Begini Cara Sukses Bisnis Fashion Untuk Para Pemula

Bisnis fashion kini memang sedang banyak digeluti siapa saja. Buat para pelaku bisnis yang belum banyak memiliki pengalaman dalam bidang bisnis memang nampaknya agak kesulitan. Maka dari itu cara sukses bisnis fashion yang akan kita bahas kali ini sangat bermanfaat membantu bagi para pemula untuk menyusun langkah awal.

Bisnis fashion ini memang dikenal sebagai salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Seperti yang kita ketahui, fashion setiap hari pastinya selalu dibutuhkan. Pasti ada saja yang membeli pakaian, tas, sepatu setiap harinya. Entah itu model baru atau pun bukan. Maka tidak heran jika banyak para pelaku bisnis yang berhasil menjadi milyarder berkat bisnis fashion ini.

Hal tersebut akhirnya membuat banyak orang yang mulai menggeluti bisnis yang satu ini. Didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih turut membantu memudahkan jalannya bisnis yang satu ini. Salah satunya adalah memanfaatkan sosial media.

Bisnis Fashion Minim Kerugian

Bisnis fashion ini memang sedang banyak diminati oleh para pelaku bisnis baru. Bukan hanya pemilik modal besar saja, namun juga pemilik modal kecil pun turut terjun dalam bidang ini. Fashion memang salah satu bisnis yang tidak akan pernah ada matinya. Karena sampai kapan pun akan selalu dibutuhkan. Sehingga peluang bisnis ini tetap menjadi pilihan bagi kebanyakan orang.

Jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, bisnis fashion ini memiliki banyak keuntungan. Bahkan ketika kamu minim budget, kamu tetap bisa memulai menjalankan bisnis yang satu ini. Salah satunya dengan menjadi reseller atau dropshiper. Memulai bisnis yang satu ini tidak harus selalu langsung besar. Bisa dimulai dengan modal kecil terlebih dahulu. Bahkan jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, resiko kerugiannya juga masih bisa dikatakan kecil karena peminatnya sangat banyak.

Bisnis fashion ini menjadi objek bisnis yang sangat menggiurkan, terutama saat lebaran maupun hari tertentu. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan trend fashion sekarang fashion bukan hal mewah lagi. Bahkan ketika tidak ada moment apapun itu pakaian tetap menjadi incaran setiap harinya terutama bagi kaum wanita.

Nah bagaimana kamu tertarik dengan bisnis fashion ini?buat kamu yang tertarik dan ingin menggeluti bisnis yang satu ini begini cara sukses bisnis fashion bagi para pemula.

Cara Sukses Bisnis Fashion

Untuk para pemula yang terjun dalam bisnis fashion dengan brand sendiri, alangkah lebih baiknya simak beberapa cara sukses bisnis fashion berikut ini agar brand kamu cepat dikenal dan bisnis semakin maju.

Konsep Matang

Ketika kamu akan memulai sebuah bisnis terutama dalam bidang fashion langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah membuat sebuah konsep.

Nah jangan asal buka saja tanpa melakukan persiapan konsep yang matang. Maka langkah awal yang harus dipersiapkan adalah dengan membuat konsep bisnis fashion yang berbeda dengan yang lainnya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konsep yang menarik dengan menonjolkan produk yang kamu jual.

Selain itu persiapkan dan pikirkan dengan matang nama bisnis fashion kamu, logo atau brand, kemasan dan jenis fashion apa yang akan kamu pilih serta desain fashionnya.

Memilih Jenis Fashion

Ketika akan memulai sebuah bisnis fashion hal yang kamu lakukan dengan memilih dan menentukan jenis fashion apa yang akan kamu jual. Untuk pemula kamu perlu tidak perlu langsung stok jenis yang beragam. Cukup tentukan jenis fashion misalnya fashion muslim. Kemudian pilih salah satu segmen terlebih dahulu. Misalnya mulailah dari menwarakan hijab terlebih dahulu.

Setelah ini selesai langkah selanjutnya adalah dengan mencari referensi ide desain yang sekarang ini sedang trend dan disukai oleh para anak muda milenial. Jika sudah menemukan maka pelajari dengan seksama. Kemudian selanjutnya cari bahan yang diperlukan dan mulailah dengan memproduksinya. Mulai dari mendesain hijab, membuat atau menjahit hingga mengemasnya menjadi produk yang siap dipasarkan.

Mempersiapkan Proses Produksi

Mempersiapkan proses produksi ini juga sangat penting diperhatikan ketika kamu memilih menggunakan brand sendiri. Selain menentukan jenis fashion, kamu juga akan mempersiapkan desain logo, desain fashion, dan lain sebagainya. Setelah produk jadi pun kamu harus menentukan harga dengan menghitung biaya keseluruhan untuk produksi dan lain-lain.

Pastikan pula jika harga yang kamu tentukan lebih besar dari modalnya. Dan yang harus kamu perhatikan sebelumnya ketika survey adalah mengetahui harga dipasaran produk yang kamu pilih. Sesuaikan dengan bahan dan juga kualitasnya pula.

Menyiapkan Desain Fashion

Setelah memilih desain fashion maka langkah selanjutnya adalah membuat desain fashion yang sedang trend. Sebelumnya lakukanlah observasi atau survey baik secara langsung atau bisa mencari referensi dari internet maupun majalah. Baru kemudian setelah dapat referensi mulai mencari bahan yang sesuai dan mulai pelajari bagaimana prosesnya. Jika sudah fix semua dan persiapan selanjutnya dengan mulai menjahit atau memproduksi hijab tersebut.

Jika kamu punya keahlian menjahit kamu bisa langsung eksekusi sendiri. Namun jika belum kamu bisa memasukkan ke penjahit dan memintanya untuk membuatkan sesuai dengan desain yang kamu persiapkan. Pikirkan ongkos produksinya pula jika kamu tidak dapat membuat sendiri. Dan pastikan jika desain yang kamu buat adalah desain yang simpel dan sederhana. Karena jika desain cukup rumit tentu harga ongkosnya juga akan tinggi pula. Maka ini nantinya akan berpengaruh pada harga jual.

Logo atau Brand

Meski terlihat sepele namun brand atau logo bisnis ini sering kali terlupakan. Padahal peranannya sangat penting untuk memperkenalkan produk kita terhadap konsumen. Walaupun baru langkah awal dan akan memulainya, kamu tetap harus memikirkan desain logo seperti apa yang akan kamu gunakan nantinya.

Logo atau brand itu merupakan salah satu hal yang sangat perlu dan wajib dimiliki dalam berbagai bidang bisnis. Hal ini karena logo merupakan tanda pengenal suatu produk. Maka dari itu pikirkan dengan matang logo yang digunakan. Tak harus rumit dan ribet, buat desain logo yang simple dan mudah diingat oleh para konsumen. Namun tetap menarik dan unik.

Menyiapkan Kemasan

Kemasan menjadi salah satu aspek penting yang tak boleh ketinggalan. Sebelum kamu menjual produk pastikan jika kamu sudah menentukan kemasan seperti apa yang akan kamu gunakan. Dan pastikan kamu juga membuat desain kemasan agar menambah minat para konsumen untuk membeli karena tertarik pula dengan packaging yang rapi dan juga unik.

Cari kemasan yang sedang berkembang dan menjadi trend zaman sekarang. Karena kemasan juga turut berperan penting dalam hal pemasaran. Tidak hanya sebagai wadah saja. Namun dengan adanya desain kemasan akan mempercantik tampilan. Menjadi lebih mewah, elegan dan menarik. Selain itu adanya desain kemasan yang mencantumkan beberapa informasi brand, logo dan info lainnya bisa menjadi strategi pemasaran.

Menyiapkan Strategi Pemasaran

Untuk dapat bersaing dipasaran tentu kamu juga harus memperhatikan dan menyiapkan strategi pemasaran yang akan digunakan. Pemasaran ini adalah salah satu cara untuk memperkenalkan brand produk kamu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk ini.

Namun di era digital sekarang ini sudah sepantasnya kamu memasarkan sesuai dengan trend perkembangan zaman. Salah satunya dengan menggunakan sosial media. Ada banyak sosial media yang bisa kamu manfaatkan seperti instagram, whatsapp, tiktok, youtube, pinterest, google my business, facebook dan marketplace. Serta maksimalkan dengan beberapa fitur masing-masing didalamnya.

Dengan penggunaan sosial media maka brand produk kamu akan dengan mudah di jangkau lebih luas hingga ke mancanegara. Nah jika bisnis sudah mulai berkembang perlahan buatlah store offline untuk membuat para konsumen lebih trust dengan toko kamu. Kamu juga bisa menambahkan membuat website untuk menambah kepercayaan konsumen.

Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana cara sukses bisnis fashion ini. Dan hal apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum terjun? Nah sekarang saatnya eksekusi, karena kamu tidak akan pernah tahu kemampuanmu sebelum kamu mencoba terjun langsung. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba