Bisnis Modal Kecil, Kios Koran dan Majalah Jadi Pilihan

bisnis modal kecilApakah memulai usaha harus selalu membutuhkan modal hingga puluhan juta rupiah? Tentu tidak. Sekarang ini banyak peluang usaha yang dapat Anda jalankan dengan modal kecil, bahkan bisa dimulai dengan dana di bawah angka 10 juta. Jadi Anda tidak perlu takut lagi untuk membuka usaha, karena sebenarnya modal yang paling penting adalah kemauan dan kreatifitas Anda dalam menciptakan sebuah peluang.

Bisnis Modal Kecil kurang dari 10 Juta

Salah satu peluang bisnis modal kecil di bawah 10 juta yang bisa Anda jalankan yaitu membuka kios koran dan majalah. Kebutuhan masyarakat akan sebuah berita atau perkembangan informasi yang disajikan melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, serta tabloid menjadi peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan untung besar dari bisnis modal kecil. Berawal dari bisnis kecil-kecilan, siapa tahu kelak dipercaya menjadi agen koran dan majalah di wilayah Anda.

Konsumen
Semua orang membutuhkan informasi serta berita terkini dengan harga terjangkau. Karena itu target pasar yang bisa Anda bidik meliputi semua kalangan masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Bahkan setiap koran dan majalah yang telah beredar di pasaran biasanya memiliki target konsumen masing-masing.

Info bisnis

Meskipun peluang usaha ini terbilang kecil, namun untuk menjalankannya ada beberapa persiapan yang perlu Anda perhatikan agar omset yang diperoleh bisa optimal. Kira-kira persiapan apa saja yang dibutuhkan? Mari kita simak informasi berikut selengkapnya.

  1. Persiapkan modal usaha untuk menyewa lokasi usaha, membeli peralatan, dan membeli stok koran maupun majalah yang akan Anda jual.
  2. Mencari agen koran dan majalah yang menawarkan harga cukup miring. Biasanya jika masih terbilang usaha baru, kita harus mendatangi agen tersebut untuk “kulakan” (red: bahasa jawa, belanja). Namun bila sudah bekerjasama cukup lama, para agen bersedia mengantarkan produk dagangannya ke kios kita.
  3. Mencari lokasi usaha yang cukup strategis. Misalnya saja seperti di sekitar perkantoran, pusat perbelanjaan, atau di pinggir jalan yang ramai dilalui lalu lintas warga.
  4. Menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang sekiranya diperlukan untuk membuka kios koran dan majalah. Seperti rak, meja, serta peralatan lainnya untuk mendisplay dagangan Anda.

Kelebihan bisniskoran dan majalah
Untuk membuka kios koran dan majalah Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan modal besar, karena bisnis ini dapat Anda jalankan dengan modal kecil. Selain itu untuk menjalankannya tidak memerlukan sebuah keahlian khusus, yang terpenting Anda harus jeli memilih koran maupun majalah yang banyak diminati masyarakat. Sehingga bisnis Anda laris manis diserbu konsumen.

Keuntungan lainnya adalah apabila dagangan Anda tidak habis terjual, sebagian besar produk bisa dikembalikan kepada Agen. Jadi, bisa dikatakan resiko bisnis yang ditanggung tidak terlalu besar.

Kekurangan bisnis
Hambatan utama dalam peluang bisnis ini yaitu adanya persaingan yang cukup tinggi. Saat ini sudah banyak agen koran serta majalah yang menawarkan sistem langganan bulanan kepada para konsumen. Sehingga Anda harus pintar-pintar memanfaatkan peluang yang ada untuk merebut hati para konsumen.

Disamping itu daya beli masyarakat sangat tergantung dengan berita atau informasi yang diberikan media cetak. Semakin menarik informasi yang disampaikan, maka semakin besar permintaan konsumen. Karena itu, sebagai pelaku usaha kita harus pintar membaca peluang.

Strategi pemasaran
Salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Informasikan bisnis tersebut kepada para rekan maupun kerabat dekat Anda, agar berita bisnis Anda dapat disebarluaskan ke orang lain. Selanjutnya Anda juga bisa memasang koran maupun majalah yang dijual dengan display yang menarik, dengan begitu masyarakat yang melewati kios Anda dapat melihatnya dan akhirnya tertarik untuk mampir membeli dagangan Anda.

Pemilihan lokasi yang strategis juga menjadi bagian dari promosi bisnis ini. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah lokasi yang potensi pasarnya cukup bagus. Disamping itu untuk meningkatkan loyalitas konsumen, berikan pelayananan prima kepada para pembeli. Bila perlu berikan potongan harga khusus bagi konsumen yang membeli koran maupun majalah dalam jumlah yang banyak. Sehingga mereka tidak segan untuk kembali membeli.

Kunci sukses
Yang menjadi kunci kesuksesan bisnis modal kecil ini adalah lokasi usaha yang strategis dan kelengkapan produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu pilih lokasi yang benar-benar potensial dan tawarkan beragam jenis tabloid, surat kabar maupun majalah yang sering dicari konsumen. Sehingga mereka mudah menemukan lokasi bisnis Anda dan tidak ragu lagi untuk berlangganan koran serta majalah dari kios Anda.

Analisa Ekonomi

Modal awal
Sewa kios per tahun                                   Rp 4.500.000,00
Peralatan (rak dan meja)                              Rp 1.000.000,00
Stok awal (surat kabar, majalah, tabloid, dll)        Rp 3.000.000,00 +
Total                                                 Rp 8.500.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan selama 3 tahun (36 bulan)
Dengan rincian sebagai berikut :
1/36 x Rp 1.000.000,00          =          Rp 27.800,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan (harian, mingguan dan bulanan)                Rp 6.500.000,00
Perlengkapan (plastik, alat tulis, dll)               Rp   100.000,00
Sewa tempat per bulan : Rp 4.500.000,00/12 bulan      Rp   375.000,00
Biaya listrik                                         Rp   150.000,00
Biaya transportasi : @ Rp 10.000,00 x 30 hari         Rp   300.000,00
Biaya penyusutan alat                                 Rp    27.800,00 +
Total                                                 Rp 7.452.800,00

Omset per bulan
Asumsi harga diambil berdasarkan harga rata-rata yang ada di pasaran 

Penjualan aneka macam surat kabar harian :
Omset/ bulan : @ Rp 2.500,00 x 80 buah x 30hr         Rp 6.000.000,00

Penjualan aneka macam tabloid mingguan :
Omset/ bulan : @ Rp 8.000,00 x  40 buah x 4 minggu    Rp 1.280.000,00

Penjualan aneka macam tabloid 2 mingguan :
Omset/bulan : @ Rp 9.000,00 x 40 buah x 2 minggu      Rp   720.000,00

Penjualan aneka macam majalah bulanan :
Omset/bulan : @ Rp 20.000,00 x 50 buah                Rp 1.000.000,00 +
Total omset                                           Rp 9.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 9.000.000,00 - Rp   7.452.800,00         =         Rp 1.547.200,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba bersih per bulan)        =         5,5 bulan

Semoga informasi Bisnis Modal Kecil, Kios Koran dan Majalah Jadi Pilihan kali ini dapat menginspirasi para pembaca untuk segera memulai usaha. Selamat mencoba dan salam sukses!!!

Sumber gambar : http://i.ehow.com/images/a04/aj/4t/save-money-everyday-items-800X800.jpg

15 Komentar

  1. istri saya ya lumayan pintar membuat aneka macam kue2 kering, cake ultah/ pernikahan. Brownis, mie hijau(sayur) tp syang karna kterbatasan sarana dan prasarana, tempat usaha dan peralatan yg kurg memadai, jd keahliaannya jd trbengkalai,,
    .
    Silahkan yg mau syaring pengalamannya,,
    trima kash sebelumnya.

  2. oya saya ingin membuat usaha di bidang kuliner tapi saya masih buta di bidang marketing, karna bicara lebih mudah dari pada melakukan nya so trik dan tips apa aja yang bisa saya lakukan???????????

  3. sy mempunyai usaha warnet, lokasi sy sgt strategis dkt kampus, perkantoran dan museum. tepatnya dipinggir jln utama, sy ingin mengembangkan usaha tambahan, atau cari rekanan usaha lain yang berminat silakan hubgi sy di email sy udienmaraz@ymail.com

  4. saya ada niat untuk menjadi agen sembako… tapi lom tau tempat untuk ambil barang dengan harga murah… media bisnis disini ada info ga untuk daerah bogor dan sekitarnya…? thanx tux infona..

  5. bagaimana cara jika ingin menjadi agen koran,sedangkan saya tidak tahu tempat untuk membelinya

  6. analisa ekonomi yang saya baca,jauh dibawah standart perkotaan,yaitu pekanbaru.dan kita minta dinformasikan langkah atau teknik memulai usaha ini dan trik untuk bisa berkembang dengan cep-at sehingga omset bisa btercapai menurut target kita.

Comments are closed.