Bisnis Kopi Bale Sawah, Resto Kekinian Produk Kopi Go Internasional

Memulai bisnis Kopi kekinian di tengah pandemi merupakan tantangan tersendiri bagi pemilik. Namun hal tersebut tidak menyurutkan keinginannya untuk tetap merealisasikan impiannya. Dengan mengusung konsep Jawa Tradisional dengan produk kopi yang sudah Go Internasional kedai kopi ini mampu bertahan meski dirintis di era new normal seperti ini.

Gimana nih pastinya penasaran gimana cerita inspiratifnya dari pengusaha kopi yang satu ini? Yuk kita simak bareng – bareng bagaimana caranya bertahan dan memulai usahanya ini ditengah pandemi.

Team BisnisUKM menemui seorang pengelola dari Bale Sawah yakni Dhandy Widianto. Dan ia menjelaskan bagaimana kedai ini dibuka dan apa saja tantangan dalam menjalankan usahanya ini. Konsep Bale Sawah adalah tradisional etnis untuk gaya Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Bisnis Kopi Bale Sawah

Speciality Kopi

Di Bale Sawah ini exspertnya lebih pada kopi atau specialitynya kopi jadi lebih banyak menunya kopi. Namun customer yang datang ke tempat ini tentu tidak semua ingin ngopi. Untuk itu di sini juga menyediakan berbagai jenis minuman non kopi. Tetapi untuk produk unggulannya ada makanan dan snack. Sedangkan untuk lokasi Bale Sawah ini berada di Jalan Wates KM 8 Balecatur, Gomol, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Pertama kali mendirikan usaha Bale Sawah ini mulai jalan pada awal Juli 2020. Pada saat itu memang masih ditengah pandemi, dan semua dilakukan sesuai dengan protokol dan prosedur new normal. Untuk lokasinya sendiri berada di tengah sawah dengan view yang indah dan sejuk. Didukung dengan konsep joglo dimana ada indoor dan outdoor. Lokasinya ini pun di dalam Hotel Bale Catur In.

Latar Belakang

Kalo ngomongin berdirinya Bale Sawah ini latar belakangnya adalah kopi sedangkan owner hotel bidang properti. Kemudian difusionkan menjadi satu dengan usaha ini maka ambil konsep Bale Sawah Kopi By Kenteng Jaya tanpa menghilangkan unsur – unsur budaya Jawa Yogyakarta. Untuk lokasi dan menu – menu tetap mengikuti dengan perkembangan zaman.

Tantangan Bisnis Kopi

Tantangan menjalankan usaha ini pastinya setiap usaha memiliki tantangan tersendiri terutama di era pendemi seperti ini. Dengan keadaan yang seperti sekarang ini pasti akan ada bayang – bayang tidak mendapatkan omzet bahkan tidak laku. Sedangkan Bale Sawah ini memberanikan diri untuk membuka cabang dari Temanggung di tengah pandemi. Namun setelah di review dari bulan sebelumnya untuk omzet tidak mengalami kerugian.

Dengan adanya support beberapa team, yakni management, pengelola hotel, pihak marketing, dan semuanya berkesinambungan semua. Kerjasama yang dilakukan ini saling mensupport bagaimana caranya bisa berjalan dengan baik dan maksimal. Tanpa melanggar protokol yang sudah ditetapkan Pemerintah di era new normal ini.

Keunggulan Bisnis Kopi

Keunggulan dari Bale Sawah ini memiliki maskot untuk bidang di speciality kopi. Dari hulu ke hilir sendiri dengan naungan management Kenteng Jaya Temanggung ini semua ‘digarap’ sendiri. Terutama untuk tempat roastery sendiri di desa Pingit Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. Nah disana tidak sekedar kedai kopi namun juga hulu ke hilir dari petani ada plantation dan edukasi tentang kopi maka dibukalah usaha seperti ini di Yogyakarta.

Keunggulan Kopi

Untuk keunggulan kopinya sendiri kopi terbagi dalam 4 varian atau jenis. Pertama robusta, arabica, excelsa dan liberika. Maskot di Bale Sawah ini adalah Java Robusta. Kopi ini sering mendapatkan juara 1 setiap kali mengikuti kontes. Contohnya saja, Juara 1 KKSI kelas robusta tahun 2018 dan 2019, Dan disana mendapatkan sertifikat medali emas. Untuk kopinya sendiri sudah Go Internasional meskipun berasal dari daerah.

Menu Makanan

Tidak semua tentang kopi, untuk menu makanan ditempat ini yakni makanan pendukung seperti snack, buah dan menu andalan ada ayam bacem goreng utuh untuk 3 orang dengan harga terjangkau yakni 55.000,- Dimana isinya ada nasi putih, ayam bacem utuh, sayur lodeh, oseng – oseng, sambal dan teh hangat.

Variasi Kopi

Mengatasnamakan Kenteng Jaya disini memiliki andalan ada fine robusta dan robusta premium. Disini menggunakan biji kopi yang semua grade A atau kualitas terbaik.

Marketing

Marketingnya disini mengambil 2 jalur yakni getok tular dengan mengandalkan mulut ke mulut dan secara online. Selama ini responnya positif dan tidak ada complain. Untuk pemasaran dengan sosial media mengandalkan instagram dan whatsapp. @Balesawahcoffee(instagram), untuk yang utamanya roasterynya ada di @Kenteng_jaya (instagram).

Kompetisi

Berbicara soal kompetisi yang namanya rezeki tidak perlu ‘ngoyo’. Utamakan fasilitas, kualitas dan mengandalkan view yang indah, sejuk dan nyaman. Dan dengan di support dengan kualitas kopi dan makanan yang ada disini. Makanya customer banyak yang repeat order baik dari Jawa maupun luar Jawa.

Nah itu tadi adalah kisah inspiratif dari pengusaha kopi yang memberanikan diri memulai usaha di tengah pandemi seperti ini. Semoga dapat menginspirasi. Tonton juga video liputan menarik lainnya hanya di channel youtube TVBisnis. Jangan lupa subscribe dan share ke teman – teman kamu.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba