Pemasaran

Dorong UMKM Naik Kelas, Ini 5 Tujuan Dibentuknya PLUT-KUMKM

Dorong UMKM Naik Kelas, Ini 5 Tujuan Dibentuknya PLUT-KUMKM

Bagi anda yang sedang menjalankan usaha ataupun sedang merintis usaha, manfaatkanlah fasilitas dari pemerintah yang diberikan kepada para pelaku UMKM. Fasilitas tersebut adalah Pusat Layananan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM atau yang biasa dikenal dengan PLUT-KUMKM.

PLUT-KUMKM adalah Program Kementerian Koperasi dan UKM yang menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah dalam upaya meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis, managerial, dan kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM.

Pengembangan PLUT-KUMKM diharapkan mampu mensinergikan dan mengintegrasikan seluruh potensi sumber daya produktif, yang dimiliki Pemerintah pusat dan daerah serta stakehoders terkait dalam rangka penyediaan jasa layanan bagi pengembangan usaha KUMKM. Sejauh ini, Kementerian Koperasi dan UKM sudah membangun 42 Unit Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM di 42 Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia.

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM juga sudah meluncurkan aplikasi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM atau CIS SMEsCO berbasis android. Aplikasi tersebut akan menjadi pusat layanan informasi bagi pelaku KUKM.

Aplikasi dapat diunduh melalui google play ataupun bisa diakses langsung melalui www.manajemen.cis-nasional.id. Beberapa layanan yang tersedia di aplikasi tersebut antara lain: konsultasi online dan informasi pasar. Melalui smartphone, KUMKM di seluruh penjuru tanah air bisa melakukan konsultasi langsung dengan PLUT–KUMKM terdekat.

KUMKM juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi produk-produk mereka melalui layanan informasi pasar yang tersedia di aplikasi tersebut sekaligus menyediakan layanan database KUMKM online, dengan format sesuai dengan Peraturan Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Nomor 02/Per/DEP.4/ I/2017.

PLUT KUMKM juga berperan sebagai mediator bagi KUMKM dalam membangun hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya. Target kedepan, PLUT KUMKM diarahkan pada lima layanan, yaitu:

  1. Bidang Kelembagaan, yang meliputi pembentukan dan pemantapan kelembagaan koperasi dan UMKM, fasilitasi legalitas, penguatan sentra UKM/Klaster/Kawasan, pendataan, pendaftaran dan perizinan KUMKM advokasi perlindungan KUMKM.
  2. Bidang sumber daya manusia, pelatihan perkoperasian, kewirausahaan dan magang.
  3. Bidang produksi meliputi akses bahan baku, pengembangan produk (peningkatan kualitas, desain, merek dan kemasan), diversivikasi produk, standardisasi dan sertifikasi produk, aplikasi teknologi.
  4. Bidang pembiayaan meliputi penyusunan rencana bisnis proposal usaha, fasilitasi dan mediasi kelembagaan keuangan bank dan non bank, pengelolaan keuangan, dan advokasi permodalan.
  5. Bidang pemasaran meliputi informasi pasar, promosi, peningkatan akses pasar, pengembangann jaringan pemasaran dan kemitraan, pemanfaatan IT (e-commerce), serta pengembangan database yang terkait pengembangan KUMKM.