Pemasaran

Biar Tak Kalah Bersaing, UKM Wajib Jalankan 5 Trik Pemasaran Ini!

Biar Tak Kalah Bersaing, UKM Wajib Jalankan 5 Trik Pemasaran Ini!

Biar tak kalah bersaing dengan perusahaan besar yang lebih dulu bergelut di bidang yang sama, sebagai pelaku UKM kamu wajib jalankan 5 trik pemasaran ini! (Foto : http://blog.captionhospitality.com)

Merintis usaha di kota-kota besar memang lebih menantang. Tak hanya bersaing dengan pemain serupa, para pelaku UKM juga harus bisa bertahan ditengah himpitan perusahaan yang lebih besar. Apalagi sekarang ini kemajuan teknologi memudahkan siapa saja untuk bersaing bebas di pasaran.

Tapi jangan keburu minder meski kamu baru saja memulai usaha. Biar tak kalah bersaing dengan perusahaan besar yang lebih dulu bergelut di bidang yang sama, sebagai pelaku UKM kamu wajib jalankan 5 trik pemasaran di bawah ini!

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

1. Jangan bersaing hingga berdarah-darah untuk segmen pasar yang salah.

Yang dimaksud segmen pasar disini adalah target konsumen yang bakal kamu pilih. Agar tak sampai berdarah-darah, kamu bisa memilih segmen pasar yang paling kecil atau yang belum banyak pesaing. Contohnya seperti Aqua, dulu pendiri perusahaan minuman kemasan ini melihat belum ada pemain yang masuk ke segmen pasar minuman kemasan, namun dengan kegigihannya kini aqua menjadi pionir air minum kemasan yang jumlah pesaingnya semakin hari kian bertambah banyak.

2. Berani tampil beda untuk bisa bertahan melawan perusahaan besar.

Jika tak bisa bersaing dari segi modal dana, kamu bisa memanfaatkan kreativitas yang dimiliki agar bisnismu bisa tampil beda di mata calon konsumen. Untuk menarik perhatian konsumen, buatlah sesuatu yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Lakukan survey pasar untuk membandingkan produk milikmu dengan kompetitor, selanjutnya tonjolkan keunikan yang tak dimiliki oleh kompetitormu.

3. Buatlah produk dengan tampilan mewah meskipun harganya relatif murah.

Ketika berbelanja di supermarket dengan banyak pilihan produk, calon pelangganmu hanya membutuhkan waktu beberapa detik sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian. Karenanya, penting buatmu untuk membuat tampilan kemasan produk yang mewah agar produkmu tak terlihat murahan. Ingat, kesan pertama yang dilihat pelanggan jadi faktor utama yang menentukan pembelian.

4. Aktif ikutan pameran biar produkmu sekelas dengan perusahaan besar.

Untuk meningkatkan daya saing produk, sekali-kali kamu bisa mengikuti pameran yang diselenggarakan pemerintah ataupun swasta. Selain untuk memperkenalkan produkmu ke kalangan masyarakat luas, pameran juga bisa menjadi ajang untuk berkenalan langsung dengan para pesaingmu. Tentu ada banyak pengalaman dan informasi baru yang kamu dapatkan dari event pameran. Tak menutup kemungkinan juga kamu bisa mendapatkan ide baru setelah bertemu dengan para kompetitor.

5. Jalin hubungan baik dengan pelanggan untuk memenangkan persaingan.

Ketika kamu sudah memiliki banyak pelanggan, jangan sia-siakan keuntungan tersebut. Pastikan selalu menjaga hubungan baik dengan setiap pelangganmu. Berikan layanan yang cepat dan tepat agar mereka tak sampai berpaling ke pemain yang lain. Sebab, pelangganmu adalah aset berharga yang bisa membantumu memenangkan persaingan pasar.