Manfaat Google My Business Untuk Usaha yang Baru Dirintis!

Manfaat google my business pada dasarnya ada banyak. Terutama untuk marketing atau pemasaran sebuah bisnis dan usaha. Saat ini makin banyak tools digital yang bisa mendukung kegiatan bisnis baik itu skala besar maupun kecil. Seperti halnya GMB atau google my business yang muncul di pertengahan tahun 2014. Salah satu produk dari Google yang dirancang untuk memudahkan bisnis lokal serta merek nasional untuk ditemukan di Google.

Kehadiran Google My Business

Kemunculan GMB ini merupakan perubahan besar dari daftar sponsor dan daftar direktori di Google pada masa sebelumnya. Manfaat google my business ini memungkinkan pemilik bisnis mendapatkan visibilitas yang mereka butuhkan di Google dengan cara mudah mudah dikelola. Sebab kalau kita lihat sekarang ini sebagian besar pengguna internet akan memulai pencarian informasi mengenai berbagai hal atau topik melalui Google. Begitu juga saat mencari informasi mengenai suatu produk, jasa ataupun layanan bisnis dan usaha itu sendiri.

Maka dari itu manfaat google my business tentunya punya dampak yang sangat positif untuk usaha atau bisnis yang kamu jalankan, apalagi untuk usaha atau bisnis yang baru dirintis. GMB memberikan kamu kemampuan untuk dapat mencantumkan lokasi bisnis kamu di Google Maps dan hasil penelusuran Google. Kamu bisa menampilkan informasi penting seputar bisnis yang kamu jalankan, termasuk jam buka atau tutup, detail kontak, atau tautan ke situs web atau laman lainnya.

Kalau bisnis yang kamu jalankan merupakan online based business dan tidak memiliki offline store, maka kamu bisa memanfaatkan GMB untuk pemasaran online supaya traffict ke toko online kamu semakin meningkat. Tapi manfaat google my business untuk toko offline juga tidak kalah penting untuk meningkatkan rasa percaya calon pelanggan terhadap produk atau bisnis yang kamu jalankan.

Manfaat Google My Business Untuk Usaha yang Baru Dirintis!

Manfaat Google My Business

Berkat perkembangan teknologi yang masif, sekarang ini para pelaku usaha bisa lebih cepat dan mudah untuk mempromosikan produk atau layanan yang dimiliki. Menurut Search Engine Watch, ada sekitar 50% orang yang menggunakan ponsel untuk pencarian kemudian berakhir mengunjungi sebuah situs bisnis. Sekarang hampir semua orang menggunakan ponsel pintar dan pastinya potensi penjualan yang bisa didapatkan melalui pencarian organik dan GMB akan sangat menjanjikan.

Membuat, memverifikasi, dan mengoptimalkan akun GMB dengan benar adalah sebuah peluang yang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Itulah kenapa kamu harus memanfaatkan fitur ini secara maksimal. Berikut ini manfaat google my business untuk usaha yang kamu rintis.

1. Memunculkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Pernahkan kamu memperhatikan daftar nama bisnis yang muncul tepat di atas halaman pada saat mencari sebuah tempat di Google? Itulah yang disebut dengan local pack. Local pack menempati lokasi yang sangat strategis di halaman pertama hasil penelusuran Google. Ini adalah hal pertama yang akan dilihat pengguna Google setelah mereka mengetikkan sebuah kalimat. Hal ini memungkinkan pengguna internet untuk bisa melihat informasi yang mereka butuhkan secara sekilas.

Local pack adalah sebuah Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP) yang menampilkan tempat-tempat terkait dengan pencarian tersebut. Selain itu, local pack juga mencakup sekumpulan informasi relevan lainnya yang mungkin ingin diakses oleh setiap calon pelanggan. Seperti di mana letak lokasi bisnis, nomor kontak bisnis (jika calon pelanggan memiliki pertanyaan tambahan atau ingin membuat reservasi), jam buka toko, dan bahkan memberikan rating. Ini adalah sebuah fitur yang bermanfaat untuk bisnis yang kamu jalankan dan juga calon pelanggan. Tentunya manfaat dari google my business yang satu ini akan sangat berguna untuk meningkatkan trust calon pelanggan terhadap bisnis kamu.

2. Manfaat Google My Business : Menampilkan Review Pelanggan

Seseorang tidak boleh meremehkan review dari pelanggan, terutama dalam peringkat pencarian di Google. Studi lain yang dilakukan oleh situs Moz menunjukkan bahwa review online dianggap membentuk 10% dari bagaimana mesin pencari memberikan peringkat di halaman pencarian. Maka dari itu kalau bisnis kamu ingin terlihat di hasil pencarian google, kamu perlu menggunakan GMB untuk memudahkan pelanggan sehingga mereka dapat meninggalkan umpan balik yang positif tentang pengalaman mereka berkaitan dengan bisnis yang kamu jalankan. Banyak orang yang mengandalkan review terhadap suatu produk sebelum membuat keputusan untuk membelli.

Kebanyakan calon pelanggan akan terpengaruh review online. Hal itu dapat terjadi karena sebuah teks review menjadi bukti nyata dari konsumen yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk. Banyak orang yang senang memeriksa terlebih dahulu review pelanggan sebelum memilih produk. Review positif tidak hanya meningkatkan peringkat di halaman pencarian, tetapi juga berfungsi sebagai iklan gratis dan dapat diandalkan. Calon pelanggan yang percaya dengan review online sama seperti mereka mempercayai rekomendasi pribadi.

Semakin banyak review yang positif, semakin besar juga keputusan pembelian diambil oleh calon pelanggan. Mendapatkan review positif itu penting, tetapi ingatlah bahwa sebuah bisnis terbaik pun pasti bisa mendapatkan review negatif. Jangan menerima kritik secara pribadi, justu gunakan untuk bisa meningkatkan bisnis kamu. Ulasan negatif, kalau digunakan dengan benar dapat memberikan informasi yang berguna untuk mendorong kemajuan bisnis kamu.

3. Mendapatkan Insight Bisnis

Manfaat google my business tidak hanya hanya digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan, tetapi juga membantu kamu memahami pasar. GMB hadir dengan fitur canggih yang dapat membantu kamu dalam membuat strategi dan mengambil keputusan. Alat ini memungkinkan kamu untuk bisa mengakses statistik yang dapat membantu menentukan dari mana pelanggan kamu berasal. GMB dapat menunjukkan jumlah viewer yang diperoleh dari profil bisnis, foto produk dengan kemasan menarik, dan unggahan lainnya. Hal ini menjadi penting untuk mengevaluasi keefektifan pemasaran yang telah dilakukan apakah bekerja dengan baik atau tidak.

Goole My Business juga memberikan laporan tempat kamu bisa mempelajari dan memahami bagaimana konsumen menemukan bisnis kamu, sehingga menunjukkan bagaimana orang bisa mencari dengan menggunakan keyword tertentu. Mengetahui keyword apa yang relevan dengan visibilitas online yang dapat membantu meningkatkan trafik secara signifikan. GMB dapat menunjukkan bagaimana pelanggan dapat berinteraksi dengan unggahan kamu. Ini memungkinkan kamu untuk bisa melihat unggahan apa yang mereka bagikan serta jenis komentar apa yang mereka tinggalkan.

Selain itu, GMB memiliki bagian di mana kamu bisa menemukan ringkasan profil orang yang mengikuti kamu di internet. Kamu bisa melihat kelompok usia, jenis kelamin, dan juga lokasi asal mereka ketika mengunjungi profil GMB kamu. GMB juga dapat menunjukkan jumlah klik pada link situs web kamu.

4. Gratis dan Mudah Digunakan

Alat bantu ini gratis dan mudah untuk digunakan, bahkan untuk kamu sebagai pemula. Membuat dan memverifikasi profil GMB dapat dilakukan dalam waktu hitungan jam. GMB memiliki fitur yang hebat untuk membantu kamu menganalisis performa situs sehingga kamu bisa menemukan cara untuk meningkatkan peringkat bisnis kamu di pencarian.

Manfaat google my business memudahkan para pemula dan bisnis lokal untuk mempromosikan produk dan layan yang dimiliki secara online sehingga dapat meningkatkan visibilitas dan peluang untuk muncul di hasil pencarian teratas Google. GMB juga dapat membantu calon pelanggan untuk dengan cepat menemukan dan terhubung dengan bisnis kamu. Ini adalah alat yang gratis digunakan untuk meningkatkan kehadiran bisnis kamu secara online, terhubung dengan pelanggan, dan tentunya mendongkrak penjualan.

Itulah beberapa manfaat google my business untuk mengembangkan usaha atau bisnis yang kamu jalankan. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu makin #NaikKelas ya! Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Ikuti terus artikel menarik seputar strategi pemasaran lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment