Cara Cepat Meningkatkan Promosi Jualan di Instagram

Kalian jualan di instagram? Sudah coba cara cepat meningkatkan promosi jualan di instagram ini belum? Kalo belum yuk cek bagaimana tipsnya. Instagram kini fungsinya tak hanya digunakan untuk bermain dan membagikan foto pribadi saja. Sudah sejak lama instagram banyak yang menggunakannya untuk kepentingan berjualan. Instagram ini dinilai cukup efektif untuk mempromosikan produk. Sudah banyak para olshop yang berhasil sukses berkat menggunakan instagram sebagai andalan dalam mempromosikan produknya. Tak tanggung – tanggung bahkan olshop yang kini telah besar namanya bisa dikatakan berkualitas.

Banyak followers dan berhasil membangun interaksi dengan akun besar di instagram. Untuk meningkatkan promosi jualan di instagram kalian bisa menggunakan cara apapun itu. Namun yang perlu diingat adalah kalian harus berhati – hati dalam meningkatkan promosi tersebut. Jika asal – asalan maka yang terjadi olshop yang kalian bangun perlahan akan terjatuh. Untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan tersebut kalian perlu mempelajari bagaimana cara meningkatkan promosi jualan di instagram dengan benar dan cepat.

Beberapa Cara Meningkatkan Promosi di Instagram

Informasi Akun Instagram Detail

Cara yang bisa kalian gunakan pertama adalah dengan melengkapi informasi pada akun isntagram kalian. Mulai dari profil picture, biodata, dan sertakan keterangan dan link website maupun marletplace kalian. Dengan adanya detail informasi yang kalian cantumkan maka akan membangun kepercayaan dengan para calon konsumen jika akun olshop kalian benar – benar real.

Menentukan Tema Konten

Lalu bagaimana cara membuat akun isntagram kalian menjadi lebih menarik? Nah untuk menambah followers baru dan membuat para followers lama tetap bertahan dan tidak bosan. Maka perlu adanya perubahan dan penyegaran. Salah satu caranya dengan menentukan tema konten pada akun instagrammu. Jika kalian berjualan produk makanan maka bukan berarti kamu harus selalu posting produk. Cobalah untuk memberikan manfaat pada para pembaca dengan membagikan quote, video lucu yang menghibur, tips dan trik, dan lain sebagainya.

Lakukan Promosi Secara Konsisten dan Rutin

Usahakan untuk selalu update konten terbaru setiap harinya secara rutin agar para followers kalian selalu bisa menikmati konten yang disajikan. Dengan rajin update setiap harinya pula maka akunmu akan sering muncul di baranda followers.

Semakin konten kalian menarik maka juga akan menghibur dan lama kelamaan followers akan semakin tertarik dengan produkmu. Bahkan dengan adanya interaksi dan komunikasi yang berkala, tanya jawab dan lain sebagainya maka followers merasa bahwa kalian selalu ada dan akan membangun komunikasi yang baik.

Bubuhkan Hastag

Pentingnya hastag dalam setiap postingan maka dapat membantu kontenmu dikenal secara luas. Selain itu bisa mengelompokkan dalam kategori – kategori yang terdapat pada seluruh postingan instgaram. Bahkan jika kalian membubuhkan hastag yang berhubungan dengan macanegara maka bukan tak mungkin postinganmu bisa menjangkau tak hanya dalam negeri tapi juga luar negeri.

Bubuhkan Link Webstie atau Marketplace

Biasanya ketika kalian memposting sebuah video maupun foto tentu ada caption yang berisi informasi lengkap mengenai detail produk maupun sebuah kata pengantar pada sebauh konten tertentu. Nah selain menaruh link pada kolom bio instagram kalian juga bisa membubuhkan link untuk melemparkan ke website atau marketplace kalian pada caption.

Cara tersebut digunakan untuk menarik para followers untuk mengunjungi website atau marketplace milikmu. Namun untuk menambahkan link pada caption instagram biasanya tidak begitu saja langsung bisa diklik. Untuk memudahkan para followers untuk membuka link maka kalian bisa menggunakan aku bitly dan mencustomizenya. Dengan begitu link tersebut sudah aktif dan bisa digunakan.

Memberikan Promo Atau Give Away Bersyarat

Salah satu cara yang sekarang ini banyak digunakan adalah dengan memberikan promo diskon atau give away namun dengan beberapa syarat. Salah satunya adalah dengan love beberapa postingan, wajib follow dan juga bisa merepost gambar maupun video produk kalian.

Melakukan Sistem Produk Terbatas

Untuk menarik para calon konsumen salah satu cara yang bisa kalian gunakan adalah dengan menerapkan sistem produk terbatas. Maksud dari produk terbatas yakni dengan setiap kali kalian posting produk maka bubuhkan jika stok hanya terbatas atau limited edition. Dengan begitu maka konsumen akan berbodong – bondong membeli agar tidak kehabisan stok dan takut jika produk sudah tidak diproduksi lagi.

Cara ini pernah dilakukan oleh sebuah media cetak dan kenyatanya penjualan berhasil melonjak. Jika perlu kalian juga bisa memberikan promosi diskon pre order hanya untuk para followers dengan komentar terbanyak di akun olshopmu, atau bisa memberikan promosi tersebut untuk beberapa followers yang beruntung.

Menggunakan Jasa Endorsement

Cara yang satu ini sudah tidak asing lagi dan sangat lazim bagi beberapa olshop. Banyak yang menggunakan jasa ini untuk membantu memperkenalkan produk mereka. Tentunya tidak sembarangan mengajak kerjasama partner, perlu adanya pertimbangan. Untuk yang pertama pastikan jika partner yang diajak kerjasama memiliki jumlah followers yang banyak, pandai dalam berkomunikasi, sudah terbiasa dengan pekerjaan tersebut dan memiliki interaksi yang baik dengan para followersnya.

Hal ini bisa dilihat dari postingan dan komentar disetiap postinganya. Semakin cakap maka akan semakin besar pula kemungkinan promosi kalian berhasil. Mengajak kerjasama endorsement ini tentunya harus saling menguntungkan yakni influbcer mendapat keuntungan dengan komisi dalam jumlah tertentu. Sedangkan olshop mendapat timbal balik dan dengan berhasilnya promosi. Untuk lebih amannya ajaklah kerjasama tokoh yang berpengaruh maupun orang yang dikenal oleh para masyarakat misalnya dengan mengandeng youtuber, dsb.

Paid Promote

Tidak jauh berbeda dengan jasa endrosement, cara yang satu ini biasanya dilakukan oleh akun – akun ig yang membuka jasa paid promote. Akun – akun tersebut khusus memberikan ruang untuk melakukan promosi pada instagram mereka. Dengan sistem memberikan komisi dalam jumlah tertentu yang telah disepakati seperti sistem endrosement maka akun tersebut akan mempromosikan lewat postingan feed maupun story mereka. Nah dan biasanya akun – akun ini adalah akun non bisnis.

Nah beberapa cara diatas cukup cepat meningkatkan promosi penjualan di instagram. Untuk yang belum menjajal cara ini bisa kalian segera kalian terapkan pada sistem strategi pemasaran kalian. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil, salam sukses ^^.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba