Es Kelapa Muda Diburu Pelanggan Di Bulan Ramadhan

Datangnya bulan suci ramadhan, selalu identik dengan kemunculan pasar kaget menjelang waktu berbuka. Di berbagai daerah, biasanya pasar kaget ini dipenuhi para penjual makanan dan minuman yang menawarkan beragam jenis menu berbuka puasa. Salah satunya saja seperti minuman es kelapa muda yang ramai diburu pelanggan selama bulan ramadhan.

Seperti kita ketahui bersama, es kelapa muda merupakan salah satu minuman yang cukup digemari konsumen sebagai menu berbuka. Bahkan, hampir di setiap ruas jalan di penjuru nusantara, terdapat pedagang es kelapa muda yang menjajakan dagangannya ketika menjelang buka puasa.

Tak hanya kesegarannya yang bisa menjadi obat penghilang dahaga setelah seharian berpuasa, namun kandungan yang terdapat di dalam air kelapa juga terdiri dari air sebanyak 95,5 persen, nitrogen sebanyak 0,05 persen, asam fosfat sebanyak 0,56 persen, kalium sebanyak 0,25 persen, kalsium oksida sebanyak 0,69 persen, magnesium oksida sebanyak 0,59 persen serta sedikit zat besi dan gula, sehingga dipercaya mampu memberikan khasiat yang cukup bagus bagi kesehatan para konsumen.

Tingginya permintaan es kelapa muda setiap datang bulan suci ramadhan, tentunya membuat harga buah kelapa muda di berbagai daerah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Jika sebelumnya di bulan ramadhan para pedagang es kelapa muda menjajakan minumannya seharga Rp5.000/buah, sekarang ini es kelapa muda ditawarkan para pelaku usaha dengan harga Rp 6.000,00 sampai Rp 7.000,00/ buah.

Melihat es kelapa muda diburu pelanggan di bulan ramadhan, tidaklah heran bila setiap bulan puasa tiba, banyak pelaku bisnis musiman yang sengaja menjajakan es kelapa muda untuk mendapatkan tambahan penghasilan selama bulan ramadhan. Contohnya saja seperti Sudan, salah satu pedagang musiman di Lampung timur yang setiap dua hari sekali mampu menjual sekitar 4.000 buah kelapa muda dengan keuntungan bersih sekitar Rp 3.000.000,00/ dua hari.

Sudan membeli kelapa muda dari petani di sekitarnya dengan harga Rp 1.500 per buah. Kemudian Ia menjual lagi seharga Rp 3.500 per buah dan rata-rata dalam dua hari Sudan bisa menjual sedikitnya 4.000 buah kelapa muda. Dari bisnis yang Ia jalankan, Sudan mengaku bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup menggiurkan selama bulan ramadhan.

Selain Sudan, ada juga Azmi seorang pedagang kelapa muda di Banda Aceh yang seharinya bisa menjual sekitar 300 sampai 400 buah dengan harga Rp 5.000,00 dan memperoleh keuntungan sekitar Rp 3.000,00 per buahnya. Kendati harga buah kelapa muda mengalami kenaikan harga selama bulan ramadhan, namun Azmi masih bisa mengantongi keuntungan yang cukup besar di bulan suci ramadhan.

Semoga informasi singkat yang mengangkat bisnis musiman selama bulan puasa ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu ide bisnis yang bisa Anda jalankan selama di bulan ramadhan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/07/13436269281834245650.jpg
2. http://www.pondoklauk.com/sites/default/files/images/Copy%20of%20es%20kelapa%20.jpg