Inspirasi Bisnis, Kemasan

Bisnis Bakso Ikan Kekinian, Biar Nggak Ketinggalan Jaman

bakso-ikan-enak

sumber gambar: Unsplash.com/Niko Lienata

Bakso ikan? Hm, kedengarannya belum begitu familiar dihadirkan oleh para penjual bakso. Nah, hal-hal langka seperti ini patut kamu jadikan peluang bisnis. Kapan lagi kamu bisa menemukan peluang dari hal-hal sederhana? Seperti menjadikan daging ikan sebagai bakso. Bakso yang identik dengan daging sapi juga bisa banget berubah bahan baku. Misalnya ya dengan menggantinya jadi daging ikan. Oleh karena ikan terkenal dengan durinya yang sering mengganggu saat makan, nah bakso ikan jadi alternatif makan ikan tanpa perlu ribet mikirin duri. Tinggal masukin mulut, kunyah, telan deh!

Resep Membuat Bakso Ikan Enak Nendang

resep-membuat-bakso-ikan

sumber gambar: Unsplash.com/Edouard Dognin

Nggak ribet sama sekali, kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1/4 ikan (ikannya boleh apa saja, sesuai selera)
  • 1 butir telur
  • Air es secukupnya
  • Bawang putih 7 siung
  • Merica bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa (ayam/sapi sesuai selera)
  • Garam secukupnya

Langkah pembuatan

  1. Campur semua bahan jadi satu kemudian blend (boleh pakai blender sendiri, boleh giling dengan mesin penggiling di rumah maupun di luar)
  2. Siapkan air dalam panci, didihkan. Setelah mendidih masukkan adonan bakso yang telah dibulat-bulat, tunggu sampai mengambang lalu tiriskan.
  3. Bakso ikan kamu sudah selesai

Cara membuat kuah bakso super sederhana

Untuk membuat kuah bakso, biasanya menggunakan tulang sapi untuk membuat kuah lebih kental aroma kaldu sapi yang gurih. Ini bisa disiasati pakai penyedap rasa sih, bisa juga menggunakan tulang apa saja dari berbagai bagian.

Bahan:

  • Tulang kaki sapi besar yang ada sumsumnya
  • Tiga liter air
  • Bawang putih 9 siung (untuk 3 liter)
  • Daun bawang, diambil bagian putihnya (opsional)
  • Batang dan daun seledri (opsional)
  • Kaldu blok secukupnya
  • Pala bubuk setengah sendok teh
  • 1 ruas jahe yang dibakar dan digeprek
  • Lada putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat kuah bakso:

  1. Geprek bawang putih, kemudian cincang kasar.
  2. Panaskan wajan, tuang minyak, tunggu sampai panas. Kalau sudah panas, tumis bawang putih sampai layu.
  3. Didihkan air pada panci besar. Masukkan daun bawang dan seledri, kalau nggak suka rempah ini boleh di skip, nggak harus. Masukkan tulang kaki sapi. Diamkan beberapa saat.
  4. Masukkan bawang putih yang sudah ditumis, jahe yang sudah dibakar dan digeprek, pala, serta kaldu blok secukupnya. Diamkan sambil tunggu sampai mendidih supaya rasa bercampur dengan baik.
  5. Bubuhkan garam dan lada putih secukupnya, jangan lupa untuk mengoreksi rasa.
  6. Kuah bakso mu sudah bisa disajikan bareng bakso ikan tadi deh…

Namanya ikan pasti rasanya enak kan? Nah bagaimana dengan manfaat dari mengonsumsi ikan itu sendiri? Biar makin yakin sama keputusan buat sering-sering makan ikan, berikut ini ada secuil informasi mengenai manfaat makan daging ikan sebagai tambahan pengetahuan untuk kamu.

Manfaat Makan Daging Ikan

Sekarang pun ada gerakan makan ikan lho, betapa ikan memang sangat baik dikonsumsi secara rutin. Lantas, apa saja sih manfaatnya?

1. Membantu pertumbuhan

Mengonsumsi ikan bisa membantu pertumbuhan tulang dan juga otak, terutama pada anak. Jadi, untuk ibu-ibu yang punya anak di rumah, sangat recommended untuk sering dapat asupan ikan. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam ikan memang sangat mendukung dalam pertumbuhan. Tidak jarang kita menemukan suplemen untuk pertumbuhan maupun kecerdasan otak dengan komposisi minyak ikan.

2. Dapat mencegah penyakit jantung

Ikan mengandung protein, vitamin, dan mineral yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga mampu menekan risiko penyakit jantung maupun stroke. Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan yang tinggi kandungan omega 3 seperti sarden, tuna, salmon, bisa menurunkan kadar lemak dalam darah.

3. Menjaga fungsi mata

Terdapat studi yang menemukan bahwa mengonsumsi ikan secara rutin berdampak pada penurunan degenerasi makula pada wanita. Dengan demikian, dapat menjaga fungsi mata karena pertambahan usia.

Well, sudah enak, tinggi manfaat pula. Kapan lagi bisa menjalankan bisnis yang menjanjikan dengan manfaat yang juga baik bagi konsumen? Yuk bisnis bakso ikan aja! Buat kemasannya, kamu bisa gunakan paper bowl.

Mari Kita Kenalan Sama Paper Bowl

Masih belum familiar nih? Ya udah deh kita kasih tahu. Paper bowl itu ya yang lebih kita kenal dengan sebutan mangkok kertas. Salah satu peralatan makan dibikin dari bahan kertas dilapisi dengan bahan anti air dan panas. Pokoknya ini cocok banget buat bisnis kulinermu biar jadi kekinian dan dilirik banyak orang. Soalnya bisa dikasih stiker atau sablon jadi unyu gitu sesuai kebutuhan. Keren nggak sih???

Peluang bisnis kuliner paper bowl

contoh mangkuk kertas yang kemasannya diberi desain

Macam Ukuran Paper Bowl

bisnis kuliner paper bowl

Biar kamu tahu, ini ada beberapa jenis paper bowl yang bisa kamu pilih buat bisnis bakso ikanmu…

1. Paper Bowl 650 ml

Untuk ukuran 650 ml ini cocok banget buat makanan basah atau kering. Kemasan ini juga aman buat nampung makanan panas. Kalau porsinya kecil, bisa pakai paper bowl ini supaya proporsional dengan isinya.

2. Paper Bowl 800 ml

Kemasan ukuran 800 ml ini cocok untuk porsi sedang. Mau makanan kering atau berkuah, paper bowl ukuran 800 ml ini cocok buat konsumen yang gampang kekenyangan.

3. Paper Bowl 1000 ml

Kalau ukuran 1000 ml ini cocok untuk porsi besar. Nah, buat bikin usaha kulinermu makin unik, kamu juga harus mempertimbangkan desain logo kemasan. Terus, desain kemasannya bisa dalam bentu apa aja sih? Kamu bisa pilih mau desainnya disablon atau dalam bentuk stiker.

Oke deh, kalau masih bingung harus pakai paper bowl ukuran berapa. Atau masih bingung gimana bikin desain yang kece buat usahamu, ke diKemas.com aja sini. Kamu tinggal kasih tahu kita jenis usahamu, nanti kita bantu wujudin. Kece nggak tuh? Boleh dateng ke kantor kami juga buat konsultasi kemasan. Kami tunggu kabar baik soal bisnis kamu ya!

Kalau ada pertanyaan atau kritik saran bisa tinggalkan di kolom komentar yaa…