Penyuka Pedas Wajib Tahu Fakta Makanan Pedas Yang Ada Di Dunia

Ada beberapa fakta makanan pedas yang ternyata unik dan menarik untuk diulik. Bagi para penikmat pedas makanan dengan sensasi pedas dapat menggugah selera makan. Selain nikmat makanan pedas ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa makanan pedas memiliki khasiat yang baik untuk tubuh kita. Bahkan menurut beberapa penelitian makanan pedas ini memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satunya dengan rutin konsumsi cabai dalam jumlah yang wajar dapat memberikan efek panjang umur. Ada fakta menarik seputar makanan pedas diantaranya sebagai berikut :

Pedas Bisa Diukur

Rasa pedas yang dirasakan dari makan makanan pedas memiliki level yang berbeda. Tak hanya jumlahnya saja, namun juga jenis cabai bisa mempengaruhi rasa pedas. Dalam dunia ilmu pengetahuan pedas cabai ini bisa diukur dan memiliki satuan. Ada 2 cara untuk mengukur pedasnya cabai. Cara pertama dengan kuantitatif dan kedua dengan subyektif.

Makan Pedas Bikin Panjang Umur

Zat capsaicin dalam cabai ini sangat memiliki peran aktif antimikroba yang memerangi bakteri dan virus dalam tubuh. Makan makanan pedas ini pun cukup direkomendasikan karena memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Terutama bisa membuat hidup lebih panjang.

Asal Usul Cabai

Nah ternyata cabai ini ditemukan sejak sejak sangat lama yakni 9.000 tahun lalu dan berasal dari Peru atau Meksiko. Kemudian menyebar ke Eropa dan Hindia.

Sambal Di Beberapa Negara

Tidak hanya di Indonesia saja, beberapa negara di belahan dunia juga menggemari saus pedas. Sambal atau saus pedas sebagai pelengkap dan teman makan makanan lain. Rasa yang pedas ini tentunya dapat membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat dan menambah berselera ketika makan.

Nah selain beberapa fakta menarik diatas inilah bebera[a fakta menarik cabai dari beberapa negara.

Cabai memiliki bahasa latin Capsicium sp yang merupakan tanaman sejenis terong yang memiliki zat capsaicin yang menyebabkan cabai ini memiliki rasa pedas. Cabai ini dulunya pertama kali ditemukan di Meksiko sebagai tanaman hutan yang dijadikan makanan. Dimana dulu pelaut Italia melakukan petualangan ke Karibia dan membawa biji cabai ke Eropa hingga kini cabai sudah menyebar ke seluruh dunia.

Sedangkan di negara Indonesia cabai dibawa oleh pelaut Portugis yang dibawa dari Spanyol. Daerah pertama yang ditanami cabai adalah pulau Maluku. Pada dasarnya cabai ini adalah bahan makanan yang biasanya dijadikan bumbu sebagai pelengkap makanan untuk menambah sensasi pedas. Namun tahukah kamu jika cabai justru mempunyai fungsi unik yang dimanfaatkan oleh penduduk di beberapa negara.

Fakta Menarik Kegunaan Cabai di Beberapa Negara

Alat Pembayaran Suku Kuno

Cabai pertama kali ditemukan di negara Meksiko dan suku pertama yang memanfaatkan cabai adalah suku aztec, suku inca dan suku maya. Nah dulunya suku tersebut menganggap bahwa cabai memiliki kekuatan mistis. Banyak yang menggunakan sebagai jimat yang digantungkan pada pintu rumah mereka. Selain itu pula cabai digunakan sebagai ala pembayaran oleh beberapa suku tersebut.

Fungsi Cabai di India

India merupakan negara produksi cabai terbesar di dunia. Ada 25% kebutuhan cabai di dunia diimpor dari India. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu masak dan pengobatan. Pihak kepolisian di India membuat gas air mata terbuat dari ekstrak cabai.

Bahkan pihak militer juga membuat serbuk granat dari ekstrak cabai dari jenis cabai bhut jolokia yang merupakan cabai terpedas di dunia. Sedangkan para petani di India membuat cairan dari cabai yang digunakan untuk menyemprotkan ke tanaman, kebun dan sawah untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh hewan.

Hari Makanan Pedas Nasional Amerika

Amerika dikenal sebagai negara dengan multikultural yang tinggi. tentu selera makan mereka juga berbeda/ Ada fakta unik dan menarik dari Amerika yakni ada sebuah perayaan bagi para pecinta makanan pedas.

Tiap tanggal 19 Agustus para pecinta pedas akan merayakan hari tersebut. Meski bukan perayaan resmi namun perayaan ini cukup populer. Beberapa restaurant makanan dari skala kecil maupun besar tentu akan menyediakan berbagai promo dan menu khas pedas yang menggiurkan.

Jenis Cabai Meksiko

Di negara asalnya Meksiko terdapat beberapa jenis cabai, ada 100 lebih jenis cabai yang tubuh disana. Di Meksiko ini sendiri ada beberapa pembagian kategori cabai yakni cabai manis dan cabai pedas. Selain sebagai bumbu masak di negara Meksiko cabai digunakan untuk pengobatan. Diolah dengan cara dibuat sup yang diramu dari serat cabai.

Pemanas Musim Dingin di Jepang

Jepang terkenal negara yang tidak suka rasa pedas dan cabai. Namun ada fakta yang menyatakan bahwa dulu samurai Jepang mengkonsumsi cabai sebelum berperang untuk mengusir rasa takut.

Fakta lainnya di tahun 1600an orang Jepang memanfaatkan cabai sebagai penghangat pada saat musim dingin. Nah cabai tersebut dihaluskan kemudian dimasukkan dalam kaus kaki yang mereka pakai. Cara tersebut sudah banyak dilakukan oleh orang Jepang pada masa itu dan cukup manjur dalam menjaga kehangatan tubuh.

Fungsi Cabai Indonesia

Indonesia telah dikenal sebagai negara yang sangat menyukai pedas. Namun selain digunakan untuk bumbu masak. Cabai di Indonesia juga digunakan sebagai bahan pengobatan.

Bahkan ada produk Indonesia koyo cabai yang dibuat dari ekstrak cabai. Selain itu biasanya orang Indonesia juga menjadikan cabai sebagai obat sariawan. Bahkan orang Indonesia khususnya pecinta burung sering mencampurkan makanan burung dengan cabai agar suara burung lebih merdu saat berkicau.

Selain beberapa fakta menarik dari kegunaan cabai di dunia tersebut ada pula fakta unik tentang makanan pedas di beberapa negara di dunia.

Fakta Unik Makanan Pedas di Dunia

Meksiko

Tidak hanya warga Asia yang menyukai makanan pedas. Benua Amerika juga sangat menggilai makanan pedas. Salah satunya negara Meksiko ini yang terkenal dengan jalapeno atau cabai besarnya. Hampir semua makanan disana menggunakan cabai. Mengkonsumsi buah pun juga ditambahkan bubuk cabai. Makanan Meksiko ini terkenal dengan rasa pedasnya. Ada makanan khas Meksiko yang terkenal dengan tingkat kedepannya adalah pozolekombinasi.

India

Makanan India memiliki tingkat kepedasan yang sensasional. Namun tetap tidak menutupi rasa asli dari makanan tersebut. Salah satu makanan pedas yang cukup terkenal di India adalah Vindaloo.Vindaloo ini adalah kari daging panas yang dibumbui rempah adas, biji mostar, cabai kering, ketumbar dan jahe.

Indonesia

Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang sangat suka dengan makanan super pedas. Masyarakat Indonesia sering kali menambahkan sambal atau cabai saat sedang makan. Rasanya seperti ada yang kurang jika makan tanpa adanya cabai. Makanan pedas memberikan kenikmatan tersendiri. Sehingga akan lebih lezat ketika sedang memakannya.

Korea Selatan

Makanan Korea identik dengan makanan pedas. Hampir disetiap hidangan di Korea menyuguhkan kimchi. Kimchi adalah salah satu makanan yang cukup terkenal di Korea. Biasanya terbuat dari kol yang dicampur dengan cabai kemudian di fermentasi. Selain kimchi Korea juga punya makanan pedas lain yakni gochujang. Makanan ini sejenis dengan teokbokki.

Cina

Makanan Cina memiliki ciri khas yang luar biasa pedas. Provinsi Sichun adalah salah satu yang menyukai pedas. Disana kamu akan menemukan makanan super pedas. Makanan tersebut adalah sup dan ikan yang ditaburi dengan cabai. Bahkan makanan yang cukup terkenal akan kepedasannya adalah hot-pot.

Nah demikian tadi adalah beberapa fakta makanan pedas di dunia dan beberapa fakta menarik dari cabai yang ternyata memiliki fungsi di beberapa negara. Semoga informasinya membantu menambah wawasan.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba