Peluang Bisnis Katering Makanan Sehat Peminatnya Kian Meningkat

Bisnis Katering Makanan Sehat Peminatnya Kian Meningkat

Tingginya kesadaran masyarakat Indonesia untuk hidup sehat ternyata turut menciptakan banyak peluang bisnis baru yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya. Jika dulunya masyarakat cenderung lebih suka dengan makanan serba instant, sekarang ini minat konsumen mulai beralih ke aneka menu makanan sehat sebagai alternatif konsumsi makanan diet guna menghindari beberapa resiko penyakit berbahaya.

Perubahan gaya hidup seperti inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mulai merintis bisnis katering makanan sehat yang belakangan ini mulai banyak dicari para konsumen. Tertarik untuk mencobanya? Berikut kami informasikan hal-hal apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk membuka bisnis katering makanan sehat.

Konsumen
Dulunya menu makanan sehat hanya dikonsumsi oleh orang-orang yang telah divonis menderita penyakit tertentu sehingga harus memiliki menu makanan khusus yang sesuai dengan anjuran para dokter. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini tidak hanya penderita sakit saja yang memilih katering makanan sehat, banyak kalangan masyarakat umum yang mulai menginginkan menu makanan sehat karena mereka sengaja ingin diet ataupun konsumen anak-anak yang membutuhkan asupan gizi yang baik untuk belajar hidup sehat sejak dini. Peluang inilah yang bisa Anda bidik dengan optimal untuk mendatangkan untung besar setiap bulan.

Info Bisnis

Meskipun secara umum tampilan menu makanan sehat tidak jauh berbeda dengan menu makanan yang sering kita temui sehari-hari, namun biasanya para pelaku usaha katering makanan sehat menyiapkan beragam jenis menu dengan sangat personalized. Mereka membedakan setiap menu makanan sesuai dengan kebutuhan konsumennya, yang tentunya telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan para ahli gizi.

Karenanya agar Anda tak salah langkah dalam menjalankan bisnis katering makanan sehat. Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan lima poin penting yang perlu Anda perhatikan dengan baik sebelum akhirnya terjun di bisnis makanan tersebut. Baik itu dari segi pemilihin bahan baku, peralatan, cara memasak, dan lain sebagainya.

  1. Ketika memutuskan terjun di bisnis katering makanan sehat, hal terpenting yang perlu Anda miliki adalah pengetahuan mengenai nutrisi makanan. Bila Anda kurang mahir dalam hal tersebut, ada baiknya bila Anda menggandeng seorang ahli nutrisi yang Anda kenal. Hal ini penting agar setiap menu yang Anda sajikan bisa sesuai dengan kebutuhan nutrisi masing-masing konsumen.
  2. Perhatikan kualitas bahan baku serta peralatan-peralatan yang Anda gunakan setiap harinya. Untuk menjaga kualitas masakan yang Anda hasilkan, sebaiknya Anda memilih bahan baku yang masih segar dan ditanam dengan sistem organik agar terbebas dari obat kimia. Selain itu pastikan bahwa peralatan masak yang Anda gunakan juga aman bagi kesehatan konsumen. Sedangkan untuk kemasan makanan, pilihkan box plastik yang dikhususkan untuk tempat makanan dan minuman.
  3. Variasikan menu makanan sehat dengan cita rasa yang tak kalah lezat. Makanan sehat bukan berarti menu makanan yang serba hambar, karenanya Anda harus kreatif menciptakan variasi menu yang menarik bagi para konsumen. Biasanya, konsumen bisnis katering rumahan yang khusus menyediakan menu makanan sehat ini membutuhkan menu harian. Jadi jangan sampai menu yang Anda tawarkan membuat mereka cepat bosan.
  4. Sebagian besar konsumen makanan sehat adalah kalangan masyarakat modern. Seperti misalnya para pekerja kantoran, pasien rumah sakit, kaum vegetarian, maupun kalangan masyarakat umum yang ingin melakukan diet sehat. Karena itu, perluas kegiatan promosi Anda baik di kalangan konsumen rumah tangga maupun ke beberapa instansi dan perkantoran yang ada di sekitar lokasi usaha Anda.
  5. Bangun kepercayaan konsumen dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Tak hanya kualitas rasa saja yang dibutuhkan para konsumen, namun juga kualitas pelayanan yang diberikan para pelaku usaha. Oleh sebab itu, jangan sungkan-sungkan untuk memberikan pelayanan delivery order bagi para pelanggan setia Anda.

Kelebihan Bisnis
Meskipun bisnis makanan sehat ini belum begitu populer di kalangan masyarakat luas, tetapi sekarang ini banyak orang yang mulai menjalani pola hidup sehat. Mereka sengaja menghindari makanan-makanan cepat saji yang mengandung banyak garam, gula, dan vetsin, serta mulai memilih menu makanan sehat dari bahan organik untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari. Kesadaran inilah yang membuat peluang bisnis katering makanan sehat diprediksikan akan semakin berkembang pesat dalam beberapa tahun yang akan datang.

Kekurangan Bisnis
Bila pelaku bisnis katering pada umumnya bisa memproduksi aneka jenis menu makanan secara masal dalam porsi yang cukup besar, maka lain halnya dengan pelaku bisnis katering makanan sehat yang harus mempersiapkan aneka menu makanan sehat secara personalized. Hal ini perlu Anda perhatikan, karena setiap konsumen memiliki pantangan atau permintaan menu yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu setiap menu yang Anda buat dengan para ahli gizi. Selain itu Anda juga harus pintar-pintar untuk memilih bahan baku yang aman sesuai dengan riwayat penyakit konsumen, serta mencatat semua pantangan dan permintaan konsumen agar mereka bisa mendapatkan kepuasan dari pelayanan katering yang Anda berikan.

Strategi Pemasaran

Untuk mempromosikan peluang bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan menjalankan strategi pemasaran online maupun offline. Dalam hal ini Anda bisa membidik konsumen individu maupun konsumen partai besar, seperti misalnya konsumen perorangan yang ingin melakukan diet sehat (rumah tangga) serta konsumen partai besar seperti misalnya rumah sakit, perkantoran, kost-kostan, panti jompo, sekolah-sekolah, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan loyalitas para konsumen, tidak ada salahnya bila Anda memberikan pelayanan delivery order untuk para pelanggan setia Anda.

Sedangkan untuk strategi promosi online, Anda bisa memulainya dengan membuat website khusus katering makanan sehat untuk membuka lapak dagang di ranah maya. Promosikan semua produk yang Anda tawarkan di halaman website, serta publikasikan keberadaan website tersebut melalui situs sosial media, forum online, direktori online, dan lain sebagainya. Semakin aktif Anda berpromosi di dunia maya, maka semakin besar pula peluang Anda untuk menjangkau pasar lokal maupun internasional.

Kunci Sukses
Secara umum makanan sehat untuk orang diet karena sakit maupun diet karena ingin hidup sehat, berbeda dengan makanan yang disajikan pada umumnya. Sebab makanan sehat untuk diet memiliki tu­juan berbeda sehingga makanan yang dihasilkan juga harus memiliki perbedaan. Baik dari segi bahan baku, cara memasak, serta pemilihan alat dan kemasan yang dipilih sebaiknya tidak membahayakan para konsumen. Baik itu konsumen yang mengidap suatu penyakit maupun konsumen yang ingin menjalankan pola hidup sehat.

Analisa Ekonomi

Modal awal

Asumsi
Delivery order katering sehat untuk perkantoran dan kost-kostan.
Sistem katering menu harian dengan harga per box Rp 15.000,00
Operasional bisnis dikerjakan di rumah pribadi.

Peralatan
2 Kompor gas + tabung                             Rp 1.500.000,00
Peralatan masak (panci, wajan, penanak nasi, dll) Rp 1.500.000,00
Wadah untuk aneka masakan (baskom, loyang, dll)   Rp   500.000,00
200 Box nasi (pilih plastik khusus makanan)       Rp 4.500.000,00
Peralatan pelengkap (kantong kemasan)             Rp 1.000.000,00+
Total                                             Rp 9.000.000,00
Peralatan mengalami penyusutan selama empat tahun, sbb :
1/48 bulan x Rp 9.000.000,00             =        Rp 187.500,00

Biaya operasional per bulan
Bahan makanan serba organik
(Rp 1.000.000,00/hari x 26 hari)                  Rp 26.000.000,00
Beli perlengkapan (kantong plastik, brosur, dll)  Rp    750.000,00
Gas elpiji 3 kg (Rp 16.000,00 x 40 tabung)        Rp    640.000,00
Gaji karyawan (@ Rp 1.000.000,00 x 3 orang)       Rp  3.000.000,00
Biaya listrik dan transportasi                    Rp  1.000.000,00
Biaya penyusutan                                  Rp    187.500,00+
Total biaya                                       Rp 31.577.500,00

Omzet per bulan
Permintaan tetap : 100 box /hari, dengan harga per box Rp 15.000,00
Jadi omzet per bulan :
(100 x @ Rp 15.000,00 x 26 hari)                  Rp 39.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 39.000.000,00 - Rp 31.577.500,00   =           Rp 7.422.500,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : Laba bersih per bulan)  =           1,2 bulan

Semoga informasi peluang bisnis katering makanan sehat peminatnya kian meningkat bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi masyarakat Indonesia yang sedang bingung menentukan peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://2.bp.blogspot.com/-dMe3jjYKf04/UPevwgWsHeI/AAAAAAAAAAc/1Rg2pgtef7U/s1600/makanan+2.jpg
2. http://cdn-u.kaskus.co.id/72/wblkyz8a.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba