Belajar Konsep Urban Farming & Pertanian Ramah Lingkungan Di Agroedukasi Caping Merapi

Urban farming memang sedang trend akhir-akhir ini. Banyak yang sukses dengan menekuni bisnis tanam menaman. Kamu pernah kepikiran untuk panen sendiri sayur organik sepuasnya? Bisa banget coba datang ke Agroedukasi Caping Merapi. Selain itu, para pengunjung bisa belajar tentang konsep urban farming hingga pertanian ramah lingkungan.

Sangat cocok dengan kondisi saat ini dimana makin menipisnya lahan pertanian khususnya di wilayah perkotaan. Ingin tahu lebih banyak cerita perjalanan Agroedukasi Caping Merapi, simak liputan bisnis yang akan kita bahas kali ini.

Konsep Urban Farming & Pertanian Ramah Lingkungan Caping Merapi

Sejarah Caping Merapi

Agroedukasi Caping Merapi ini berada di Jalan Raya Tajem KM 2,5 Wedomartani, Ngemplak, Sleman, D.I. Yogyakarta. Caping Merapi ini dikelola oleh 2 orang yakni Mashudi dan Panggih. Sejarah berdirinya Caping Merapi ini berdiri karena kepedulian dari team yang mana prihatin dengan masyarakat. Kebanyakan masyarakat mengkonsumsi sayuran yang kurang sehat. Maka dari hal tersebut Caping Merapi belajar bersama budidaya tanaman secara ramah lingkungan.

Pertama belajar tentang budidaya tanaman ramah lingkungan. Hanya menggunakan pupuk kandang dan kompos. Seiring berkembangnya waktu berkembang ke urban farming. Dari sana Caping Merapi belajar bersama masyarakat yang notabene lingkungan kurang lahan.

Urban Farming

Urban farming bisa mengefisiensi lahan pertanian dengan berbagai sistem dan teknik. Berbicara soal tanam menanam sayuran dengan sistem vertikultur. Dengan pemanfaatan barang yang sudah tak terpakai. Misal ada botol bekas minuman, kaleng bekas cat digunakan untuk media menanam yang diatur sedemikian rupa. Sehingga halaman dan lingkungan menjadi indah dan bermanfaat.

Urban Food Garden

Setelah berhasil di urban farming kemudian berkembang ke urban food garden. Disamping itu Urban food garden ini menjadi program lain yang dikembangkan di Caping Merapi. Jadi di urban food garden apa yang didapat adalah sayuran, buah dan obat-obatan.

Selain itu juga memelihara lele dengan sistem aquaponik. Aquaponik ini adalah budidaya lele di dalam ember. Apa yang didapat dari ini? Nah yang pertama adalah sayur dan kedua lele. Sedangkan air yang ada didalam lele yang mana kandungan amonia tinggi, yang digunakan sebagai pupuk melalui proses fermentasi.

Berkembang Pemeliharaan Hewan

Setelah itu adalah memelihara ayam, yang mana selain daging ayam ini juga menghasilkan telur dan juga fases. Fases ini dimanfaatkan sebagai pupuk, disamping itu ada juga kelinci. Dari kelinci ini dimanfaatkan limbah urin dan fases yang digunakan untuk pupuk. Tentu semua menggunakan proses fermentasi terlebih dahulu. Setelah siap baru dicampur dan digunakan dalam media tanam.

Selebihnya ada pula komposter, yakni dari hasil limbah daun kering yang diberikan komposer untuk melapukkan daun. Kemudian memanfaatkan limbah sayur yang tidak digunakan. Lalu dimasukkan dalam ember yang ada cacingnya untuk proses pembentukan pupuk kompos.

Semua Limbah Termanfaatkan

Sehingga tidak ada limbah yang terbuang. Kemudian ditata sesuai estetika. Misalkan jika kelinci ayam disamping rumah. Lele di depan karena tidak bau, lele yang dihasilkan ini amonia terserap oleh tanaman di dalamnya. Sehingga sangat cocok dibudidayakan di perkotaan. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Sehingga semua bisa dimanfaatkan seperti sayur, daging lele, daging ayam dan telur. Tidak perlu ke warung cukup dirumah saja.

Tinggal memilih mau masak sayuran apa, bahkan untuk memupuk tanaman tidak perlu membeli karena sudah bisa membuat sendiri. Jadi apa yang ada di food garden ini sangat lengkap sekali. Terutama di tengah pandemi sekarang ini.

Sektor Jual Beli Caping Merapi.

Sektor jual beli yang lebih difokuskan, yakni jual sayuran, buah, jual bibit, tanaman hias. Selebihnya proyek kecil, misal dari konsumen minta dibuatkan media tanaman budidaya sayuran. Kemudian berpartner dan didampingi sampai panen.

Demikian inspirasi bisnis urban farming dan pertanian agroeduksi di Caping Merapi. Semoga dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi yang tertarik dengan bisnis yang satu ini. Tonton juga video menarik lainnya hanya di channel youtube TVBisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba