Bingung Membuat Desain Logo dan Merek?

desain logo dan merekKeberadaan logo dan merek bisa diibaratkan sebagai wajah dan nama bagi sebuah produk. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang sekarang ini mulai membuat desain logo dan merek untuk mengangkat popularitas produk yang dipasarkannya. Beberapa pelaku industri rumahan bahkan mulai sadar akan pentingnya logo dan merek sebuah produk, sehingga sekarang ini banyak pemula maupun pelaku UKM yang mulai menggunakan logo sebagai lambang dari identitas mereka.

Bagi Anda para pemula maupun pelaku UKM yang masih bingung membuat desain logo dan merek, berikut saya lampirkan beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan dengan seksama.

Buatlah desain yang simple

Keserhanaan tak jarang membuat seseorang terkesan karena keunikannya dan tidak terlalu banyak detail sehingga orang-orang mudah mengenali serta mengingat produk yang kita miliki. Contohnya saja seperti desain logo Nike yang terbilang amat sangat sederhana namun kini telah berhasil mendunia.

Gunakan filosofi

Beberapa pelaku usaha memilih menggunakan filosofi untuk menonjolkan ciri khas produknya dibandingkan produk lainnya. Biasanya logo atau merek yang dibuat menggunakan filosofi, dapat memancing rasa penasaran konsumen sehingga tidak menutup kemungkinan bila produk tersebut bisa laris manis di pasaran.

Rajin-rajin survey

Untuk mendapatkan referensi ide, Anda bisa coba jalan-jalan ke toko atau supermarket untuk melihat langsung contoh-contoh desain logo dan merek yang ada di pasaran. Namun yang perlu Anda ingat adalah, jadikan desain tersebut sebagai referensi saja bukan menjiplaknya 100%. Selain survey langsung ke toko konvensional, Anda juga bisa melakukan survey pasar secara online. Dengan begitu Anda bisa memiliki banyak referensi dan bisa membuat desain logo atau merek produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga bermanfaat.

chumairo arobiyah expert bisnisukm

CHUMAIRO IBNATUL AROBIYAH

Establishing Bussiness

Gudeg Kaleng Mbak Yayah – makanan tradisional khas Jogja

Tahun 2010 menjadi awal mula beliau mengembangkan usahanya. Mengusung Gudeg Kaleng Mbak Yayah sebagai brand usahanya, beliau memulai pengembangan bisnisnya dengan aktif menjalin kerjasama bersama pihak-pihak seperti LIPI dan dinas-dinas terkait. Pada mulanya, alumni jurusan ekonomi manajemen UII Yogyakarta tersebut memperkenalkan gudeg kaleng kreasinya dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Ditjen Dikti.

Sumber gambar : http://www.hatikupercaya.com/images/artikel/k/o/artikel-kopi-starbucks-cup.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba