Jadilah Pemimpin Yang Baik Untuk Bisnis Anda

pemimpin yang baikSebagai seorang pelaku usaha, tentunya Anda harus siap pula menjadi pimpinan bagi perusahaan Anda. Bahkan, baik buruknya reputasi bisnis Anda menjadi tanggungjawab penuh Anda sebagai seorang pemimpin. Karenanya meskipun Anda baru belajar merintis usaha, ada baiknya bila dari sekarang Anda mulai mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pemimpin yang baik agar bisa mengantarkan bisnis Anda ke pintu gerbang kesuksesan yang diimpikan.

Nah, untuk bisa meyakinkan para karyawan bahwa Anda adalah seorang pemimpin yang baik. Berikut ini kami informasikan beberapa strategi bisnis yang bisa dilakukan seorang pemimpin untuk mengantarkan usahanya menuju gerbang kesuksesan.

Pertama, bangun kredibilitas Anda sebagai seorang pemimpin dengan menambah pengetahuan, pengalaman dan selalu melek informasi. Hal ini penting karena sebagai pemimpin, Anda dijadikan sebagai tempat belajar dan bertanya bagi semua anggota tim. Karenanya meskipun ada beberapa hal yang belum Anda ketahui, maka segeralah cari informasinya di berbagai media dan berikan solusi serta jawaban bagi setiap permasalahan yang dihadapi anggota tim Anda.

Kedua, banyak yang bilang saat krisis adalah saat yang tepat untuk mengimplementasikan teknik kepemimpinan Anda. Ketika menghadapi kondisi yang cukup genting, sebagai seorang pemimpin Anda harus bisa membuat keputusan yang cepat dan tepat kemudian mensosialisasikannya kepada tim Anda dan mengawal terus praktek kerjanya di lapangan. Melalui cara tersebut, secara tidak langsung Anda telah memberikan bukti nyata kepada tim bahwasannya langkah yang Anda pilih merupakan jalan keluar yang paling efektif sehingga mereka memberikan kepercayaan penuh pada kepemimpinan Anda.

loyalitas kerja karyawanKetiga, pahami apa yang menjadi kendala para anggota tim. Jika selama bekerja masih ada salah satu mereka yang kurang paham dengan tugasnya, maka segera dampingi mereka tanpa harus diminta. Kepedulian Anda terhadap setiap anggota tim, bisa meningkatkan loyalitas kerja karyawan sehingga mereka merasa nyaman di tempat kerjanya dan menghasilkan output yang maksimal setiap bulannya.

Keempat, jangan berlebihan dalam mempresentasikan keahlian yang Anda miliki. Jarak yang terlalu besar antara pemimpin dengan anggota timnya terkadang justru membuat demotivasi (turunnya motivasi) dan membuat anggota tim sangat tergantung dengan keputusan pemimpinnya yang justru hanya akan mematikan kreativitas serta inisiatif mereka dalam kerja. Karenanya meskipun Anda lebih berpengalaman dibandingkan anggota tim Anda, berusahalah untuk selalu bersikap low profile (rendah hati) dan berikan kepercayaan kepada tim Anda untuk berkreasi dan berinovasi sesuai dengan bidang yang mereka geluti.

Semoga keempat tips bisnis yang telah kita bahas bersama bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula maupun pelaku usaha untuk bisa menjadi pemimpin yang baik bagi perusahaannya. Jadilah pemimpin yang baik untuk bisnis Anda, dan biarkan kesuksesan menghampiri Anda sekarang juga. Salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://lh4.ggpht.com/MhBjVOowE4Q1hEoKrg1tW2up6eUFZR3lwGtV8Ccr0MQUp09RD28Q1U2GcGmm-rJ0Vyd6ZP9sKCTkml-FqeiI=s1600
2. http://www.littleblackdressgroup.com.au/wp-content/uploads/2013/05/sharingfeedback-620x600.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba