Coffee Shop Kekinian Ini Tawarkan Sajian Unik Nusantara!

Coffee shop kekinian jadi salah satu tempat favorit untuk banyak orang. Mulai dari anak-anak muda sampai keluarga. Kegiatan yang dilakukan juga banyak, nggak cuma nongkrong sambil cari koneksi internet. Tapi memang dijadikan tempat untuk menikmati waktu mulai dari cari inspirasi, me time, atau pun quality time dengan orang-orang terdekat dan keluarga. Bahkan dijadiin tempat buat spot foto yang instagramable. Dulu kopi itu dikenal sebagai minumannya orang tua dengan ciri khas citarasa pahit ditemani berbagai macam gorengan mulai dari singkong sampai pisang. Warung-warung kopi zaman dulu juga identik dengan kesederhanaan mulai dari sajian menu, tempat, dan harganya yang memang terjangkau untuk masyarakat secara umum.

Tren Coffee Shop Kekinian

Tapi kalau kita lihat sekarang, ngopi itu sudah menjadi tren di kalangan anak-anak muda. Tren kopi ini mulai naik sejak banyaknya coffee shop kekinian yang bermunculan dengan menyasar segmen kalangan anak muda. Bisa dikatakan bisnis kopi di Indonesia ini termasuk dalam bisnis Food & Beverages yang diperkirakan jumlahnya semakin bertambah. Hal ini bisa kita amati dari makin banyaknya bisnis kopi yang berkembang menjadi waralaba. Bahkan coffee shop di suatu wilayah bisa menciptakan value untuk menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh para pelancong yang sedang berlibur ke wilayah tersebut.

Tingginya popularitas kopi di berbagai kalangan pada akhirnya membuat banyak pebisnis ikutan nyemplung di lini bisnis kopi dengan bikin kedai kekinian. Kita bisa melihat berbagai jenis kopi dengan citarasa dan namanya yang unik serta menarik sekarang tersebar di mana-mana. Nggak cuma di kota besar seperti Jakarta atau pun kota lainnya coffee shop kekinian juga sudah menjamur di semua wilayah. Bahkan dalam satu komplek bisa dikatakan ada lebih dari satu coffee shop kekinian. Fakta ini menjadikan minum kopi bukan lagi menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi sudah menjadi sebuah gaya hidup yang tidak terpisahkan.

Coba kita amati ketika mengunjungi sebuah coffee shop dan lihat siapa saja yang duduk di dalamnya. Umumnya, kita akan menemukan pelajar atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kelompok bersama. Ada juga yang sendirian dan asyik sendiri dengan gadget atau laptopnya. Ada juga yang mengadakan meeting informal dengan sesam rekan kerja. Tapi tidak jarang juga kita akan temukan orang-orang yang berkumpul dengan keluarga atau pun dengan temannya. Ngopi, sekarang sudah menjadi sebuah gaya hidup atau budaya anak muda, atau lebih kita kenal sebagai generasi millennial. Buat mereka yang bisa melihat peluang ini berikut target marketnya yang cukup luas, meraup untung berlipat dari memulai bisnis kopi bukanlah mimpi di siang bolong.

Peluang Bisnis Coffee Shop Kekinian

Kalau kita bicara soal peluang bisnis coffee shop kekinian pastinya masih menjanjikan. Meski pemainnya sudah banyak bahkan persaingannya akan terus meningkat dan makin kompetitif. Tapi pasarnya juga masih sangat luas. Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika ingin mengambil peluang bisnis di dunia perkopian ini adalah dengan menciptakan value dan keunikan tersendiri yang belum dimiliki oleh kedai kopi yang sudah ada. Ada pernyataan kalau mau berbisnis itu jadilah yang pertama, kalau tidak bisa jadilah yang kedua, kalau masih belum bisa maka jadilah yang beda.

Dalam hal ini menjadi beda merupakan modal utama yang harus dimiliki untuk mengembangkan bisnis coffee shop kekinian. Begitu juga dengan Kayonna Coffee & Pastry, salah satu dari sekian banyak coffee shop kekinian di Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Kaliurang Kilometer 5 Sleman Yogyakarta Kayonna Coffee & Pastry hadir dengan nuansa kedai kopi yang beda. Kalau biasanya kedai kopi kekinian khas dengan sajian westren dan tempatnya yang instagramable, Kayonna Coffee & Pastry justru menjadikan sajian lokal Nusantara sebagai ciri khasnya. Meski baru berjalan kurang lebih satu bulan, Kayonna Coffee & Pastry yakin dengan value yang ditawarkan untuk menghadirkan pilihan baru bagi para pencinta kuliner terutama pecinta kopi.

“Kalau kita lihat kedai kopi kekinian ini kan kebanyakan akan menjadikan menu-menu westren sebagai andalannya ya. Baik itu dari sajian kopinya sampai pastry atau hidangan pendampingnya. Tapi di sini mau jadiin sajian lokal nusantara sebagai signature kita dengan pilihan menu western juga ada. Mulai dari beverages yang kita tawarkan dan juga pastry sesuai nama kafe kita Kayonna Coffee & Pastry,” jelas Aan selaku Operasional Manajer.

Strategi Bisnis Kedai Kopi Kekinian

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti perlu yang namanya strategi. Begitu juga dengan Kayonna Coffee & Pastry yang sudah berjalan kurang lebih satu bulan sebagai kedai kopi kekinian yang siap meramaikan kompetisi bisnis perkopian. Strategi bisnis yang menjadi unggulan Kayonna Coffee & Pastry adalah dengan menghadirkan sajian nusantara untuk menu kopi dan pastry. Mulai dari kopi cendol, kopi dawet, sampai kopi mutiara. Untuk sajian pastry yang ditawarkan juga tidak kalah menarik. Ada berbagai cake yang diadaptasi dari sajian kue-kue tradisional khas Nusantara. Ada cake klepon, cake kolak, cake nastar, bahkan cake es teler.

Sebelum menjadi Kayonna Coffee & Pastry kedai kopi kekinian yang satu ini ternyata merupakan usaha bakery rumahan yang memang kualitas kuenya sudah tidak diragukan lagi. Jadi selain menjual produk-produknya di outletnya sendiri, banyak juga pesanan dari hotel atau outlet lain untuk memesan aneka menu bakery yang ditawarkan. Mulai dari keperluan Coffee Break sampai keperluan Event besar.

“Kita berani mulai bisnis ini di masa pandemi karena kita udah kuatin di value menu-menu yang ditawarkan. Dari segi harga juga terjangkau jadi bisa menyasar semua kalangan. Kita pengen bisa survive sama bahan lokal mulai dari kopinya atau untuk sajian kuenya, pokoknya Indonesia banget. Awalnya memang bakery rumahan dan kue itu kan paling pas memang ketemunya sama kopi. Jadi akhirnya kita kembangin jadi coffee and pastry,” tambah Aan.

Untuk strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Mulai dari instagram ads, endorse ke selebgram, dan juga memanfaatkan influencer baik itu mikro mau pun makro. Selain itu dibuat juga promo menarik dengan melibatkan secara langsung pelanggan yang datang. Seperti kontes instagram storu dengan menandai akun instagram Kayonna Coffee & Pastry. Tidak hanya berfokus pada pemasaran digital, Kayonna Coffee & Pastry juga melakukan strategi konvensional door to door. Tujuannya untuk lebih banyak menarik mitra untuk produk-produk kue yang dihasilkan.

Tips Bisnis

Sebelum memutuskan untuk buka kedai kopi kekinian pastinya dibutuhkan riset dan juga persiapan yang matang. Seperti Kayonna Coffee & Pastry yang sudah melakukan riset dan juga persiapan bisnis yang matang sebelum akhirnya berani memulainya di masa pandemi covid19 seperti ini. Selain punya value kuat pada menu-menu yang ditawarkan, Kayonna Coffee & Pastry juga memperhitungkan pada pemilihan lokasi coffee shop yang strategis.

“Kalau dari segi lokasi pastinya kita sudah riset mana yang strategis dan budgetnya juga cocok. Tapi sebenernya kalo mau terjun ke bisnis kuncinya itu action. Bisa dibilang yang punya ide itu banyak banget, tapi yang berani buat action itu nggak banyak. Makanya kita mau jadi bagian yang berani buat action atas ide-ide yang udah kita susun,” tutup Aan.

Itulah kisah bisnis dari Kayonna Coffee & Pastry yang semoga bisa menjadi inspirasi untuk kamu dalam menjalankan bisnis. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis.

Ikuti terus kisah menarik dari perjalanan para pelaku bisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba