Ini Dia Strategi Bisnis Fashion Biar Bisnismu Tetap Bertahan Dipasaran

Strategi bisnis fashion adalah sebuah kunci keberhasilan dalam bisnis fashion. Mengapa begitu? karena startegi bak sebauh senjata untuk memenangkan persaingan pasar. Tentu memiliki sebuah bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Terutama bisnis fashion. Ada kiat-kiat yang harus ditempuh demi mempertahankan bisnisnya agar tetap bisa bersaing dipasaran.

Nah buat para pemula yang akan terjun dalam bidang bisnis fashion maupun yang sudah lama wajib banget untuk terus belajar dan menginovasikan produknya. Namun tidak hanya itu saja. Namun juga mengembangkan kreativitas dalam diri baik dari segi produk maupun pemasaran.

Menjalankan bisnis fashion memang tidak bisa asal ikut-ikutan saja, karena pastinya resiko yang akan dihadapi banyak. Dan banyak para CEO bisnis fashion yang sudah banyak belajar dari bisnis yang mereka jalani. Menjalankan bisnis di bidang fashion ada banyak hal yang perlu di eksplore. Sehingga tidak bisa asal menjalankan dan mengikuti trend saja. Tanpa adanya minat dalam bidang tersebut pun akan menghambat perjalanan mengembangkan bisnis.

Pentingnya Strategi Bisnis Fashion

Bisnis apapun jika kita hanya modal ikuti trend bisnis tidak akan bertahan lama. Ada beberapa hal yang harus dipelajari. Terutama harus kreatif dan inovatif. Inovatif dalam memgembangkan produk agar mampu menciptakan trend baru yang lebih bagus lagi dan dapat diterima konsumen. Selain itu kamu juga harus dituntut lebih kreatif.

Kreatif dalam memasarkan agar bisnis tetap berjalan di tengah ketatnya persaingan pasar. Selanjutnya juga sebagai seorang pebisnis fashion kamu juga harus mengikuti trend fashion yang ada. Terus belajar dan mencari tahu fashion yang sedang digandrungi oleh target pasar, kemudian inovasikan dan hadirkan di toko kamu.

Selain 3 hal tersebut yang harus dimiliki maka seorang pebisnis fashion, ada hal lain juga harus memiliki. Yakni memiliki banyak ide untuk terus mengembangkan bisnis dengan cara yang kreatif dan unik. Dan hal penting pertama yang menjadi modal utama adalah keberanian dalam memulai. Karena ada banyak para pemula yang sudah banyak merencanakan dan memikirkan ide-ide kreatif. Namun untuk mengeksekusi masih ragu dan akhirnya menunda untuk segera menjalankan.

Terjun dalam bisnis pun kita akan selalu dituntut untuk terus belajar setiap harinya. Belajar berinovasi, belajar strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar. Mengamati, observasi, evaluasi dan memperbaiki apa yang masih kurang dan belum tercapai dari apa yang sudah dijalankan. Belajar pun bisa dilakukan dengan banyak cara, terutama di era modern ini.

Bisa dari teman seperjuangan, sosial media, buku, majalah, mengikuti workshop dsb. Selain beberapa hal tersebut ada faktor penunjang lainnya yang juga turut membantu meningkatkan penjualan dan membantu bisnismu agar tetap bisa bersaing di pasaran. Nah salah satunya dengan adanya strategi bisnis fashion. Strategi tersebut sangat dibutuhkan karena peranannya sangat teramat penting. Nah selanjutnya akan kita bahas tentang strategi bisnis fashion untuk kamu.

5 Strategi Bisnis Fashion

Menggunakan Foto Asli

Salah satu faktor pendukung sukses dalam bisnis fashion adalah dengan adanya strategi bisnis online fashion yang sesuai. Nah caranya dengan penggunaan foto original. Baik foto yang ada di sosial media, website hingga marketplace. Konsumen akan lebih percaya dengan toko apabila menggunakan foto asli bukan foto yang diambil dari internet.

Selain itu didukung dengan menambahkan informasi lengkap tentang produk. Seperti harga, merk, model, ukuran, bahan dan informasi tambahan lainnya.

Maksimalkan Sosial Media Marketing

Di era modern ini tentu sudah pasti para konsumen sebagian besar menggunakan sosial media. Dengan membidik sosial media sebagai pasar adalah hal yang sangat tepat. Hampir semua orang memiliki dan menggunakan sosial media setiap harinya. Maka dari itu sosial media merupakan salah satu strategi yang paling efektif untuk mempromosikan bisnis.

Ada beberapa sosial media yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah ig, facebook, tiktok, pinterest, dan lain sebagainya. Beberapa fitur ads dari sosial media tersebut bisa kamu maksimalkan untuk mengembangkan bisnis. Kamu juga bisa menyesuaikan sosial media yang kamu gunakan dengan rentan usia yang ditargetkan.

Nah berikut ini ada 6 tips promosi dengan menggunakan sosial media, diantaranya :

  • Riset client
  • Membuat goals dan tujuan yang tepat
  • Analisa kompetitor
  • Konten yang menarik dan relevan
  • Waktu posting yang tepat
  • Memaksimalkan fitur ads

Mendaftarkan Pada Marketplace

Salah satu cara memainkan strategi bisnis online adalah dengan memanfaatkan marketplace. Penggunaan marketplace ini memiliki peran penting untuk memaksimalkan penjualan. Mendaftarkan pada marketplace ini di nilai sangat efektif agar bisnis dapat dikenal lebih luas. Selain itu dengan penggunaan marketplace sangat membantu memudahkan dalam hal penjualan. Ada beberapa marketplace yang bisa kamu daftarkan diantaranya adalah shopee, tokopedia, bukalapak dan lazada.

Tujuan dari berjualan dengan marketplace :

  • Konsumen menjadi lebih percaya untuk berbelanja di toko kita
  • Memberikan kenyamanan pada pembeli dalam hal pembayaran karena sangat aman menggunakan pihak ketiga
  • Ada detail produk secara detail dan juga gambar asli, serta informasi ketersediaan barang
  • Konsumen akan mudah tertarik dengan adanya promo potongan harga atau gratis ongkir

Membuat Website

Selain memaksimalkan marketplace kamu juga bisa menggunakan website sebagai lapak jualan. Tentu jika hanya mengandalkan marketplace saja kita akan sedikit kesulitan kedepannya dalam memenangkan persaingan pasar. Tentu dikarenakan semakin berkembang era dan zaman maka persaingan dalam satu wadah tersebut akan semakin sengit. Sehingga bisa membuat penjualanmu semakin melemah.

Salah satu cara untuk mengantisipasinya dengan menyiapkan website untuk mendukung bisnis kamu. Website ini akan membantu bisnis semakin sukses dalam jangka waktu yang panjang. Tentu selain itu akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada toko kamu.

Kerjasama Dengan Influencer

Influencer adalah salah satu strategi marketing yang mempromosikan produk dengan memanfaatkan seorang influencer untuk diajak kerja sama. Kehadirannya membantu mempermudah menemukan lebih banyak calon konsumen dari penjuru mana pun. Selain itu akan membantu meningkatkan brand awareness bisnis.

Sekian pembahasan kita tentang strategi bisnis fashion untuk membantu meningkatkan penjualan online. Semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan tentang pemasaran online. Jangan lewatkan pula artikel menarik lainnya hanya di website bisnisukm.com.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba