Apa Kunci Sukses Pemasaran Untuk Bisnis Kecil?

Strategi Pemasaran Bisnis Kecil

Ketika Anda telah memutuskan untuk memulai bisnis baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang salah satunya adalah pengembangan basis pelanggan melalui marketing atau pemasaran. Pemasaran sendiri merupakan salah satu faktor penting dalam dunia bisnis, baik kecil maupun besar. Pemasaran ini menjadi ujung tombak keberhasilan dalam bisnis. Lalu seperti apa kunci sukses pemasaran untuk bisnis kecil?

Pemasaran merupakan salah satu elemen yang sangat penting untuk menunjang suatu keberhasilan dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis kecil. Pemasaran terdiri dari merek, promosi, iklan dan hubungan masyarakat. Dalam strategi pemasaran juga terkadang berbicara mengenai produk, harga, promosi dan juga penempatan.

Dengan menerapkan cara dan strategi pemasaran yang baik maka bisnis yang dijalankan bisa memperoleh pemasukan atau pendapatan sesuai dengan yang diinginkan tanpa terkecuali bisnis kecil. Ada banyak hal yang mendasari strategi pemasaran sehingga dapat dikatakan berhasil dan sukses, namun tujuan utama dari suatu pemasaran itu sendiri bukanlah keuntungan semata, akan tetapi juga menancapkan nama serta strategi pemasaran untuk jangka keuntungan yang lebih panjang.

Kunci Sukses Pemasaran

Berikut ini ada beberapa Kunci sukses pemasaran untuk bisnis kecil yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda.

Memahami produk Anda

Salah satu kunci utama menjalankan bisnis adalah dengan memahami produk Anda. Dengan memahami produk yang Anda jual maka akan dengan mudah untuk menentukan target pasar. Apabila barang yang Anda jual untuk misal untuk anak – anak maka fokus Anda adalah bagaimana cara menembus target tersebut. Anda bisa menggunakan logo, brand, atau bahkan slogan yang paling tepat untuk produk dan target pasar Anda. Dengan begitu produk akan mudah dikenal dengan luas.

Target pasar

Selanjutnya adalah dengan menentukan target pasar yang akan menjadi sasaran Anda. Untuk mengetahui target pasar Anda perlu melakukan riset pasar terhadap produk yang Anda jual. Jika sudah melakukan penelitian maka akan mendapatkan target yang sesuai dengan yang diharapkan. Dengan menentukan target pasar maka pemasaran menjadi lebih terarah dan tepat sasaran sesuai dengan produk, lokasi bisnis dan lain sebagainya.

Riset pasar

Riset pasar dapat Anda lakukan melalui survey, wawancara, kuesioner dan lain sebagainya kemudian buatlah analisis pasar untuk bisnis kecil Anda. Dengan melakukan riset pasar, Anda akan bisa mengetahui berapa harga yang cocok dan layak untuk produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Tetapkan anggaran pemasaran

Alokasikan dana pemasaran Anda untuk membuat sebuah kemasan produk, promosi, iklan dan juga publisitas. Ingatlah bahwa bisnis kecil juga membutuhkan sebuah anggaran atau dana untuk mempromosikan produk, misalnya dengan membuat brosur dan promosi lainnya.

Pasarkan produk dari mulut ke mulut

Cara yang paling mudah dan cepat untuk mempromosikan suatu produk atau bisnis adalah dari mulut ke mulut. Beritahukan bisnis kecil yang Anda jalankan kepada semua keluarga, teman, tetangga dan masyarakat umum lainnya tentang bisnis Anda. Jika mereka puas dengan produk dan juga pelayanan Anda maka tidak menutup kemungkinan hal itu bisa mendorong mereka untuk memberitahukannya pada orang lain.

Membuat website untuk bisnis kecil Anda

Jika Anda tidak mampu atau tidak memiliki biaya untuk menyewa seorang desainer web, maka mintalah bantuan pada teman maupun keluarga untuk membantu Anda dalam membuat sebuah website toko online.

Meskipun website yang Anda buat hanya untuk mempromosikan bisnis kecil Anda, namun pastikan bahwa dalam website tersebut bebas dari kesalahan ketik, link yang rusak atau hal apa saja yang akan membuat website Anda tidak tampak profesional. Gunakan pula hosting yang handal sehingga website Anda dapat dengan mudah dilihat.

Akrab dengan media

Temukan sebuah cara agar bisnis kecil Anda diwawancarai oleh sebuah surat kabar maupun lembaga penyiaran lokal. Buatlah diri Anda menjadi seseorang yang mudah diakses oleh mereka para awak media. Promosikan diri Anda sebagai seseorang yang ahli di bidang bisnis tersebut, dan Anda siap untuk diwawancara kapan pun juga.

Buat konten tulisan maupun gambar

Di era modern yang semuanya menggunakan teknologi canggih kini pemasaran paling ampuh dan tepat sasaran melalui sosial media internet. Untuk membuat promosi tidak hanya itu – itu saja dan membosankan. Tentu penting adanya kreatifitas. Buatlah konten tulisan maupun gambar untuk menarik para pelanggan. Jangan melulu hanya mengupload produk saja.

Gencar melakukan promosi

Untuk menarik para konsumen maka rajinlah membuat promosi untuk menarik para konsumen dan calon konsumen. Jangan mudah menyerah menawarakan produk yang Anda jual. Lakukan promosi secara terus menerus dan jangan sampai bosan. Dengan begitu produkmu akan dikenal luas setiap harinya. Jika perlu adakan diskon potongan harga, give away, voucher ataupun yang lainnya.

Memberikan insentif untuk setiap rekomendasi

Sebuah produk akan tentu akan terlihat bagus ketika ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapatkan testimoni dan rekomendasi dari pelanggan maka berikan penghargaan insentif menarik. Bisa dalam bentk uang, potongan harga ataupun bahkan barang tertentu. Dengan cara ini tentu Anda mendapatkan 2 sasaran sekaligus yakni konsumen untuk menjadi pelanggan setia dan calon konsumen.

Menjalin hubungan yang baik kepada konsumen

Usahakan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan konsumen lama dan menjaga komunikasi agar mereka tetap repeat order. Untuk mempertahakan Mereka menjadi pelangganmu maka seskali berikan hadiah special, atau layanan lebih seperti member potongan harga. Maka dengan begitu hubungan baik dengan pelanggan akan terjalin. Dengarkan pula kritikan, saran dan masukan serta kemauan yang disampikan oleh para pelanggan. Kemudian lakukan evaluasi. Dengan begitu pelanggan akan terkesan, pelanggan yang terkesan maka akan mendatangkan pelanggan baru lainnya.

Itulah beberapa kunci sukses pemasaran untuk bisnis kecil yang cocok sekali bagi Anda yang telah memulai bisnis. Dengan menerapkan beberapa strategi pemasaran di atas, kesabaran dan kemampuan Anda dalam melakukan kegiatan promosi maka lambat laun bisnis kecil yang Anda jalankan akan semakin maju. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Jangan sampai ketinggalan informasi bisnis terlengkap dan terupdate hanya di Bisnisukm.com. Website informasi bisnis yang dapat memberikan Anda ide, inspirasi dan motivasi. Mulai dari kisah para pelaku bisnis yang sukses menjalankan bisnisnya. Tips dan trik pemasaran, video bisnis liputan, bisnis online dan masih banyak lagi. Jangan sampai ketinggalan.

Cek dan gabung juga di Bisniskuliner.ID, inspirasi bisnis dari liputan bisnis para pelaku bisnis yang telah suskes. Mulai dari usaha cafe, restaurant dan rumah makan. Mereka membagikan kisahnya bagaiamana memulai bisnis dari nol dan masih banyak lagi.

Sumber gambar : http://www.thepalmbeach100.com/images/Small-business-marketing-21.jpg

1 thought on “Apa Kunci Sukses Pemasaran Untuk Bisnis Kecil?”

  1. Salam..
    Saya ingin mau konsultasi mengenai bisnis kecil saya.
    Untuk 3 bulan terakhir ini saya sudah punya anggota 6orang untuk jd marketing di lapangan.
    Tp saya bingung apa yg harus saya lakukan untuk terus berkembang.
    Sementara saya belum dapat siup.
    Trima kasih.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba