Begini Cara Memasang Google Analytic Untuk Bisnis

Begini cara memasang Google Analytic untuk bisnis. Kehadiran platform yang satu ini tentu sangat membantu dan memudahkan bagi para pebisnis. Manfaatnya adalah untuk menganalisis umur dan mengetahui jumlah pengunjung. Dengan penggunaan perangkat ini maka akan diketahui report atau laporan tiap hari, minggu bulan bahkan tahun tentang trafik website. 

Google Analytic adalah sebuah aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengukur kinerja bisnis secara online. Dengan adanya laporan dan mengukur kinerja bisnis maka perusahaan akan dapat mengevaluasi dan memperbaiki apa yang kurang.

Terkhusus para pebisnis yang memiliki website memiliki google analytics ini merupakan hal yang cukup penting dan wajib. Dengan memiliki akun google dan memiliki google analytics maka akan mempermudah dalam proses memantau dan mengecek trafik website. Beginilah cara memasang Google Analytic untuk website para pebisnis :

Buat Akun Google Analytic

Pertama masuk pada halaman utama Google Analytic lalu klik tombol sign in yang berada pada bagian atas halaman, kemudian pilih Google Analytic.

Kedua masukkan alamat gmail kamu, apabila belum memiliki maka silahkan daftar terlebih dulu dengan memilih create account.

Selanjutnya masukkan password dan klik tombol sign in atau enter.

Kemudian klik sign up untuk menuju tahapan selanjutnya.

Ketika kamu akan membuat akun baru pada Google Analytic maka kamu perlu memasukkan beberapa informasi dalam kolom. Lalu masukkan data yang diminta seperti account name, website name, website url, industry category, reporting time zone. Lalu klik tombol get tracking ID.

Tambahkan Google Analytic Ke Blog WordPress

Beginilah cara install plugin dan memasukkan tracking code Google Analytic.

Login ke dashboard wordpress dan install plugin Google Analytic. Pilih menu plugins > add new, lalu pada kolom pencarian ketik Google Analytic dan install plugin by share this.

Setelah selesai maka plugin aktifkan, kemudian masuk ke menu setting > Google Analytic

Lalu paste code Analytic ke kolom web property ID dan klik tombol save changes.

Nah sekarang tracking code sudah berhasil ditambah ke blog wordpress. Biasanya laporan dari Google Analytic akan tampil dalam waktu 12 – 24 jam dan detailnya bisa dilihat di tab reporting.

Demikian adalah bagaimana cara memasang Google Analytic pada website. Tentunya sangat mudah bukan? Sekarang saatnya kamu mencoba. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Selanjutnya kita akan membahas apa saja manfaat dari Google Analytic untuk bisnis.

Google Analytic ini adalah aplikasi yang disediakan oleh google secara gratis. Kinerjanya untuk mengukur perkembangan bisnis secara online. Dengan adanya perangkat lunak ini tentunya memudahkan bagi para pebisnis untuk memantau pengunjung website yang dimilikinya. Beginilah manfaat dari Google Analytic untuk bisnis.

Manfaat Google Analytic Untuk Bisnis

Memantau Visitor

Dengan menggunakan Google Analytic ini maka kamu akan mengetahui dari mana visitor berasal. Maka dari sana kamu akan dapat menentukan strategi untuk mengembangkan bisnis. Selain itu kamu juga bisa mengetahui informasi bagaimana karakteristik visitor seperti, jenis kelamin, umur, lama berkunjung, demografi pengunjung.

Mengetahui Konten Paling Populer

Konten adalah hal paling penting dalam sebuah website, apabila semakin menarik sebuah konten maka akan semakin banyak yang berkunjung. Dengan mengetahui konten yang menarik maka bisa menjadi acuan untuk membuat konten dan memasang strategi untuk mengembangkan konten website.

Optimasi Kata Kunci

Google Analytic memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan kata kunci apa yang sering dicari orang. Salah satu yang menjadi tolok ukur dari optimasi SEO website.

Mengetahui Pengunjung Menemukan website

Selain kata kunci yang dioptimalkan, dari Google Analytic ini kamu juga bisa menemukan kata kunci lain yang dicari oleh para pengunjung untuk menemukan website kamu.

Mengetahui Halaman Sering Diklik

Dengan Google Analytic maka kamu akan memiliki kapasitas untuk mengetahui halaman dan tautan terpopuler dan mengukur pengoptimalan kampanye yang menunjuk pada lintasan halaman yang tepat.

Memperbaiki Situs Web

Dengan menggunakan Google Analytic ini maka kamu akan mengetahui dan memantau laporan data pengunjung, konten populer dsb untuk laporan harian, mingguan bulanan hingga tahunan. Maka dengan begitu kamu akan memiliki kapasitas untuk memperbaiki situs website kamu. Entah memperbaiki kesalahan dan menambahkan apa yang kurang. Tentunya ini akan membantu mengantarkan websitemu pada perubahan yang lebih baik.

Sekian pembahasan kita mengenai bagaimana cara memasang Google Analytic dan apa saja manfaatnya dalam berbisnis. Semoga informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan tentang Google Analytic untuk meningkatkan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba