Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis

Cake Pisang: Bahan Baku dan Cara Bikinnya Gampang!

banana-cake-enak

sumber gambar: pixabay.com/cegoh

Cake pisang sounds good, right? Apalagi bagi kamu yang hobi eksperimen masak, pasti udah nggak asing sama olahan yang satu ini. Tapi, kayaknya belum begitu menjamur ya bisnis ini? Bagaimana kalau kamu ambil jadi peluang bisnis? Selain karena bahan bakunya yaitu pisang yang cenderung mudah didapat, juga karena buah satu ini kaya akan manfaat lho.

Khasiat Yang Terkandung Dalam Pisang, Mencengangkan!

khasiat-mengonsumsi-pisang

sumber gambar: Unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Buah pisang sendiri merupakan salah satu buah favorit sejuta umat. Kalau ada yang merasa nggak doyan, mungkin kamu hanya segelintir saja. Tapi pasti kamu meskipun tidak suka pisang buah, tetap menyukai olahan pisang. Soalnya pisang sendiri bisa diolah jadi macem-macem kan? Dimakan langsung enak, digoreng juga sedap, dibikin keripik juga nggak bakal nolak deh.

Lantas, khasiat apa saja ya yang terkandung di dalam pisang?

1. Mencegah tukak lambung

Bagi orang yang punya problem berupa maag mungkin familiar dengan khasiat pisang yang satu ini. Buah ini merupakan antasida alami yang dapat menetralkan asam lambung. Pisang juga mengandung zat yang dapat mencegah terjadinya tukak lambung.

2. Mengandung serat dalam kadar yang tinggi

Manusia butuh serat dalam hidup, tetapi masih saja sering diabaikan karena dianggap nggak penting. Padahal, serat penting banget untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah. Nah, kabar baik juga bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan karena kandungan serat di dalamnya bisa bantu menurunkan berat badan karena bikin merasa kenyang lebih lama.

3. Selain bermanfaat ketik dimakan, juga bisa dijadikan masker wajah!

Pisang yang sudah terlalu matang jangan dibuang dong. Kamu bisa jadikan itu sebagai masker yang bisa mencegah jerawat timbul, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering lho. Pisang memiliki kandungan vitamin C, antioksidan yang penting dalam pembentukan kolagen dan mecegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Dan masih banyak lagi manfaat pisang lainnya yang dijamin bikin kamu tambah hobi deh makan buah kuning satu ini.

Setelah bahas manfaatnya, sekarang kita masuk ke resep bikinnya yuk. Siapa tahu di rumahmu lagi banyak pisang? Dijadiin cake aja deh…

Resep Membuat Cake Pisang

Pisang ambon menjadi jenis pisang yang paling mantap kalau diolah jadi makanan seperti ini, jadi untuk resep kali ini kita pakai bahan dasarnya pisang ambon. Bisa juga diganti kok sesuai selera dan pisang yang ada.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 130 gram pisang ambon
  • 130 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 100 ml susu cair
  • 110 gram margarin cair
  • 130 gram gula pasir
  • 4 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 sendok teh SP
  • 1/2 Sendok teh BP
  • 1/4 Sendok teh garam

Cara membuat bolu pisang ambon:

  1. Kocok telur, gula, dan SP menggunakan mixer sampai mengembang. Masukkan pisang, lalu kocok lagi. Masukkan tepung, maizena, garam, vanili bubuk, serta BP. Selanjutnya, masukkan susu lalu kocok.
  2. Matikan mixer, masukkan margarin, aduk lipat hingga menyatu.
  3. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius. Siapkan loyang yang dioles margarin dan terigu, setelah itu tuangkan adonan.
  4. Panggang adonan bolu pisang selama 30 menit. Bisa ditusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kalau sudah matang bisa keluarkan dari oven.
  5. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang. Selesai!

Bagaimana? Mudah bukan? Ayo, bisnis cake pisang aja deh. Udah bahan bakunya gampang, rasanya enak pula. Siapa sih yang mau nolak kelezatan olahan pisang yang satu ini? Nah, kalau bicara soal bisnis, pasti perlu kemasan yang oke dong? Kamu jangan apa adanya aja, tapi harus siapkan kemasan terbaik yang bisa kamu hadirkan, seperti ini misalnya:

Box Kue Window

box kue windowKemasan box sangat dibutuhkan bagi pengusaha bolu atau kue basah ataupun kering. Selain menjaga produk untuk tetap aman dan apik kemasan ini sebagai ajang promosi dari nama produk kamu lho. Kemasan ini berukuran 21 x 11 cm x 5 cm terbuat dari bahan duplex dan laminasi box glossy.

Kamu boleh banget konsultasi kemasan juga sama diKemas.com, bahkan kami bisa kasih gratis desain lho! Ukuran box bisa custom dan bentuk bisa pesan sesuai keinginan kamu. Jadi tunggu apa lagi? diKemas.com memang teman bisnis terbaikmu deh! Oh iya, kalau ada pertanyaan atau uneg-uneg boleh banget tinggalkan di kolom komentar….