Ide Bisnis Mahasiswa, Bikin Merchandise Wisuda Modal Patungan

Ide bisnis mahasiswa yang satu ini bisa banget kamu contek. Baru berjalan beberapa bulan saja sudah bisa menghirup angin segar laris manis jualannya. Modal patungan, bisnis yang dijalankan 3 mahasiswa UNY ini patut diperhitungkan! Inspirasi selengkapnya bisa kamu akses dengan nonton keseluruhan video dibawah ini !

Atau kamu juga bisa simak penjelasannya melalui pembahasan artikel kali ini. Liputan kali ini tentang bisnis mahasiswa kreatif merchandise yang dilakoni dengan modal patungan. Bisnis ini dijalankan 3 orang mahasiswa yang mana diantaranya adalah wulan, khoirul dan vina.

Bisnis mereka ini bernama Sun Flora Project yang bergerak dalam bidang merchandise, khususnya hadiah wisuda. Sistem dari bisnis mereka ini by custom, jadi selain menggunakan by custom menggunakan pula sistem pre order. Sehingga customer memesan memesan sesuai dengan keinginan customer. Lalu mereka ber-3 membuat berdasarkan katalog yang ada di daftar katalog.

Ide Bisnis Mahasiswa Merchandise Wisuda

Sun Flower Project

Latar belakang mereka membangu n bisnis yang satu ini karena pada biasanya ketika teman-teman mereka wisuda atau sidang skripsi pasti selalu membuat sesuatu untuk temannya. Namun kebanyakan merchandise wisuda yang berada di pasaran harganya mahal. Ini menjadi ide buat mereka bertiga untuk memulai bisnis di bidang tersebut.

Latar belakang

Pada saat mereka mencoba untuk membuat sendiri ternyata biayanya tidak semahal yang berada di pasaran. Maka terfikir untuk membuat produk hadiah wisuda maupun untuk ulang tahun dengan harga yang lebih terjangkau. Dari bermula memberikan hadiah untuk teman-teman ternyata banyak yang menyukai dan tak sedikit pula yang menanyakan kenapa tidak dijual.

Kemunculan Ide Bisnis

Jadi mereka menemukan ide bisnis dari pasar, karena banyak teman-temannya yang suka dengan produk mereka. Dari sana mereka bertiga memutuskan untuk membuat bisnis yang satu ini.

Sedangkan untuk metode pemasaran yang mereka gunakan dengan mengandalkan sosial media. Untuk pemesanannya dengan menggunakan sistem make to order, jadi menunggu pesanan dari customer baru kemudian dibuatkan dalam jangka waktu beberapa hari.

Tantangan

Tantangan yang dihadapi selama menjalankan bisnis ini ada beberapa hal. Salah satu diantaranya adalah masalah produksi. Untuk pertama kali memproduksi hadiah yang satu ini tentu mengalami trial dan error. Ketersediaan bahan baku yang terjangkau menjadi salah satu tantangan mengembangkan Sun Flora Project. Hal tersebut tentunya untuk menekan biaya produksi.

Kemudian yang ketiga karena pemasaran memanfaatkan sosial media maka lebih banyak belajar tentang foto dan video untuk produksi. Mereka juga belajar bagaimana untuk mengambil foto dan mendesain di instagram. Ini adalah salah satu cara untuk membuat customer tertarik dengan produk mereka.

Produk Sun Flora Project

Produk pertama yang diproduksi mereka adalah Flora In Frame. Pada awalnya ingin fokus pada konsep floral frame. Namun dari konsumen meminta untuk membuat variasi lainnya seperti jam dinding, akrilik dan beberapa jenis lainnya. Untuk produk terbarunya akan ada kreasi lampu tidur.

Untuk produksi mereka bekerjasama dengan pihak ketiga. Jadi jika dihitung bisnisnya ini masih terbilang sangat baru sekitar 2 bulan. Selain untuk hadiah wisuda, untuk dailynya biasanya ada beberapa yang menanyakan untuk hadiah wedding, ulang tahun dan lain sebagainya. Rata-rata yang menanyakan dan memesan tersebut untuk hadiah ulang tahun.

Target Pasar

Untuk target pasar sekarang ini baru teman dan kerabat. Namun kedepannya akan di eksplore lebih jauh lagi pada teman-teman universitas lain. Dan selain itu mereka juga menargetkan untuk mengikuti expo. Dari beberapa teman yang sudah mengikuti expo tersebut menurutnya dari mengikuti acara tersebut memberikan efek yang sangat besar. Sehingga menjadi lebih dikenal oleh masyarakat.

Pemasaran

Pemasaran yang digunakan saat ini memang baru merambah ke sosial media instagram (@sunflora.project). Untuk kedepannya berencana untuk membuat website meskipun sederhana namun bisa untuk memperluas jangkauan dalam memperkenalkan pada masyarakat luas.

Jika dilihat dari latar belakang pendidikan serta ilmu yang dipelajari dengan bisnis yang mereka tekuni ini jauh berbeda. Ada yang dari jurusan teknik elektro, pendidikan bahasa indonesia dan pendidikan biologi. Dasar dari mereka memberanikan diri terjun dan mengembangkan bisnis tersebut karena ingin mandiri secara finansial.

Modal Patungan dan Bagi Jobdesk

Secara kebetulan mereka membangun bisnis bersama meski dari jurusan yang berbeda. Menurut mereka menemukan partner bisnis yang cocok itu sangat jarang. Karena biasanya pernah jalan beberapa bulan namun tidak cocok untuk dijadikan partner bisnis.

Dari sana mereka belajar dari pembagian tugas. Jadi untuk modal misalnya harus disamakan jumlahnya. Dari segi kontribusi sebisa mungkin semaksimal mungkin untuk membagi pekerjaan ataupun job diratakan. Sehingga ketika pembagian hasil tidak terjadi permasalahan.

Memang tidak bisa dipungkiri bisnis modal patungan gampang-gampang susah. Hal tersebut karena menyatukan beberapa kepala cukup sulit. Memang mereka memiliki karakter yang berbeda. Namun mereka bertiga mengaku memiliki tingkat toleransi yang sefrekuensi sehingga masih bisa saling memaklumi.

Motivasi Bisnis

Kondisi seperti sekarang ini yang mana sedang pandemi covid19 menjadikan lapangan pekerjaan semakin sedikit. Jadi mereka berkeinginan untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Mereka yakin dengan bisnis yang mereka tekuni sekarang ini jika dieksplore akan bisa berkembang. Motivasi tersebut dari berawal dari temannya yang juga terjun dalam bidang bisnis serupa. Mereka pun memiliki harapan dan optimis bahawa mereka juga bisa mengembangkan bisnis tersebut.

Nah itu adalah inspirasi ide bisnis mahasiswa yang menekuni merchandise hadiah wisuda. Dari modal patungan kini mereka bisa menghirup udara segar, mandiri secara finansial. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi para anak muda lainnya.

Tonton juga video liputannya di channel youtube TVBisnis, dan bisa cek juga video liputan menarik lainnya seperti bisnis modal patungan yang dilakoni 3 mahasiswa ini.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba