Belanja Souvenir Murah di Aura Cantik Semarang

belanja-souvenir-murah-di-aura-cantik-semarang

Souvenir merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah acara pesta pernikahan maupun hajatan-hajatan lainnya. Sudah menjadi hal yang umum bagi tuan rumah yang punya pesta/ hajatan memberikan souvenir kepada tamu undangan sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kehadiran di acara tersebut. Makin identiknya souvenir dengan sebuah pesta, membuat produk kreasi tersebut bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang mampu mendatangkan pundi-pundi Rupiah. Salah seorang yang kemudian mengembangkan produk kreasi souvenir menjadi sebuah bisnis adalah Rifki Bayu Setyadi. Mengusung Aura Cantik Souvenir & Card sebagai nama usahanya, bapak satu orang putra tersebut melayani berbagai kebutuhan souvenir pesta hingga wedding organizer (WO).

Tim liputan bisnisUKM berkesempatan mengunjungi workshop/ gallery Aura Cantik Souvenir & Craft yang berlokasi di Jalan Sriwijaya Semarang, Rabu (16/11). Di gallery tersebut terpajang banyak sekali produk kreasi souvenir dengan beragam model dan ukuran. “Kalau untuk total item produknya jumlahnya ratusan lebih, mulai dari  box peningset, hantaran, kipas undangan, lamaran, pigura uang, produksi towel cake, seserahan, siraman murah, souvenir boneka, souvenir bross, souvenir flanel, dll,” jelas Ibu Kastuti (49) selaku karyawan gallery tersebut. Berbagai produk souvenir itu rata-rata merupakan hasil kreasi dari sang pemiliki Rifki Bayu Setyadi, yang dibantu istrinya Isti Nur Faizah.

Aura Cantik SemarangBulan April 2007 menjadi awal mula bagi Cokki (panggilan Rifki Bayu Setyadi) melayani berbagai pemesanan dan produksi souvenir pernikahan. Seiring makin banyaknya permintaan, Cokki kemudian mengembangkan usahanya tidak hanya dalam pelayanan kebutuhan souvenir pernikahan semata. Souvenir ulang tahun, souvenir pemberian nama anak, souvenir siraman, souvenir pemberkatan, souvenir haji, souvenir khitan, dan souvenir promosi perusahaan menjadi produk kreasi yang mampu dikembangkan Cokki dan istrinya. “Saat ini, Mas Cokki juga melayani jasa foto pre wedding, foto pernikahan, sampai dengan wedding organizer,” imbuh Ibu Tuti.

Strategi Pemasaran

Selama menjalankan bisnisnya tersebut, Cokki melakukan pemasaran secara online dan offline. Untuk offline, tahun ini mereka (Aura Cantik Souvenir & Craft) membuka workshop/ gallery di Kota Semarang, dan Purwokerto (Jalan K.H.Agus Salim II/28A). Sementara media online menjadi ‘senjata’ berikutnya yang digunakan Cokki untuk memasarkan produknya. Website, jejaring sosial, sampai dengan portal iklan menjadi media online yang aktif digunakan untuk menjaring pelanggan dari berbagai wilayah. Melalui media online itu juga, produk Aura Cantik Souvenir & Craft saat ini sudah merambah ke wilayah Singapura, Malaysia, Batam, Jakarta, Pontianak, Balikpapan, Nabire, dll.

Beragam produk kreasi dari Aura Cantik Souvenir & Craft dijual dengan harga rata-rata Rp.1.000,00-Rp.13.000,00/ pcs. “Di sini memang tidak menerapkan sistem eceran, sehingga bagi yang ingin order minimal 300 pcs,” tambah Ibu Tuti. Meskipun begitu, permintaan akan produk dari Aura Cantik Souvenir & Craft tersebut tidak pernah surut, bahkan saat ini mengalami lonjakan permintaan. Selain itu, sistem reseller juga diterapkan Cokki dalam memasarkan produk kreasinya. Menurut Ibu Tuti, saat ini terdapat 11 reseller yang sudah menjalin kerjasama dengan mereka, yang berasal dari berbagai daerah. Hal tersebut secara tidak langsung juga membantu  Aura Cantik Souvenir & Craft dalam memasarkan produknya.

Di akhir wawancaranya, Ibu Tuti yang mewakili Cokki berharap Aura Cantik Souvenir & Craft tetap eksis sebagai penyedia produk souvenir pesta yang terlengkap dan termurah. Di samping itu, belum maksimalnya kapasitas gallery yang dimiliki diharapkan juga bisa lebih ditingkatkan untuk menampung semua karya kreasi unik yang mereka miliki.
Tim liputan bisnisUKM

16 thoughts on “Belanja Souvenir Murah di Aura Cantik Semarang”

  1. ass.sy tertarik bgt dg bisnis souvenir,gmn caranya untuk reseller??dan minimal butuh modal berapa?tlg infokan ke alamat lina.winarsanti@gmail.com terimakasih sblmnya
    ingin bisnis tsb,tp blm mngerti caranya

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba