Peluang Bisnis, Peluang usaha

Bisnis Sampingan Dari Hobi Bisa Mendatangkan Hoki

boneka kaos kakiMemiliki aktivitas rutin seperti halnya para pelajar, mahasiswa, karyawan, serta ibu rumah tangga, ternyata tidak membatasi ruang gerak mereka untuk bisa menyalurkan hobi atau passion yang dimilikinya. Bahkan saking cintanya terhadap hobi yang mereka miliki, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menyalurkan kegemaran tersebut dengan merintis bisnis sampingan.

Keputusan untuk memiliki bisnis sampingan memang tidak selamanya karena kekurangan penghasilan. Banyak diantara para pelaku bisnis sampingan yang sengaja merintis sebuah usaha di sela-sela padatnya jadwal harian mereka, hanya untuk menyalurkan passion atau hobi yang mereka miliki. Contohnya saja seperti menekuni hobi di bidang kreatif dengan membuat boneka lucu dari bahan kaos kaki.

Konsumen
Sekarang ini tidak hanya kalangan anak-anak saja yang menyukai mainan boneka. Para remaja khususnya kaum hawa juga mulai menggemari kreasi unik boneka kaos kaki untuk menambah koleksi boneka yang telah mereka miliki. Tidak hanya itu saja, sekarang ini keberadaan boneka juga menjadi bingkisan (kado) menarik yang banyak dicari para konsumen. Jadi, selain membidik konsumen individu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan beberapa gerai atau toko kado yang ada di sekitar lokasi usaha untuk memasarkan produk boneka kaos kaki buatan Anda.

Info Bisnis
Berbakal hobi Anda dalam membuat kerajinan tangan, pada dasarnya boneka kaos kaki (sock dolls) sangat mudah diproduksi. Bahkan bisa dikatakan peluang bisnis sampingan ini bisa dijalankan hampir setiap orang dengan mudah. Sebab, proses produksinya tidak membutuhkan teknik menjahit yang terlalu sulit,sehingga tidak heran bila sekarang ini banyak pemula yang mulai berkreasi memproduksi boneka kaos kaki sebagai peluang bisnis sampingan yang menjanjikan.

Nah, bagi Anda yang tertarik menekuni peluang bisnis sampingan dari hobi bisa mendatangkan hoki dengan memproduksi boneka kaos kaki. Berikut ini kami informasikan bagaimana cara membuat boneka kaos kaki dan peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam proses produksinya.

Cara Membuat Boneka Kaos Kaki

Bahan dan perlengkapan :

  • Kaos kaki (usahakan yang warnanya cerah)
  • Gunting
  • Benang sulam dan jahit
  • Jarum jahit dan jarum pentul
  • Pensil
  • Kancing dan aksesoris tambahan
  • Dakron
Baca Juga  Usaha Cetak Casing Hape Bagaikan ‘Mencetak Duit’

Cara Membuat :

cara membuat bisnis kaos kaki

  1. Pertama-tama balik kaos kaki, posisikan bagian tumit ada dibagian tengah (lihat gambar)
  2. Jahit bagian tengah sampai ujung jari kaki (seperti gambar), untuk membentuk telinga.
  3. Lalu jahit bagian tengah sampai 3/4 ujung lubang kaos kaki untuk membentuk kaki.
  4. Sisakan lubang yang tak terjahit untuk membalik kaos kaki.
  5. Gunting bagian tengah jarak antara kedua jahitan.
  6. Setelah kaos kaki dibalik, pasang mata dan sulam mulutnya.
  7. Kemudian isi badan boneka dengan dakron melalui lubang yang belum terjahit.
  8. Bila boneka sudah terisi penuh, jahit lubang tempat pengisian dakron.
  9. Selanjutnya sisa potongan kaos kaki bagian lubang dijahit (seperti gambar) untuk membuat tangan.
  10. Gunting, balik, isi dengan dakron, rapikan bagian ujung atas dengan benang.
  11. Jahit tangan dengan menyematkan kancing disamping kanan kiri badan boneka.
  12. Pada bagian leher jahit jelujur melingkar setelah itu tarik jahitan sampai membentuk potongan kepala, matikan jahitannya.
  13. Hias boneka dengan manik-manik dan pita sesuka hati.
  14. Bungkus dengan kemasan kotak mika dan lengkapi dengan label produk Anda.
  15. Boneka kaos kaki yang lucu siap untuk dipasarkan.

Kelebihan Bisnis
Harga bahan baku yang terjangkau dan mudahnya proses pembuatan boneka kaos kaki, menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis sampingan. Tidak hanya itu saja, corak kaos kaki di pasaran yang belakangan ini semakin beragam, ternyata turut membantu para pelaku usaha untuk bisa memproduksi aneka macam boneka kaos kaki dengan motif dan bentuk yang semakin variatif.

Bahkan, tak kalah bersaing dengan produk boneka buatan pabrik, boneka kaos kaki (sock dolls) ini merupakan salah satu produk handmade yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Jika produk boneka pabrik dijual massal dengan persaingan pasar yang cukup ketat, maka lain halnya dengan boneka kaos kaki yang peredarannya belum terlalu banyak di pasaran. Kondisi inilah yang kemudian menjadikan boneka kaos kaki sebagai salah satu produk unik yang memiliki nilai jual yang cukup menarik.

Baca Juga  Kemasan Minuman Unik Yang Wajib Anda Coba Untuk Usahamu

Kekurangan Bisnis
Bagi para pemula, kesulitan yang sering mereka hadapi adalah mencari ide kreatif atau mendesain bentuk boneka yang akan mereka produksi. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, ada baiknya bila Anda mencari inspirasi ataupun contoh desain terbaru melalui internet, buku kerajinan sock dolls yang sekarang ini marak beredar di pasaran, bergabung dengan komunitas sock dolls di kota Anda, atau memperluas wawasan dan keterampilan Anda dengan mengikuti beberapa pelatihan mengenai kerajinan sock dolls yang diadakan para pengrajin baik di tingkat lokal, regional, maupun tingkat nasional.

Strategi Pemasaran

Untuk mengoptimalkan pemasaran produk, para pelaku bisnis sampingan yang notabene adalah para pelajar, mahasiswa, karyawan, serta ibu rumah tangga, bisa memanfaatkan jaringan internet yang selalu on (aktif) selama 24 jam nonstop sebagai media promosi yang cukup efektif dengan biaya promosi yang cukup terjangkau. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan waktu luang yang ada untuk membuat website toko online, serta mulai aktif berpromosi di dunia maya baik melalui situs jejaring sosial, forum online, iklan gratis maupun berbayar, email marketing, dan lain sebagainya.

Disamping memanfaatkan media internet untuk mempromosikan produk boneka kaos kaki, Anda juga bisa memasarkannya dengan sistem pemasaran offline. Contohnya saja seperti menginformasikan keberadaan produk Anda melalui strategi pemasaran dari mulut ke mulut, menitipkan produk kreasi Anda di beberapa toko boneka maupun toko souvenir yang ada di sekitar Anda, membuka lapak dagang di tempat ramai pada akhir pekan (weekend), serta masih banyak lagi strategi pemasaran lainnya yang bisa Anda jalankan untuk mengoptimalkan penjualan.

Kunci sukses
Desain yang unik dan bentuk boneka yang imut dan lucu, menjadi kunci utama kesuksesan bisnis boneka kaos kaki. Mengingat peluang bisnis ini masih dijalankan di sela-sela kesibukan utama para pelakunya, maka hal penting lainnya yang perlu Anda ingat adalah pintar-pintar membagi waktu agar bisnis dan rutinitas harian Anda bisa berjalan dengan lancar.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Produksi boneka kaos kaki di rumah, disela-sela rutinitas utama.
Dipasarkan melalui toko online dan konsinyasi (titip jual).

Modal awal
Peralatan (jarum, gunting, pensil, dll)     Rp  50.000,00
Bahan baku kaos kaki 
(@ Rp 5.000,00 x 50 pasang)                 Rp 250.000,00
Bahan dakron (@ Rp 30.000/kg x 5 kg)        Rp 150.000,00
Bahan baku aksesoris 
(mata boneka, flanel, benang)               Rp 100.000,00+
Total                                       Rp 550.000,00

Peralatan mengalami penyusutan setelah digunakan 6 bulan :
1/6 bulan x Rp 50.000,00 = Rp 8.300,00/bulan

Biaya produksi per bulan
Bahan baku 
(kaos kaki, dakron, benang, aksesoris)      Rp 1.500.000,00
Kemasan produk dan label                    Rp   300.000,00
Biaya transportasi dan promosi              Rp   500.000,00
Biaya penyusutan peralatan                  Rp    50.000,00+
Total                                       Rp 2.350.000,00

Omset per bulan
Penjualan boneka kaos kaki per bulan :
@ Rp 40.000,00 x 100 buah         =         Rp 4.000.000,00

Laba bersih per bulan
Rp 4.000.000,00 - Rp 2.350.000,00 =         Rp 1.650.000,00

Return of Investment (ROI)
(modal awal + biaya produksi) : laba bersih per bulan = ± 1,7 bulan

Mudah dan murah bukan? Semoga informasi peluang bisnis sampingan dengan membuat boneka kaos kaki ini tidak hanya memberikan tambahan pembelajaran bagi para pemula, namun juga menjadi salah satu ide bisnis bagi Anda yang sedang bingung mencari tambahan penghasilan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.sawadee-thai-imports.com/image/cache/data/SDP02-500x500.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/_Bw30Zzf-IvM/TMZP-vMWwwI/AAAAAAAABIA/A500BvNip9s/s1600/3tuto.jpg