Inovasi Bakpia Telo Ungu Khas Jogja

Bakpia selama ini dikenal sebagai makanan yang isian utamanya terdiri dari campuran kacang hijau dan gula. Namun saat ini, panganan yang menjadi salah satu ikon khasnya Kota Yogyakarta tersebut mulai banyak dikembangkan dengan beragam isian yang menarik. Tidak percaya? Silakan mengunjungi Omahe Bakpia yang terletak di seberang Kampung Gudeg Wijilan Yogyakarta. Di situ kita bisa mencicipi inovasi bakpia yang terbuat dari telo ungu (ubi ungu).

Omahe BakpiaAdalah Bapak Bambang Tri Wahyudi yang memiliki pemikiran untuk melakukan inovasi bakpia dengan isian telo ungu pada tahun 2004. Penggunaan telo ungu sebagai bahan baku isian bakpia juga bukan tanpa alasan, karena di dalam telo ungu sendiri terkandung zat yang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Tentunya dengan kondisi demikian tidak ada kekhawatiran bagi kita untuk mengkonsumsi olahan bakpia tersebut berapapun jumlahnya.

Bakpia Telo Ungu Disukai Wisatawan

Ditemui di kediamannya, Pak Bambang yang ketika itu didampingi Pak Wito sebagai orang kepercayaanya berujar jika bakpia telo ungu miliknya memperoleh respon positif di masyarakat. “Perlu proses memang, namun karena telo ungu sendiri sudah dikenal memiliki citarasa unik dan khas, maka produk ini bisa diterima masyarakat, terlebih adanya produk (bakpia) ini juga bisa membuktikan bahwa bahan baku ndeso seperti telo ungu bisa memiliki nilai jual tinggi ketika diolah menjadi olahan bakpia,” kata Pak Bambang kepada tim liputan bisnisUKM, Senin (9/9).

Dibantu kurang lebih 20 orang tenaga produksinya, Omahe Bakpia bisa menghasilkan 500 box bakpia (kemasan dus kecil dengan isi 12) setiap harinya. Bakpia-bakpia tersebut selanjutnya dipasarkan di Omahe Bakpia serta beberapa toko oleh-oleh yang ada di seputaran Yogyakarta. “Selain nitip ke beberapa toko oleh-oleh, kami juga bekerjasama dengan travel agent wisata, tukang becak, tukang parkir, dan pihak-pihak lainnya, dengan harapan ketika ada wisatawan mereka juga bisa membawanya ke sini (Omahe Bakpia),” terang Pak Wito.

outlet omahe bakpiaSelain mengkreasi bakpia telo ungu, Omahe Bakpia juga mengembangkan bakpia dengan isian ubi cilembu yang tidak kalah lezatnya. “Semua bahan baku yang kami gunakan ini pilihan, karena bagi kami bahan baku merupakan faktor penting untuk menghasilkan sebuah produk yang berkualitas,” lanjut Pak Wito. Untuk bahan baku telo ungu misalnya, mereka mendatangkan langsung dari  Malang Jawa Timur yang selama ini memiliki kualitas telo ungu yang istimewa. Penasaran dengan kelezatan Omahe Bakpia? Salam sukses!!

Tim liputan bisnisUKM

 

2 Komentar

  1. Saya salah satu pelanggan omahe bakpia hampir 3 tahun
    saya menyukai variasi bakpia rasa ubi ungu dan tertarik untuk belajar cara membuatnya sendiri. Saya berharap bisnisukm.com bisa memberikan resepnya untuk saya coba membuatnya

Comments are closed.