Bisnis Tata Rias Peluang Menjanjikan Buat Anak Kuliahan

Bisnis tata rias pada beberapa tahun silam masih dianggap sebagai bisnis yang kurang menjanjikan. Tapi siapa yang menyangka bahwa saat ini bisnis tata rias merupakan bisnis yang diminati oleh banyak orang karena peluangnya yang menjanjikan apa lagi buat usaha sampingan anak kuliahan. Sebab saat ini kebutuhan akan tata rias konsumennya bukan hanya perempuan saja tapi juga laki-laki.

Bisnis Tata Rias

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini makeup merupakan alat yang penting untuk menambah kepercayaan diri seseorang. Apa lagi di zaman digital sekarang ini. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk saling membuat konten vlog, blog, atau review mengenai berbagai macam alat makeup ataupun skincare yang dimuat di media sosial. Karena itulah saat ini makin banyak orang yang berminat untuk menjalankan bisnis tata rias ini.

Bisnis Tata Rias Peluang Menjanjikan Buat Anak Kuliahan
amazonaws.com

Mungkin beberapa orang berpikir, menjadi seorang makeup artist saat ini semakin mudah karena banyaknya video dan artikel mengenai langkah-langkah menjadi seorang makeup artist. Buat kamu yang tertarik untuk menjalankan bisnis tata rias kamu bisa memulainya dengan menyasar konsumen dari orang-orang terdekat. Selain itu banyak juga yang harus kamu persiapkan. Berikut ini Bisnis UKM akan membagikan tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis tata rias. Simak ulasan selengkanya di sini ya!

Tips Memulai Bisnis Tata Rias

1. Kelengkapan Alat dan Perlengkapan Make up

Ketika kamu ingin menjadi seorang makeup artist tidak hanya harus mengenal mengenai jenis makeup seperti, foundation, bedak, eye shadow, mascara, lipstik, dan lainnya. Tapi kamu juga perlu belajar memahami bagaimana kegunaan dari masing-masing perlengkapan dan peralatan tersebut dan kapan waktu yang tepat untuk memakainya. Setelah itu barulah kamu mulai mengumpulkan secara perlahan alat-alat mak eup yang diperlukan.

Peralatan dan perlengkapan make up memang tidaklah murah. Barang yang diperlukan untuk menjalankan bisnis tata rias juga tidak sedikit. Jadi alangkah baiknya persiapkan dulu budget untuk mulai menyiapkan beberapa alat dan pelengkapan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang makeup artist. Tingkatkan kemampuan kamu sembari mengumpulkan alat dan perlengkapan makeup sedikit demi sedikit. Pastikan juga kamu  menggunakan alat dan perlengkapan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang baik.

2. Banyak Belajar dari Tutorial MUA Profesional

Salah satu kunci keberhasilan menjadi makeup artist adalah kemauan untuk terus belajar dan mengasah keterampilan. Tidak ada salahnya untuk belajar pada tutorial-tutorial yang saat ini sudah banyak beredar di media sosial. Banyak makeup artist yang belajar tata rias secara otodidak. Mereka belajar make up melalui tutorial make up lewat internet sambil mempraktikkannya secara langsung. Apalagi di era digital ini juga tidak sulit untuk mencari tutorial make up di media sosial. Hal ini sangat perlu kamu lakukan dalam merintis bisnis tata rias.

3. Kuasai Beragam Teknik Tata Rias dari MUA Profesional

Selain menguasai berbagai alat mak eup, baiknya kamu juga bisa menguasai berbagai teknik make up yang ada. Kamu bisa belajar dari manapun. Beberapa video atau artikel tutorial yang beredar di internet mengajarkan tentang berbagai teknik makeup dari berbagai belahan dunia. Dalam proses belajar teknik make up, kemungkinan besar kamu akan menemui berbagai kendala atau melakukan kesalahan. Tapi jangan putus asa, kamu bisa memperbaiki kesalahan tersebut sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jangan lupa pula untuk terus melakukan eksperimen untuk mendapatkan teknik-teknik mak eup baru.

4. Lakukan Eksperimen ke Diri Sendiri

Make up adalah seni menggambar wajah. Pada tahap pertama, mulalilah belajar untuk make up pada diri sendiri. Pergunakan wajahmu sendiri untuk menjadi canvas hidup saat menonton tutorial make up atau belajar makeup pada ahlinya. Barulah setelah itu kamu dapat mengaplikasikan make up pada orang lain. Makin banyak kamu mempraktikkan teknik make up tentunya akan menjadi investasi berharga untuk bisnis tata rias kamu nanti.

5. Bereksperimen pada Orang Lain

Apakah kamu sudah puas dengan hasil make up pada wajah sendiri? Apakah kamu sudah percaya diri untuk mempraktikkan kemampuan kamu pada orang lain? Jika iya, kamu bisa mulai berksperimen pada orang lain. Mulailah pada ibu, saudara perempuan, atau teman terdekat kamu. Tanyakan pendapat mereka mengenai hasil make up kamu. Jangan lupa, sering-seringlah berlatih, agar kemampuan kamu semakin terasah.

6. Up to Date dengan Tren Makeup dari MUA Ternama

Memutuskan untuk menjalankan bisnis tata rias artinya kamu harus up-to-date. Kamu harus rajin mencari tahu tentang perkembangan tren make up terbaru untuk saat ini. Cari tahu, apa yang sedang tren lewat berbagai media baik itu koran, majalah, atau media sosial. Tidak hanya tren make up di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Meski demikian, ada kalanya juga kamu juga harus berpikir, apakah tren tersebut cocok diaplikasikan pada orang-orang yang telah atau akan menjadi klienmu.

7. Temukan Ciri Khas Kamu

Sebagai make up artist, kamu perlu belajar untuk memiliki ciri khas make up yang tidak dimiliki oleh makeup artist lainnya. Ini bertujuan agar orang lain akan dengan mudah mengingatmu. Misalnya saja, make up yang kamu terapkan menghasilkan make up look yang tahan lama. Tentu saja, mencari ciri khas tersendiri tidaklah mudah. Kamu harus sering-sering untuk meng-upgrade skill make up dan perkembangan tren saat ini.

8. Pahami dan Wujudkan Keinginan Klien

Mempunyai ciri khas tidaklah cukup untuk dapat bertahan di dunia bisnis tata rias. Kamu juga harus bisa menguasai berbagai macam teknik make up yang ada. Tujuannya agar kamu dapat memenuhi keinginan klien. Ingat, sebagai makeup artist kamu bekerja untuk klien. Ada kalanya, kamu harus mengesampingkan ego pribadi dan lebih mementingkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan kata lain kamu harus bisa memahami apa yang diharapkan oleh klien dan kamu mampu mewujudkan keinginan pelanggan tersebut. Klien pun akan merasa puas dengan layanan yang kamu berikan sehingga ia berpotensi untuk menjadi langganan tetap di kemudian hari.

9. Perbanyak Portofolio dan Promosikan

Di zaman serba digital ini, kamu harus bisa menjalankan sosial media sebagai sarana untuk promosi. Jangan lupa mengabadikan foto hasil make up yang telah kamu lakukan dan jadikan portofolio untuk meyakinkan calon pelanggan. Pastikan bahwa hasil tata rias yang diunggah nantinya adalah yang terbaik. Kamu bisa mengunggah hasil portofolio di sosial media seperti instagram atau youtube sehingga akan banyak orang yang mengetahui keterampilan kamu. Manfaatkan akun media sosial kamu sebagai sarana marketing hasil tata rias kamu dengan maksimal. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan klien atau job yang diharapkan.

Itulah tips yang bisa kamu terapkan untuk memulai bisnis tata rias. Pastikan ketika kamu memutuskan untuk menjalankan bisnis tata rias ini kamu punya minat dan kemampuan untuk terus berkembang supaya kamu tidak berhenti di tengah jalan. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Ikuti terus artikel tentang ide usaha untuk mahasiswa lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk memulai sebuah bisnis!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba