikmati sebagai camilan atau makanan ringan. Tapi termasuk camilan yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Sebab kandungan gizi yang ada pada pisang menjadi salah satu keunggulan kenapa camilan dengan bahan baku buah pisang ini aman dikonsumsi untuk segala usia. Sebagai pelaku usaha keripik pisang coklat Bunda tidak akan sulit untuk mendapatkan konsumen. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa konsumen dari camilan manis dan menyehatkan ini luas. Apa lagi kalau Bunda bisa menghadirkan varian rasa keripik pisang lainnya. Pasti target konsumennya bisa semakin luas.

4. Lokasi Usaha

Saat memulai usaha keripik pisang coklat ini ada tiga cara yang bisa Bunda lakukan. Pertama adalah secara offline dengan menyewa toko atau menjadikan rumah Bunda sebagai toko camilannya. Kedua adalah dengan cara online. Di mana Bunda tidak perlu menyela lapak untuk jualan cukup jajakan produk Bunda di toko online yang sekarang sudah bisa diakses secara mudah melalui marketplace. Kemudian yang ketiga adalah kombinasi antara offline dan online. Bahkan Bunda juga bisa tanpa memiliki toko offline mau pun online dengan cara menjadi supplier keripik pisang untuk toko oleh-oleh, warung, mini market, bahkan retail modern. Tapi untuk menuju ke tahapan tersebut tetap saja Bunda harus merintisnya sejak awal dengan penjualan secara offline, online, atau pun keduanya.

5. Strategi Pemasaran

Bunda sangat perlu melakukan pemasaran melalui media sosial. Sebab sekarang ini media sosial telah menjadi sumber informasi yang banyak digunakan orang untuk mencari banyak hal. Mulai dari produk makanan, minuman, sampai produk lain yang ingin dibeli. Maka dari itu Bunda bisa menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram untuk memasarkan keripik pisang coklat yang Bunda jual. Buatlah foto produk yang menarik dengan pemilihan kemasan yang juga menarik. Sebab tampilan visual adalah unsur yang sangat penting untuk menciptakan kesan pertama yang baik dan menarik orang untuk mencari tahu lebih jauh terhadap suatu produk.

Pembuatan Keripik Pisang Coklat

Untuk menghasilkan keripik pisang coklat yang enak dan sesuai dengan selera konsumen tentu bukan suatu hal yang mudah. Perlu percobaan hingga bisa mendapatkan resep yang sesuai dan menjadi ciri khas dari produk keripik pisang coklat yang Bunda jual nanti. Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas resep dan cara pembuatan keripik pisang coklat yang bisa Bunda jadikan referensi untuk dikembangkan.

Bahan

– 1 kg pisang mengkal

– 30 gram tepung maizena sangrai

– Garam secukupnya

– 30 gram cokelat bubuk

– Kapur sirih secukupnya

– 50 gram gula halus

– Minyak goreng secukupnya

Cara Pembuatan

1. Kupas pisang kemudian iris tipis-tipis. Setelah itu masukkan irisan pisang ke dalam air rendaman yang telah diberi garam dapur sekitar satu jam.

2. Pindahkan irisan pisang ke dalam air yang telah diberi kapur sirih, diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu pindahkan irisan pisang ke dalam air garam.

3. Panaskan minyak goreng. Kemudian goreng pisang dengan menggunakan api sedang hingga matang kecokelatan. Angkat ketika sudah berwarna kecokelatan dan tiriskan.

4. Persiapkan untuk membuat lapisan coklat. Campur tepung maizena yang telah disangrai dengan cokelat bubuk dan gula halus, aduk sampai merata. Kemudian masukkan lapisan cokelat ke dalam tempat tertutup. Setelahitu masukkan keripik pisang yang telah dingin. Kocok-kocok sampai tercampur merata, sehingga lapisan cokelat menutupi semua permukaan keripik pisang.

5. Simpan dalam toples supaya tetap renyah. Keripik pisang coklat siap disajikan.

Itulah ulasan mengenai usaha keripik pisang coklat yang bisa Bunda jadikan ide untuk memulai bisnis rumahan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Bunda. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha yang Bunda jalankan semakin #NaikKelas ya. Ikuti trus ulasan tentang usaha ibu rumah tangga lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk memulai usaha.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba