Creative Entrepreneurship on Net: be the Great Young Entrepreneur

Seminar Nasional TechnopreneurshipPada hari Sabtu (8/12), UKM RIPTEK Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan acara Seminar Nasional Technopreneurship yang bertajuk Creative Entrepreneurship on Net: be the Great Young Entrepreneur”. Seminar yang berlangsung di Ruang Bundar Dekanat FBS UNNES tersebut menghadirkan dua orang pembicara, yakni Bapak S. Jabat Kaban (pakar bisnis online dari bisnisukm.com) dan Bapak Edy Nugroho (Owner Petraya Percetakan).

Tujuan dari digelarnya seminar tersebut menurut ketua panitia Yunia Nurhidayah adalah untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan, terutama bagi kalangan muda dan mahasiswa. ”Dengan terciptanya jiwa kewirausahaan pada diri kaum muda dan mahasiswa, maka akan tercipta generasi technoprenership yang dapat memberikan solusi permasalahan jumlah pengangguran intelektual yang jumlahnya semakin besar dewasa ini,” jelas Yunia. Tidak mengherankan jika seminar tersebut dihadiri ratusan peserta yang sebagian besar dari kalangan muda dan mahasiswa.

peserta seminar technopreneurship UNNESTerbagi menjadi dua sesi, seminar dibuka langsung oleh Bapak Supraptono selaku Pembantu Dekan Bidan Kemahasiswaan Fakultas Teknis Universitas Negeri Semarang. Dalam sambutannya, Bapak Supraptono yang mewakili pihak kampus menekankan kepada para peserta untuk fokus dan senantiasa menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber. ”Pada saat ini dicari bukan orang yang mencari kerja, tetapi kita sendiri yang menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga dengan seminar kali ini semoga bisa membekali peserta semua untuk tahu bagaimana agar bisa menjadi wirausahawan dan pebisnis yang luar biasa nantinya,” ujarnya yang diamini oleh seluruh peserta.

Bapak Jabat Kaban dalam pemaparan maaterinyaSementara itu, pada sesi pertama seminar, Bapak S. Jabat Kaban yang datang langsung dari Yogyakarta memberikan paparan materi terkait Creative entrepreneurship on net (bisnis online). Sebagai owner dari bisnisUKM.com, beliau menitikberatkan materi tentang peluang bisnis online yang dewasa ini perkembangannya semakin pesat. “Sebagai status Anda sebagai seorang mahasiswa maupun sarjana, kerja itu tidak hanya harus keras, tetapi juga harus cerdas, jadi di situlah fungsi dari online, karena makna dari technoprenuer itu sendiri adalah gabungan dari teknologi dan entrepreneur, yakni dimana Anda bisa mengoptimalkan nilai-nilai entrepreneur pada aspek teknologi,” terang Bapak Jabat kaban.

Selain diisi dengan pemaparan materi pokok, Bapak Jabat Kaban juga terlibat interaksi aktif dengan para peserta yang bertanya mengenai pengalaman, kiat serta trik yang dijalankan oleh beliau dalam mengembangkan usahanya. “Ketika dulu pertama memulai menjalankan usaha (waktu masih kuliah) kendala yang sering Bapak hadapi apa saja? Karena sewaktu kita kuliah kan juga banyak tugas kampus, sehingga memanage waktunya bagaimana?,” tanya salah seorang peserta yang langsung dijawab dengan tuntas oleh Bapak Jabat Kaban.

Bapak Edy NugrohoPada sesi kedua, hadir selaku pembicara adalah Bapak Edy Nugroho yang dikenal sebagai seorang pengusaha sukses di Semarang (Petraya Percetakan). Beliau memberikan paparan materi mengenai ‘Sukses dan Motivasi di Bidang Technopreneurship’. Sama halnya dengan Bapak Jabat Kaban, Pak Edy juga mengawali mengembangkan usaha ketika masih muda dan berstatus mahasiswa. Sehingga, paparan yang beliau sampaikan lebih kepada motivasi tentang hal apa saja yang diperlukan oleh generasi muda untuk bisa mengembangkan sebuah usaha.

Tim bisnisUKM

 

1 Komentar

Comments are closed.