Jasa Pengiriman Yang Tepat Jadi Solusi Bisnis Toko Online

jasa pengiriman barangTak bisa kita pungkiri bila dalam menjalankan bisnis toko online, salah satu partner bisnis yang kita butuhkan adalah para penyedia jasa pengiriman barang. Mengingat strategi pemasaran online yang kita gunakan bisa menjangkau seluruh konsumen di penjuru daerah, mau tidak mau kita harus menggandeng perusahaan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan barang dagangan kita sampai ke tangan pelanggan dengan selamat.

Kondisi inilah yang memaksa para pelaku bisnis toko online untuk lebih jeli dan teliti dalam memilih penyedia jasa pengiriman barang. Pasalnya, kesalahan dalam memilih jasa pengiriman barang bisa menyebabkan alur distribusi barang terhambat sehingga tidak menutup kemungkinan bila para konsumen pun bakal komplain kepada para pemilik bisnis toko online karena produk yang mereka order belum juga datang.

Agar pengalaman buruk seperti contoh di atas tak terjadi pada bisnis toko online Anda, ada baiknya bila Anda mulai jeli dalam memilih jasa ekspedisi. Sebab, jasa pengiriman barang yang tepat jadi solusi bisnis toko online Anda.

Sedikitnya ada lima poin penting yang perlu diperhatikan para pebisnis toko online ketika mereka memilih jasa pengiriman barang.

Pertama, sesuaikan barang kiriman dengan model jasa ekspedisi. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan bisnis toko online di Indonesia, sekarang ini model jasa ekspedisi bararang yang ditawarkan semakin beragam. Ada penyedia jasa ekspedisi yang menggunakan jalur darat, udara, dan laut.

Biasanya, untuk jalur udara digunakan untuk produk-produk urgent yang jumlahnya tidak terlalu besar karena waktu pengirimannya relatif singkat dan biayanya juga cukup besar. Sedangkan untuk jalur darat dan laut biasanya dipilih para pebisnis toko online yang mengirimkan barang dalam jumlah cukup banyak dan bersifat tidak urgent. Sebab, pengiriman barang via darat dan laut diangkut menggunakan jasa truk barang cukup besar (container) yang lama pengirimannya dipengaruhi oleh tingkat kemacetan jalan sedangkan untuk pengiriman barang via laut (kapal) dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan tinggi gelombang.

Kedua, cari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan setiap ekspedisi. Hampir setiap jasa ekspedisi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karenanya untuk mendapatkan biaya pengiriman cukup miring namun dengan kualitas pelayanan yang terjamin, Anda harus jeli untuk mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing ekspedisi. Contohnya saja seperti JNE yang cakupan wilayahnya cukup luas namun biayanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan ekspedisi lainnya atau ada juga Pos Indonesia yang tarif ongkos kirimnya cukup terjangkau dan cakupan wilayahnya sangat luas namun proses pengirimannya terkadang memakan waktu yang lama, serta beberapa jasa pengiriman barang lainnya yang bisa Anda bandingkan kelebihan dan kelemahannya.

Ketiga, usahakan untuk memilih jasa pengiriman barang yang memiliki jaringan cukup luas. Sebagai pelaku bisnis toko online, kita harus jeli dan mencari informasi sebanyak-banyaknya kira-kira ekspedisi apa saja yang memiliki jangkauan pasar cukup luas namun biaya kirimnya cukup terjangkau. Contohnya saja seperti Pos Indonesia, JNE, Tiki, Wahana, PCP, dan lain sebagainya. Semakin banyak jasa pengiriman barang yang Anda ketahui, maka semakin banyak pula pilihan tarif ongkos kirim yang bisa Anda informasikan kepada para konsumen.

Keempat, usahakan untuk memilih ekspedisi yang mudah diakses status pengirimannya. Meski sekarang ini banyak jasa pengiriman barang yang menawarkan tarif cukup terjangkau, namun sayangnya mereka tak melengkapi servisnya dengan fitur online mengenai pengecekan status barang. Padahal, fitur ini cukup penting bagi para pebisnis online. Tanpa fitur pengecekan barang via online, pelaku bisnis toko online cukup kesulitan untuk memantau status barang yang dikirimkan. Satu-satunya cara yang bisa mereka gunakan yaitu dengan menelepon perusahaan ekspedisi tersebut untuk mengetahui sampai sejauh mana proses pengiriman barang yang mereka kirimkan.

Kelima, pilih jasa pengiriman barang yang mudah dihubungi ketika terjadi complain. Selain memilih jasa pengiriman barang yang menawarkan tarif murah, Anda juga harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan. Salah satunya memilih jasa ekspedisi barang yang memiliki Customer Servis atau call center yang supportive dan memudahkan pelaku bisnis toko online ketika menghadapi complain  pelanggan.

Yang terpenting adalah utamakan kepuasan pelangan dan pilihlah jasa ekspedisi yang tepat agar produk yang Anda kirimkan bisa diterima konsumen dengan selamat. Salam sukses!
Jabat Kaban

Jabat Kaban, ST

Serius menekuni bisnis sejak kuliah semester 6 di Universitas Brawijaya Malang, dengan bisnis pertamanya adalah perakitan komputer. Sejak itu jatuh bangun menjalankan berbagai macam bisnis pernah dialami (lebih dari 20 jenis). Puncaknya di tahun 2006 ketika bisnis-bisnis tersebut berjatuhan, mengalami kerugian hingga milyaran Rupiah. Setelah itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa bangkit, salah satunya dengan mempelajari bagaimana berbisnis dengan menggunakan teknologi internet. Dimulai dari berjualan e-Book, menjadi broker toko tenda sampai membantu pemasaran mesin-mesin pertanian.

Establishing Business :

1. PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA

Aneka Mesin : Produksi Mesin Rekayasa Teknologi Tepat Guna.

www.anekamesin.com, www.anekaindustri.com (2007 – Now)

2. PT. LANTABURA MEDIA

Sumber gambar : http://netpreneur.co.id/wp-content/uploads/2013/05/kirim-in.jpg

3 thoughts on “Jasa Pengiriman Yang Tepat Jadi Solusi Bisnis Toko Online”

  1. Saya mau bertanya bagaimana tips apabila kita jauh dari jasa pengiriman barang agar menekan biaya transport dan supaya lebih cepat proses pengiriman?

    Reply
  2. Selamat malam,

    Saya ada beberapa pertanyaan mengenai jasa kirim.

    – Apakah ada perusahaan jasa kirim eksport via udara dalam skala/jumlah kecil seperti POS, JNE, dan sejenisnya, yang lebih murah dibanding POS Indonesia? (Mengingat saat ini yang termurah adalah POS Indonesia)
    – Bisa saya minta referensi perusahaan tersebut (jika ada)? Berhubung saya browse di internet masih belum dapat infonya.
    – Bagaimana cara menghindari (bukan mencurangi atau sejenisnya yang dapat menyebabkan terkena pidana) pajak import Indonesia yang (menurut saya) masih cukup tinggi ini?

    Terima kasih.

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk jasa kirim eksport via udara selain pos dan JNE biasanya tetap memiliki ketentuan berat minimal dan berat yang ditentukan jumlahnya cukup besar. Sedangkan untuk menghemat pajak import, kami sarankan untuk melakukan import barang dari negara terdekat dan dalam jumlah besar (misalnya untuk mencukupi permintaan pasar selama 1 bulan). Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba