Peluang Bisnis Sushi Modal Kecil Dengan Gerobak Kaki Lima

Bisa dikatakan bisnis Sushi merupakan salah satu jenis bisnis kuliner yang terus berkembang di Indonesia. Sajian makanan khas dari Jepang ini juga merupakan kuliner yang tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Hampir di setiap negara di dunia ada pelaku bisnis Sushi yang menawarkan sensasi isiannya yang beragam sesuai dengan selera masing-masing. Ada juga para pelaku bisnis Sushi yang benar-benar menghidangkan sajian Sushi yang original seperti yang ada di negeri sakura tersebut.

Peluang Bisnis Sushi Modal Kecil Dengan Gerobak Kaki Lima
weightwatchers.com

Bisnis Sushi

Kalau dari segi rasa, Sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui dengan campuran cuka beras, garam, dan gula. Kalau untuk sebagian besar masyarakat Indonesia cita rasa Sushi masih terasa aneh saat disantap. Jadi tidak heran kalau pada awal kemunculannya bisnis Sushi ini terbilang kurang diminati karena sedikit penggemarnya. Selain itu pada awal kemunculannya di Indonesia harga yang ditawarkan juga relatif tinggi. Kebanyakan dijual oleh restoran mewah khusus makanan Jepang.

Tapi keadaan dulu sudah sangat berbeda dengan sekarang. Di masa ini bisnis Sushi merupakan salah satu jenis usaha kuliner yang justru makin menjanjikan. Sebab pada perkembangannya makanan ini sudah mengalami berbagai modifikasi dengan cita rasa yang disesuaikan dengan lidah pencinta kuliner di Indonesia. Variasi harganya juga bersahabat menjadi lebih ekonomis. Demam masakan Jepang saat ini juga semakin meluas. Kalau dulu masakan Jepang hanya dijual oleh retoran mewah atau hotel bintang lima, sekarang justru sudah merambah pada bisnis kuliner skala UMKM yaitu kaki lima.

Bisnis Sushi
cbsistatic.com

Sajian Sushi

Masakan Jepang ala fastfood bento memang sudah lama beredar di kaki lima tapi untuk Sushi baru mulai sekarang beredar di kaki lima atau bahkan pinggiran. Bentuknya bisa gerobak atau warung kecil di kaki lima bahkan berpindah dengan menggunakan kendaraan khusus. Makin digemarinya masakan Sushi memang tidak lepas dari berkembangnya usaha resto jaringan yang memperkenalkan Sushi ini sehingga makin banyak penggemarnya.

Makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah, atau sudah dimasak ini memang memiliki penggemar tersendiri di Indonesia. Kalau di Jepang lauk pauknya masih mentah atau setengah matang, namun agar menyesuaikan selera masyarakat Indonesia, banyak yang menawarkan sajian Sushi dalam keadaan matang. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa bisnis Sushi juga bisa dimulai dengan modal kecil dengan konsep kaki lima.

Sajian Sushi
acouplecooks.com

Strategi Bisnis

Untuk bisnis Sushi modal kecil yang berkonsep kaki lima ini biasanya menggunakan Sushi dengan isian yang sudah matang. Sushi yang dijual di kaki lima, harga jualnya tentu tidak bisa setinggi di restoran. Jadi ketika kamu ingin memulai bisnis Sushi modal kecil ini kamu harus melakukan penyesuaian baik dari cara pengolahannya dan juga bahan yang digunakan. Jika di restoran harga jual Sushi per porsi Rp 30 ribu ke atas, kamu bisa menjual Sushi di kaki lima dengan harga Rp 10-25 ribu per porsi untuk 6-8 potongan Sushi.

Berkaitan dengan bahan baku, harga murah bukan berarti harus mengurangi kualitas bahan baku yang digunakan. Namun bisa saja menggunakan bahan baku alternatif untuk menekan harga jual, tanpa harus menghilangkan kualitas produk. Misalnya penggunaan beras lokal yang dicampur dengan beras ketan sebagai pengganti beras Jepang yang harganya jauh lebih mahal. Selain beras, bahan lain untuk membuat Sushi juga membutuhkan cuka beras Jepang, garam, gula, lembar nori, daging ikan tuna fillet, ketimun Jepang, mayones, cabai, tobiko, kecap manis, saus tiram, dan bahan isian lainnya sesuai varian menu yang akan kamu tawarkan.

Strategi Promosi

tarjogja.com

Kalau terkait dengan pemasaran dan promosi, kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan media sosial dan juga mendaftarakan diri menjadi merchant jasa ojek online. Buatlah konten marketing yang menarik dan bernilai. Supaya semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba sajian Sushi yang kamu jual. Makanan Sushi itu sendiri secara tampilan sudah menarik, jadi pintar-pintarlah untuk mengambil foto produk dengan seestetik mungkin.

Selain itu promosi lewat mulut juga perlu kamu perhatikan. Buatlah cita rasa Sushi yang memang lezat dan sesuai dengan selera orang kebanyakan karena di dunia bisnis kuliner kualitas rasa akan menentukan banyak atau sedikitnya pelangan. Semakin enak rasa Sushi yang kamu buat semakin banyak pula pelangan yang akan merekomendasikan Sushi buatan kamu. Pilihlah juga kemasan Sushi yang menarik. Kamu bisa menggunakan food pail, lunch box, atau pun food tray.

Pemilihan lokasi yang tepat juga menjadi bagian dari promosi lain yang efektif. Lokasi yang bisa kamu jadikan pilihan untuk memulai bisnis sushi modal kecil kaki lima ini tentunya harus strategis. Selain itu juga harus sesuai dengan target konsumennya. Beberapa lokasi strategis bisnis Sushi yang bisa dijadikan pilihan misalnya mal, sekolah, universitas, atau pusat kuliner. Dalam pemilihan gerobak, kamu bisa mendesain gerobak dengan konsep yang modern.

Kendala umum yang akan dijumpai ketika kamu menjalankan bisnis ini adalah persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu perlu usaha keras untuk menjaga konsistensi kualitas dan rasa setiap produk yang kamu ditawarkan, sehingga konsumen bisa menilai bahwa produk yang kamu tawarkan memang murah dan terjangkau tapi tidak murahan. Selain persaingan, risiko usaha makanan Jepang ini juga cukup besar. Misalnya turunnya kualitas dan cita rasa yang ditawarkan karena kontrol yang lemah terhadap proses pembuatan produk. Jadi sebaiknya proses produksi dilakukan sendiri atau jika memang memakai tenaga kerja, pastikan kamu bisa melakukan kontrol untuk menjaga kualitas Sushi yang dibuat.

Cara Membuat Sushi

taste.com

Lalu bagaimana cara membuat Sushinya? Buat kamu yang ingin memulai usaha ini tanpa memiliki kemampuan untuk membuat Sushi bukan menjadi alasan untuk mundur, karena sekarang ini pengetahuan untuk membuat Sushi bisa didapat dari banyak tempat. Bisa dari Youtube, media sosial, dan membaca buku resep yang berkenaan dengan Sushi. Bisa juga kamu mengkuti kursus masak dengan menu utama Sushi.

Berikut ini Bisnis UKM akan membagikan resep dan cara membuat hidangan Sushi Roll Isi Crab Stik yang bisa kamu coba terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis Sushi. Simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

Resep Sushi Roll Isi Crab Stik

Bahan :

– 250 gram beras

– 100 gram beras ketan

– 650 liter air

– 2 sdm cuka beras bisa diganti dengan perasan air jeruk lemon

– 5 sdm gula pasir

– 2 sdt garam

– Nori atau dadar telur tipis

Bahan Isi

– 10 batang Crab stik

– 2 butir telur, kocok dan didadar

– 2 buah mentimun

Cara Pembuatan :

1. Cuci beras dan ketan hingga bersih, tiriskan.  Didihkan beras dan ketan sampai kesat kemudian angkat.

2.  Siapkan pengukus. Kukus sampai matang kemudian angkat. Saat masih panas masukkan perasan jeruk lemon, gula dan garam. Aduk sampai tercampur.

3. Siapkan selembar nori di atas gulungan bambu atau cetakan sushi. Letakkan nasi panas di atas permukaan dan ratakan. Letakkan potongan telur, timun dan crab stik, gulung sampai seluruh permukaan tertutup. Rapikan.

4. Sushi dihidangkan dengan dipotong setebal 2-3 cm dan siap dihidangkan.

Itulah ulasan mengenai bisnis Sushi modal kecil dengan skala kaki lima yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha kuliner. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kuliner kamu #NaikKelas Ikuti terus artikel menarik tentang bisnis kuliner lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terisnpirasi untuk mulai berbisnis!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba