Cara Memulai Bisnis Kebaya Wisuda Biar Laris dan Viral

kebaya-kekinian
sumber gambar: GandengTangan

Perkembangan fashion saat ini menuntut kamu yang ingin terjun ke bisnis fashion harus selalu up to date agar tidak ketinggalan zaman. Ngomongin soal fashion, kalau wisuda kan juga setiap orang khususnya cewek ingin tampil fashionable ya? Ini peluang bisnis bagi kamu juga lho.

Apalagi kamu yang punya ketertarikan di bidang fashion, pasti suka banget dong berbisnis yang bisa sekaligus membantu. Kamu jadi bisa bantu memenuhi kebutuhan orang yang merayakan hari bersejarah dalam hidupnya seperti wisuda. Selain bisa meraih keuntungan juga bisa nambah pahala kan.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu ambil jika ingin memulai bisnis kebaya wisuda

Wisuda identik sama kebaya. Sekarang kebaya modern sudah sangat banyak pilihan model dan warnanya. Konsumen tinggal pilih yang sesuai dengan selera dan situasi mereka. Desain kebaya yang sudah disesuaikan dengan tren masa kini membuatnya banyak dicari lho. Apalagi kalau kamu punya strategi yang bagus buat melambungkan bisnismu.

Kalau begitu, mari sama-sama kita simak langkahnya.

1. Cari sumber kebayamu

contoh-kebaya-dengan-jilbab
sumber gambar: Bukalapak

Kamu bisa memilih di antara dua pilihan ini: cari supplier atau buat kebayamu sendiri. Untuk opsi kedua jika memang kamu ahli dalam menjahit, tapi kalau tidak sebaiknya ya cari supplier saja. Kamu perlu banyak riset juga mana yang bisa memberikanmu stok kebaya yang sesuai trend masa kini, harganya terjangkau, tapi kualitasnya tetap jadi yang nomor satu.

Nah, kalau kamu memang bisa menjahit dan ingin bisnis kebaya, tinggal sesuaikan saja dengan permintaan konsumen. Kalau begini kamu juga jadi lebih mudah dalam memantau kualitas kebayamu. Kamu juga bisa memilih sendiri kain yang terbaik dengan harga terbaik pula. Tinggal sesuaikan dengan kemampuanmu saja, mau cari supplier atau jahit sendiri.

Jangan lupa, kalau konsumen selalu ada yang berhijab dan yang tidak. Kalau sasaranmu umum, kamu perlu menyediakan dua jenis kebaya untuk yang berjilbab dan yang tidak ya.

2. Mulai pajang sample kebaya yang kamu sediakan

katalog-kebaya
sumber gambar: Tribun Timur

Kalau kamu sudah menemukan kebaya yang hendak ditawarkan pada konsumen, maka pemanfaatan media sosial sangat penting. Oh iya, kamu bisa melakukan launching bisnis kebaya wisudamu lho. Bisa dengan menghadirkan feed Instagram ciamik atau sertakan juga trailer video kebayamu. Kalau kamu bisa menyuguhkan cuplikan yang menarik pasti banyak yang akan penasaran dan langsung menghubungimu untuk menanyakan lebih lanjut.

Oh iya, saat mendisplay kebaya, sebaiknya sekalian berikan detail terkait bahan dan harga sewanya. Dengan begitu akan lebih memudahkan konsumen untuk memilih berdasaran katalog online yang kamu hadirkan. Sebagai tips nih biar banyak yang nge-DM, mungkin harga bisa kamu sembunyikan dulu supaya calon konsumen ada inisiatif buat bertanya langsung ke kamu. Dengan begitu, bisa terjadi tawar-menawar secara langsung. Itu sangat memungkinkan kamu membujuk konsumen dengan sebaik-baiknya hingga akhirnya mereka mau menyewa kebaya wisuda di tempatmu.

Selain media sosial, ada baiknya kamu juga turut merintis website. Itu pun nantinya sebagai sarana promosi. Kamu bisa mengisi website itu misalnya dengan info seputar fashion yang nggak hanya soal kebaya, tapi ada banyak pilihan.

3. Tawarkan kepada calon konsumen

promosikan-produk
sumber gambar: Unsplash.com/Mimi Thian

Kalau kamu sudah menyiapkan semuanya seperti kebaya dan katalog, kamu jangan lupa untuk menawarkan pada calon konsumen potensial. Atau kamu juga bisa memulai dengan menawarkan pada kenalanmu yang mungkin akan wisuda dan butuh kebaya. Biasanya memang merintis bisnis dilarisi terlebih dahulu oleh orang terdekat kan? Nanti kalau hasilnya bagus, bisnismu bisa dipromosikan juga. Dengan demikian, info terkait eksistensi bisnismu bisa semakin meluas.

Kamu juga jangan sungkan untuk meminta bantuan pada teman-teman dekatmu untuk mempromosikan bisnis kebaya wisuda milikmu. Sebaiknya kamu juga memberikan sample gratis supaya sudah dapat review produk sejak awal bisnismu berjalan. Dengan demikian, calon konsumen akan semakin yakin sama kualitas kebayamu.

4. Jaga tampilan kebayamu dengan pengemasan yang baik

pengemasan-yang-baik
sumber gambar: Unsplash.com/freestocks.org

Produk apalagi fashion sangat bergantung pada kesan pertama. Seseorang akan tertarik mengenakan produk fashion kalau menurutnya itu memang bagus dan cocok ia kenakan. Nah, suatu produk akan bertambah nilainya apabila dikemas dengan baik. Jangan sampai kebayamu yang udah oke banget cuman kamu bungkus pakai plastik kresek yang biasanya buat mewadahi gorengan. Big no!

Ada banyak pilihan kemasan untuk membungkus kebayamu kok, ini nih contohnya:

1.) Kemasan Paper Bag Sablon 1 Warna
Kemasan Paper Bag Sablon 1 Warna

Jenis Kemasan produk fashion saat ini sangat beragam, mulai dari kantong plastik, box, tas furing dan juga tas kertas. Belakangan ini kemasan paper bag juga banyak diminati para produsen fashion dan para pelaku bisnis fashion.

2.) Kemasan Fashion Alu Paper Printing
plastik-baju-kantong-alufoil
Berbagai jenis produk kemasan fashion yang beredar d ipasaran saat ini banyak sekali, mulai dari kantong plastik, box, tas furing, dan tas kertas. Kemasan fashion alu paper printing kini hadir memberikan nuansa mewah dan berkelas yang akan menambah nilai jual produk fashion. Printing brand kita pada kemasan alu paper ini juga akan menjadikan produk kita lebih dikenal di dunia fahion.
Masih banyak lagi inspirasi kemasan lainnya yang bisa kamu akses di sini, sesuaikan dengan kebutuhanmu saja.

Bagaimana? Kamu sudah siap memulai bisnis kebaya wisuda kekinian? Sudah siap jadi pebisnis yang viral?

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba