Jadikan Kompetitor Sebagai Semangat Dalam Bisnis Minuman Dingin Ombein

Hamin Muhammad Rosyid bisa dipanggil Rosyid. Ia merupakan owner dari bisnis minuman ombein. Pada awalnya memulai bisnis minuman ini dulunya Ia menyukai minuman kekinian dan kebetulan sang istri juga menyukai hal yang sama. Kemudian muncullah ide kenapa hanya membeli, dan tidak membuat sendiri saja? Nah dari sanalah akhirnya berinisiatif riset, mencoba dan membuka bisnis minuman ombein ini.

Sejak dari kuliah memang passionnya menyukai bisnis, lalu dicoba untuk membuka bisnis minuman ini. Pada awalnya untuk meriset rasa dan varian Ia memulai untuk menjajal produk minuman yang sudah punya brand dan nama. Ia coba satu per satu, lalu mencari tahu bagaimana cara membuatnya kemudian eksekusi mulai dipraktikkan. Untuk meriset minuman ini dulunya Ia menjajal beberapa minuman dari beberapa kompetitor.

Jadikan-Kompetitor-Sebagai-Semangat-Dalam-Bisnis-Minuman-Ombein

Merintis Bisnis Minuman Ombein Drink

Permulaan Bisnis

Untuk berbisnis minuman ini ada kendalanya, pada awalnya passion yang dimilikinya di bidang retail dan jasa sebelum menekuni bisnis minuman ini Ia terjun dalam bisnis kuliner. Kalo kata orang bisnis kuliner lebih capek karena nyobain ini itu, namun jalanin terus aja. Kendalanya mungkin hanya karna belum terbiasa saja.

Awalnya coba – coba pakai container di depan ruko menjajakan berbagai macam varian rasa agar konsumen tidak bosan. Ini Caranya ini digunakan dari meliaht beberapa kompetitornya, akhirnya mencoba banyak menu dan dari container hasilnya cukup lumayan. Dari sana Ia mulai memberanikan diri untuk menyewa ruko dan tambah menu variasi agar ada banyak pilihan untuk customer.

Item Produk di Ombein

Item produk di Ombein ini ada 4, untuk yang pertama ini ada reguler, untuk reguler sendiri ada thai tea, lemon tea, red velvet, taro, tiramishu, hazelnut, choco. Yang kedua fruit series variannya ada, avocado, durian, banana, dan grape. Dan ada machiato series dan cheese series, untuk machiato series ini ada cheese rasanya lebih manis jadi menu reguler dibikin manis. Kalo cheese series itu rasanya cenderung asin. Kemudian ada toppingnya seperti boba, oreo. Itu untuk menambah minat para customer.

Untuk secara garis besar rata – rata sesama kompetitor sama. Hanya saja kao di Ombein ini meskioun terbilang baru namun berani melaunching menu – menu baru yang beragam dan banyak. Salah satu cara menarik yang dilakukan oleh pemilik Ombein ini digerainya setiap bulan ada undian give away sepatu.

Satu Bulan 1 Riset Segemen Bisnis Minuman

Pertama untuk satu bulan pertama masih dalam tahap riset segemennya orang sekitaran gerai, kampus dan untuk pemasaranya memanfaatkan media sosial, meski baru via instagaram tapi untuk kedepannya pemilik akan lebih memaksimalkan melalui media online lainnya.

Menu bestseller di Ombein ini coklat, minuman jenis coklat ini pasti selalu habis. Jadi untuk menu – menu bestseller dimaksimalkan disitu. Target pasar lebih ke anak muda, kenapa anak muda? Karena untuk minuman penggemarnya sudah pasti anak-anak dan anak muda.

Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk orang tua karena pada dasarnya target pasarnya memang untuk semua kalangan namun lebih mengutamakan para anak muda yang mana mereka adalah penikmat minuman kekinian.

Harapan Untuk Bisnis Minuman Ombein Drink

Kedepan harapannya mungkin akan menyediakan minuman kopi yang bisa dinimati oleh kalangan umum terutama untuk orang tua. Tapi untuk saat ini segmennya masih terfokus pada anak-anak dan anak muda. Namun untuk kedepannya berencana agar bisa menjangkau semua kalangan.

Untuk sekarang memang dirasa belum maksimal dan belum sesuai dengan ekspetasi. Namun sudah lebih baik perkembangannya jika dilihat dulu masih sebatas dalam container. Kedepannya masih akan terus dikembangkan dan dimaksimalkan. Untuk satu bulan ini masih dalam riset apa yang masih kurang akan dimaksimalkan untuk terget kedepannya.

Kompetitor Bisnis Minuman?

Pada zaman sekarang untuk minuman kekinian seperti ini sudah pasti banyak kompetitornya dan ibaratnya setiap tikungan ada. Nah dengan begitu bagaimana cara memberikan inovasi yang berbeda agar orang lebih percaya dengan Ombein ini. Dengan adanya ruko untuk Ombein ini maka orang akan lebih percaya, ada tempat duduk bisa lebih nyaman. Harapanya memang agar customer benar – benar percaya dan nyaman untuk singah dan membeli minuman Ombein ini.

Bisnis Menjadi Hobinya

Menurut pengakuannya alasan utama menekuni bisnis minuman ini karena memang sejak kuliah memang sudah menyukai bisnis, pertama kali menekuni bisnis itu sangat senang sekali.

Jadi Ia berbisnis ini berangkat dari hobi, ketika hobi dijalani dan menghasilkan rasanya menyenangkan, Kedua Ia ingin sekali membuka lapangan pekerjaan. Meskipun berbisnis ini terkadnag hasilnya nak turun namun tak membuatnya menyerah. Karena bisnis memang sudah menjadi hobi dan kegemarannya maka Ia pun tetap menyukainya dan menjadikan hal tersebut sebagai tantangan.

Kegagalan Dalam Bisnis

Selama menekuni bisnis gagal memang belum pernah Ia temui namun ditipu orang sudah pernah. Mungkin bisa dikatakan gagal namun bukan gagal jatuh bisnis, itu bisa dikatakan lika liku bisnis. Sebagai bahan pembelajaran agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Satu hal lagi dalam hal berbisnis sudah pasti membutuhkan visi dan misi. Ketika bisnis itu memiliki visi maka akan cenderung memiliki tujuan dan arah yang pasti sehingga akan terus naik. Tanpa adanya visi sudah pasti akan cenderung turun. Jadi visi yang Ia terapkan saat ini ingin mengembangkan bisnisnya agr lebih luas, membuka lapangan kerja baru yang lebih luas.

Target Pasar Yang Akan Dicapai

Target yang akan dicapai kedepannya meskipun kompetitor bisnis minuman serupa Ombein ini sudah banyak Ia terus belajar untuk mengembangkan agar bisa meluas disetiap daerah setidaknya di Jogja. Untuk kunci sukses sendiri lakukanlah dengan sungguh-sungguh, berani dalam mengambil resiko, tidak takut dalam kegagalan, hidari berpikir gagal, berani mengambil pengalaman, motivasi orang tua agar bisa membantu orang tua juga tentunya.

Nah untuk kompetitor bukan dianggapnya sebagai pesaing, Ia mengganggap sebagai semangat. Ketika kompetitor lebih sukses itu bisa menjadi acuan apa yang bisa ditiru, diamati dan dimodifikasi darinya.

Kompetitor Sebagai Penyemangatnya?

“Ketika kompetitor bisa berhasil kenapa kita juga tidak lebih berhasil darinya?”, begitu katanya. Maka jadikan kompetitor sebagai semangat. Kalo dijadikan motivasi untuk lebih berkembang akan lebih bermanfaat.

Lihat sekarang ada sepatu yang sedang viral namanya sepatu ventella itu produk lokal Indonesia yang lagi booming nah Ombein ini ada promo setiap pembelian 30 ribu minuman bebas akan dapat tiket yang nantinya setiap bulan akan diundi dan live instagram. Diundi 2 sepatu untuk customer minimal pembelian minuman 30rb.

Solusi Bikin Kemasan Untuk Para Pebisnis Pemula

Nah menurut pengakuan dari owner Ombein ini dengan adanya dikemas.com tempat bikin cup ini sangat membantunya dalam menjalankan bisnis. Selain karena free desain, pelayanan juga sangat responsif. Free desain ini sangat membantu untuk para pebisnis pemula yang tidak bisa desain dan tidak punya desain. Tak perlu susah mencari desainer bisa dibantu oleh di dikemas.com.

Begitulah pengakuan dari pebisnis Ombein minuman kekinian ini. Sekian dan terima kasih sudah menyimak inspirasi bisnis diatas. Semoga informasinya bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam hangat. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pemuda dan para pejuang bisnis yang sedang mencari ide bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba