Jangan Coba Bisnis Warung Kopi Kalau Kamu Belum Tahu 7 Cara Ini

Jangan Coba Bisnis Warung Kopi Kalau Kamu Belum Tahu 7 Cara IniKebiasaan nongkrong sambil ngopi bareng teman dan orang terdekat, belakangan ini menjadi hobi baru bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bahkan trend ini tak hanya menjamur di kawasan ibukota, tapi juga mulai menular ke daerah lain sehingga pertumbuhan bisnis warung kopi di nusantara tak kalah bersaing dengan kedai kopi di kancah dunia.

Minat pasar yang begitu besar dan didukung dengan potensi kopi lokal yang citarasanya telah diakui pasar internasional, membuat lahan bisnis warung kopi di negara kita masih sangat menjanjikan. Peluang ini nyatanya tak disia-siakan begitu saja oleh pelaku bisnis di Indonesia, buktinya banyak orang berebut pasar untuk mencoba lahan bisnis warung kopi.

Nah, kalau kamu juga pengen mencoba peruntungan di bisnis warung kopi, pastikan bahwa kamu sudah bisa melakukan tujuh hal ini sebelum membuka kedai kopi.

  1. Membuka usaha warung kopi tidak semudah menyeduh kopi dan gula dalam secangkir air panas. Bekali dirimu dengan cara dasar membuat secangkir kopi yang enak diminum. Meski untuk memulai bisnis kopi kamu bisa mempekerjakan seorang barista profesional jika modalmu besar, tapi setidaknya kamu punya ilmu dasar tentang barang dagangan yang kamu jual.
  2. Setidaknya kamu tahu siapa pesaingmu dan bagaimana cara mereka merebut perhatian konsumen. Sangking sibuknya membuat kopi, jangan sampai jadi katak dalam tempurung. Agendakan untuk rutin mengunjungi coffeeshop paling ngehits di kotamu, cari tahu menu andalan yang disajikan, bagaimana harga yang ditawarkan dan bagaimana cara mereka melayani setiap konsumennya. Sembari jalan-jalan kamu bisa menambah pengetahuanmu tentang pesaingmu.
  3. Jalan-jalan nggak harus keluar modal, kamu bisa cari tambahan inspirasi dengan browsing konsep coffeeshop yang lagi hits di luar negeri dengan bantuan Google. Daya tarik warung kopi tidak hanya sebatas urusan secangkir kopi, tempat yang nyaman dan tampilan warung kopi yang unik juga bisa menjadi salah satu daya tarik.
  4. Berhubung Indonesia itu kaya akan citarasa kopi, kopi aceh, kopi luwak, kopi gayo, kopi lampung, dan masih banyak jenis kopi lainnya. Mau tidak mau kamu harus cari tahu tentang kekayaan kopi di negerimu. Pastikan sebelum memulai usaha warung kopi, setidaknya kamu mengenal seluk beluk tentang biji kopi itu sendiri. Sebab, setiap jenis kopi memiliki cara penyeduhan yang berbeda.
  5. Jangan paksa semua orang menyukai warung kopimu. Pastikan kamu memiliki target pasar yang jelas sebelum mengeluarkan modal berdarah-darah untuk mewujudkan konsep warung kopi impianmu. Selanjutnya selaraskan konsep warung kopi tersebut dengan target pasar yang kamu bidik.
  6. Cari cara untuk mengundang calon pelanggan. Setelah pasar ditentukan, konsep bisnis sudah matang, selanjutnya cari cara untuk mendatangkan banyak pelanggan. Caranya lewat PROMOSI. Dalam hal ini kamu bisa mulai membuat event-event seru untuk launching warung kopi sembari memanfaatkan social media untuk mempublikasikan event serumu. Sekarang ini kamu bisa coba gunakan instagram untuk menginformasikan tempat-tempat nongkrong seru, apalagi kalau warung kopimu memiliki tampilan yang instagramable
  7. Terakhir, buat konsumenmu selalu ketagihan untuk kembali ke warung kopimu. Tentu hal ini terkait kualitas rasa kopi yang disajikan, kenyamanan yang diberikan, pelayanan kepada setiap pelanggan, termasuk program promo tambahan yang bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

Ingat, membuka warung kopi tidaklah semudah membuat secangkir kopi. Persiapkan dengan matang dan mulailah dari sekarang! Salam sukses.

Leave a Comment