Bincang Bisnis, Inspirasi Bisnis

Calon Enterpreneur Sukses Harus Punya 5 Karakter Ini

enterpreneur-sukses

sumber gambar: Unsplash.com/Mimi Thian

Enterpreneur sukses menjadi salah satu impian orang-orang masa kini. Sekarang, mau jadi enterpreneur memang terasa mudah. Kita dimudahkan dengan adanya internet. Selain itu juga dengan keberadaan media sosial, apa-apa yang serba digital membuat yang tadinya sulit jadi terasa sangat gampang. Bukankah sekarang kita nggak akan kesulitan menemukan pebisnis? Bahkan dari usia muda pun ada! Tentu saja ini membuat banyak yang berlomba-lomba ingin sukses dengan cara berwirausaha.

Kalau kamu merasa jika ingin menjalankan bisnis hanya butuh modal, eits salah besar. Untuk jadi calon enterpreneur sukses kamu juga harus punya 5 karakter ini. Kira-kira kamu sudah punya belum?

Karakter Wajib Yang Perlu Dimiliki Calon Enterpreneur Sukses

Ketika kamu ingin jadi enterpreneur, wawasanmu tentu harus luas, termasuk kamu perlu memiliki karakter-karakter berikut ini:

1. Berkeinginan kuat

berkeinginan-kuat

sumber gambar: Unsplash.com/Campaign Creators

Ini modal yang sangat kamu butuhkan, karena tanpa ini, kamu bisa saja berhenti di tengah jalan. Kalau keinginanmu untuk menjalankan bisnis saja sangat kuat dan begitu besar, mau mendapatkan halangan serta rintangan seperti apapun selama proses tidak akan mengganggumu. Kamu hanya akan fokus pada keinginanmu untuk sukses berbisnis. Percayalah, sebelum melakukan apapun kamu harus mempertebal keinginan dan membulatkan tekad. Apalagi konteksnya adalah dunia bisnis yang mana hambatan dan tantangan sudah menjadi hal lumrah terjadi. Bahkan memang wajib kamu alami karena itu menandakan bisnismu berkembang alias tidak jalan di tempat.

2. Memiliki kepercayaan diri

memiliki-kepercayaan-diri

sumber gambar: Unsplash.com/sean Kong

Percaya diri di sini mengacu pada keyakinan pada kemampuan diri. Karena tanpa mempercayai bahwa diri ini mampu, yang ada kita akan selalu membandingkan dengan orang lain yang menurut kita lebih unggul. Padahal, ketika kita bisa mempercayai diri sendiri mampu melampaui sesuatu, kita sudah memerintahkan otak untuk bisa bekerja sesuai apa yang kita yakini. Dengan demikian, mulai sekarang harus percaya diri ya, tidak boleh minder!

Percaya diri pun menjadi cerminan orang-orang sukses. Dengan memiliki kepercayaan diri pula, seseorang bisa mengatasi kegelisahan dan keraguan dalam dirinya saat menghadapi permasalahan.

3. Harus senantiasa kreatif dan inovatif

kreatif-dan-inovatif

sumber gambar: Unsplash.com/bonneval sebastien

Persaingan di dunia bisnis ketat banget. Kalau tidak memiliki kreativitas dan tidak memiliki inovasi, siap-siaplah jadi orang paling ketinggalan zaman. Selain ketinggalan zaman, kemungkinan kalah saing akan semakin besar. Pasalnya, sekarang apa-apa konsumen menyukai segala sesuatu yang kreatif. Kalau yang sudah mainstrem, banyak pebisnis yang sudah menjalankan. Hal ini tentu menjadi catatan tersendiri bagi para enterpreneur untuk selalu mengasah kreativitas diri. Jangan puas dengan satu pencapaian, teruslah berbenah dan menghadiran sesuatu yang baru.

4. Tidak takut gagal, berani mengambil risiko

be-brave

sumber gambar: Unsplash.com/Joyce McCown

Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin sukses? Semua orang pasti menginginkannya. Fakta di lapangan menunjukkan, banyak lho orang sukses yang terlebih dahulu mengalami kegagalan. Jadi, intinya kalau kamu mau sukses ya jangan takut untuk merasakan kegagalan. Kegagalan itu wajar banget dialami seseorang yang sedang berproses. Dengan merasakan itu, kita jadi tahu bahwa ada sesuatu yang perlu dibenahi.

Yang paling penting saat mengalami kegagalan adalah bangkit lagi. Karena masa antara gagal dan bangkit itu sangat krusial. Jika kamu gagal lalu kamu merasa itu adalah akhir dari perjuanganmu, maka itu benar adalah akhir bagimu. Tapi saat kamu merasakan kegagalan namun masih berani bangkit, kamu adalah juara sejati. Siapa yang tahu di depan ada apa? Supaya tahu ya harus dikejar. Jangan takut gagal deh. Kamu harus berani mengambil risiko karena mau nggak mau, dalam bisnis kita akan selalu berhadapan dengan risiko. Di dunia ini nggak ada yang pasti dan risiko adalah pernak-pernik dari ketidakpastian itu. Teruslah melangkah ya!

5. Harus disiplin dan pantang menyerah

pantang-menyerah-dan-disiplin

sumber gambar: Unsplash.com/Campaign Creators

Kamu harus disiplin karena hanya dengan bersikap disiplin kamu bisa berjalan lurus dan fokus. Kalau tidak disiplin, yang ada kamu akan berleha-leha dan tidak memperhatikan waktu. Waktu adalah emas sangat berlaku bagi para pebisnis. Disiplin di sini dalam berbagai hal ya, jangan setengah-setengah. Nah, kalau kamu sudah disiplin tinggi, selajutnya harus pantang menyerah ya! Menyerah itu hanya untuk orang-orang lemah yang tidak percaya diri.

Nah, itu dia karakter-karakter yang wajib banget dimiliki oleh enterpreneur sukses. Dari lima poin di atas, karakter mana aja nih yang sudah ada pada dirimu? Dan menurutmu mana yang paling sulit untuk untuk diterapkan dan alasannya apa nih? Share yuk di kolom komentar!