Dari Modal Nekat, Hingga Dikenal di Amerika Serikat

usaha ban velg.Bermasalah dengan ban atau velg mobil Anda? Tidak usah khawatir, datang saja ke Jalan Jend. Soedirman atau sebelah Barat McDonald’s Yogyakarta. Di kawasan ini berjejer kios pedagang ban mobil, yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Ban Mobil (PPBM). Adalah Bapak Jono, yang pertama kali mengembangkan usaha dagang ban mobil pada tahun 1970-an. Pak Jono yang juga Ketua PPBM mengawali usaha tersebut dengan membuka kios kecil berbilik bambu.

Pada awal membuka usaha, Pak Jono hanya memerlukan modal kecil. Ia menjual ataupun memperbaiki ban sepeda, gerobak, delman, dan sepeda motor. Modal awal untuk membuka usahanya pun pada saat itu boleh dibilang hanya bermodal nekat, kemauan, dan ketekunan. Kini, seiring berkembangnya jaman, Pak Jono pun mengembangkan pula usahanya, dan diikuti oleh beberapa pedagang ban yang lain, hingga terbentuklah sebuah paguyuban, yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama pedagang, maupun antara pedagang dengan pemerintah setempat, sehingga ditetapkan dan diberikan fasilitas tempat untuk usaha mereka.bisnis ban

Dalam perkembangannya, usaha dagang ban ini pun mulai menjual ban mobil. Selain itu, tempat usaha mereka pun kini sudah permanen, bukan lagi kios kecil dari bilik bambu. Layanan yang mereka berikan kini bukan hanya sebatas menjual ban bekas, namun sudah ada ban baru, dan velg, mulai dari memberi warna pada velg yang sudah pudar maupun memperbaiki velg yang rusak. Tarif yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung dari pelayanan yang diinginkan, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Penghasilan rata-rata yang diperoleh para pedagang ban mobil ini pun bisa mencapai 1,5 juta rupiah per bulannya.

Tempat usaha yang strategis ini membuat konsumennya pun beragam, mulai dari konsumen kelas menengah yang biasanya mencari ban bekas sepeda motor, hingga konsumen yang mencari ban baru untuk mobil. Selain konsumen lokal, para pedagang ini pun kerap didatangi konsumen dari mancanegara. Hal ini dikarenakan publikasi tentang keberadaan usaha mereka sudah merambah hingga ke negeri Paman Sam atau Amerika Serikat.Usaha keras Pak Jono dapat memotivasi kita semua, bahwa dari peluang usaha dengan modal kecil pun mampu menghasilkan keuntungan yang luar biasa besar. So…tunggu apalagi untuk memulai usaha baru ????

Sumber : Tim Bisnis UKM

9 thoughts on “Dari Modal Nekat, Hingga Dikenal di Amerika Serikat”

  1. cukup menarik motivasi dan semngat dengan usaha yang dilakukan menitih dari bawah sampai mempunyai showroom yang permanen….dan dari paguyupan menjadi pemersatu pedagang ban dan pelg…ini menjadi motivasi dan inspirasi wirausaha…terima kasih atas informasi artikelnya….

    www.kurnia.biz

    tommy kurniansyah
    ttd

    Reply
  2. “Pak Jono Nekat”, hehe beliau berani dan kreatif, sukses buat pak Jono.
    Info tambahan, di sekitar pak Jono yang dulu sepi, kini sudah rame.
    Banyak lapak-lapak warung kecil pedagang makanan dan minuman kecil berderet, dan kalo malam minggu aduh “Rame” banget. Lapak Warung Kecil disekitar pasti dapat untung lumayan gede.
    Semoga dibahas juga tentang bisnis warung/kedai disekitar pak Jono. Sekalian analisis bisnis tentunya, untuk inspirasi rekan-rekan lainnya terutama di luar jogja.

    salam,

    Reply
  3. kreatif, kesungguhan, keberanian, dan keputusan yang tepat. dakan menghantar kita kepada kesuksesan. sukses buat Bapak Jono

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba