Hindari Kesalahan Berikut Ini Dalam Pemasaran Di Instagram

Pemasaran di instagram merupakan salah satu cara yang digunakan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya secara online. Instagram menjadi sosial media yang menjadi favorit para pelaku usaha untuk melakukan promosi. Sosial media ini dianggap sangat efektif dan mampu membidik target pasar tepat sasaran. Banyaknya para pengguna instagram menjadi salah satu alasan utamanya. Ditambah fitur instagram yang kini semakin diupgrade menjadi lebih canggih dan lengkap semakin mendukung untuk melakukan iklan secara online.

Memang instagram ini keberadaanya sanagt dekat dan cukup familiar bagi masyarakat kita. Hampir berjam – jam mereka menghabiskan waktu untuk bermain di instagram. Selain untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pengguna lainnya sosial media ini juga sebagai wadah atau lapak untuk berjualan. Semakin bertambah banyaknya para pengguna instagram baik untuk kegiatan pribadi tapi juga untuk kepentingan bisnis. Inilah yang menjadi alasan instagam ini merupakan salah satu sosial media yang paling diminati saat ini.

Trend Pemasaran Dengan Instagram

Sudah sejak lama instagram ini mampu menciptakan trend dan sangat berpeluang untuk kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini banyak digunakan oleh perusahaan kecil sampai perusahaan yang besar. Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat efektif karena memiliki pengguna aktif yang cukup banyak. Namun ternyata beriklan dengan menggunakan instagram ini tidak semudah yang kita kira. Perlu adanya strategi dan trik yang tepat dalam melakukan promosi pun harus berhati – hati dan benar terkonsep agar tidak terjadi kesalahan yang akan membuat kerugian dikemudian hari.

Tentunya promosi atau iklan pada sosial media bertujuan untuk meningkatkan penjualan secara online. Namun tak jarang apabila kita salah trik dalam melakukan promosi online bukan untung yang kita dapat malah menyebabkan kita tidak mendapatkan feed back atau hasil dari pemasaran yang kita upayakan. Ada kalanya ketika kita terlalu bersemangat dan yakin dengan startegi yang dibuat tanpa melakukan riset dan sharing terlebih dahulu maka justru menjadi bumerang sendiri. Nah berikut ini Bisnis UKM bakalan bahas mengenai apa saja kesalahan dalam promosi di instagram. Bahasan berikut bertujuan agar nantinya kamu terhindar dari kesalahan yang dapat mergikanmu dan bisnismu.

Kesalahan Pemasaran Di Instagram

Membeli Followers

Pasti bukan hal baru dan tidak asing lagi terdengar ditelinga kita jual beli followers. Banyak para agen yang menawarkan jasa penambahan followers untuk meningkatkan penjualan di instagram. Banyak yang ingin dan tertarik dengan jasa yang ditawarkan ini untuk menambah jumlah followers dalam waktu yang sangat singkat. Untuk awalan kita mungkin akan merasa senang dengan adanya followers yang banyak. Namun tahukah kamu banyaknya followers palsu tersebut akan terdeteksi oleh akun instagram dan secara otomatis akan terhapus oleh instagram. Dengan begitu tentunya akan berimbas dan berdampak pada jumlah followers bisnismu.

Kualitas Konten Kurang Menarik

Tahukah kamu jika para pengguna instagram lebih menyukai postingan dalam bentuk gambar atau foto ketimbang tulisan. Memang otak manusia disetting untuk lebih mudah untuk mencerna gambar ketimbang tulisan. Inilah yang menjadi alasan para pengguna instagram akan bosan dan tidak tertarik dengan postinganmu jika kamu terlalu banyak memposting konten tulisan.

Tentu akan sia – sia jika postingan kita dilewatkan oleh para pengguna instagram lainnya hanya karna tidak tertarik dengan postingan kita yang terlalu banyak tulisan dan membosankan. Bahkan tak banyak dari mereka yang hanya mebaca caption dan konten hanya sekilas.

Nah salah satu yang membuat mereka berhenti scroll adalah dengan menemukan atau melihat postingan atau konten gambar dengan kualitas yang bagus, tidak pecah dan menarik. Maka fokuskan untuk membuat konten yang berkualitas dan unik. Semakin bagus konten yang kamu buat maka akan semakin banyak para pengguna isntagram yang tertarik.

Gagal Dalam Memaksimalkan Followers

Nah ini kaitanya dengan membeli followers tadi, apabila kita membeli followers tentunya akan ada banyak akun palsu. Padahal sebenarnya yang kita butuhkan adalah followers sungguhan yang mana benar – benar tertarik dengan produk kita. Tentunya dengan begitu diharapkan selalu ada komunikasi dan interaksi dengan pengguna atau calon pembeli. Berbeda jika kita memiliki followers palsu maka interaksi ini tidak akan terjadi.

Yang dibutuhkan dalam promosi bisnis dalam media sosial adalah bagaimana caranya kita untuk bisa berkomunikasi dengan mereka sehingga antara penjual dengan pembeli terasa lebih dekat. Salah satunya dengan memancing mereka untuk selalu berpartisipasi dalam setiap konten yang kita posting. Dengan begitu maka followers akan membantu menyebarkan konten dan turut mempromosikan produk kita melalui strategi – strategi yang kita buat. Sehingga penting sekali dalam melibatkan followers dalam setiap promosi bisnis. Jangan sampai kita punya followers banyak namun tidak dilibatkan.

Demikian adalah beberapa kesalahan yang musti kamu hindari dan waspadai ketika mempromosikan bisnismu melalui instagram. Bukanya untung malah buntung yang didapat kalau terlalu tergesa – gesa dan mau instant. Berhati – hati dalam menyusun strategi agar tepat sasaran dan pastinya mampu meningkatkan penjualan nantinya. Semoga berhasil^^

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba