Internet Marketing Untuk Bisnis Jamur

jamur tiramPerubahan gaya hidup masyarakat yang semakin sadar akan pola makanan sehat, membuat tingkat konsumsi jamur semakin hari kian meningkat. Bahkan saat ini tidak hanya komunitas vegetarian saja yang gemar mengkonsumsi aneka makanan olahan jamur. Berbagai jenis jamur konsumsi seperti jamur tiram, jamur merang dan jamur kuping kini menjadi salah satu menu pilihan yang mulai familiar di pasaran, dan banyak disajikan di rumah makan bahkan restoran.

Kondisi ini mendorong sebagian besar masyarakat untuk mulai terjun menekuni peluang bisnis jamur. Selain minat pasar yang sangat besar, prospek bisnisnya masih terbuka lebar. Diprediksi kebutuhan pada tahun 2015 permintaan jamur menembus angka 17.500 ton. Saat ini produksi jamur tiram sendiri baru mencapai 35 ton per hari atau 13.825 ton per tahun.

Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh para petani jamur diantaranya adalah pemasaran. Dan sebagai alternatif pemasaran yang bisa Anda coba adalah pemasaran panen jamur dengan menggunakan media internet. Berikut kami informasikan beberapa bentuk pemasaran jamur dengan menggunakan media internet.

1. Berjualan ebook budidaya jamur
Salah satu peluang bisnis online yang cukup menguntungkan adalah berjualan ebook. Perkembangan jumlah pengguna internet yang terus meningkat, membuat pelaku bisnis online mulai tertarik untuk berjualan electronic book (ebook) dengan tema-tema yang banyak dicari pasar. Contohnya saja seperti ebook budidaya jamur tiram yang saat ini ramai diburu konsumen. Disamping keuntungannya cukup besar, mencoba berjualan ebook tidak membutuhkan banyak modal. Sebab modal utamanya hanya berupa tulisan atau informasi bermanfaat yang dibuat melalui media elektronik. Jadi tidak ada salahnya bila Anda membuat sebuah ebook budidaya jamur untuk dipasarkan dengan bantuan internet. Yang terpenting berikan informasi lengkap tentang tahapan-tahapan dan teknik dari setiap proses budidaya jamur yang dibutuhkan para konsumen, mulai dari proses produksi baglog, proses pembibitan, hingga proses perawatan yang harus dilakukan pelaku usaha sebelum akhirnya jamur bisa dipanen.

2. Berjualan video tutorial tentang  jamur
baglogSelain ebook (electronic book) Anda juga bisa berjualan video tutorial tentang jamur untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Biasanya para pemula cukup kesulitan bila harus mempelajari teori-teori tentang bisnis jamur melalui modul, buku maupun ebook. Sehingga banyak diantara mereka yang lebih memilih video tutorial agar bisa melihat langsung tahapan-tahapan yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis jamur. Karenanya Anda bisa membuat video tutorial budidaya jamur tiram, video pengolahan keripik jamur tiram, atau video tutorial lainnya yang membahas informasi tentang jamur, guna membantu para pemula yang tertarik menekuni peluang bisnis tersebut.

3. Membuka kelas pelatihan budidaya jamur
Disamping menawarkan aneka macam produk yang berisi panduan berbisnis jamur, Anda juga bisa membuka kelas kursus tentang budidaya jamur. Saat ini sudah banyak pelaku usaha budidaya jamur yang mulai menawarkan pelatihan bisnis kepada masyarakat luas melalui media online. Dan respon yang diperoleh dari konsumen pun sangatlah bagus, karena sampai hari ini minat masyarakat untuk menekuni bisnis jamur masih cukup besar. Kondisi ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu peluang bisnis online yang cukup menjanjikan. Apalagi pelatihan budidaya jamur secara online relatif lebih murah jika dibandingkan dengan pelatihan secara offline. Meskipun begitu, bagi Anda yang menjalankan pelatihan budidaya jamur secara offline, bisa juga memanfaatkan internet marketing untuk mempromosikan event tersebut kepada khalayak ramai. Dengan jangkauan internet yang cukup luas, tidaklah heran bila saat ini banyak pelaku usaha yang lebih memilih media online sebagai alat pemasaran yang cukup efektif.

4. Membuat toko online untuk memasarkan produk olahan jamur
Peluang bisnis yang terakhir adalah membuka toko online untuk memasarkan aneka macam produk olahan jamur. Pertumbuhan jumlah toko online yang semakin hari kian meningkat menjadi salah satu bukti nyata bahwa peluang bisnis ini menjanjikan untung besar setiap bulannya. Hal inilah yang mendorong banyak orang semakin tertarik menjalankan bisnis toko online. Anda pun juga bisa membuka toko online untuk memasarkan produk jamur yang Anda hasilkan. Mulai dari produk jamur segar, menyediakan bibit jamur, baglog jamur, sampai menjual hasil olahan jamur seperti sosis jamur, nugget jamur, keripik jamur, kerupuk jamur, dan lain sebagainya.

Potensi bisnis jamur yang cukup besar, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari usaha untuk mencobanya sebagai peluang usaha. Selalu ada jalan bila kita mau berusaha, termasuk juga dalam menggunakan internet marketing untuk bisnis jamur. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang mudah, mulailah dari sekarang. Ayo berbisnis jamur !!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba