Jumlah Pengangguran di Grobogan Mulai Berkurang

jumlah pengangguranSebagai salah satu daerah yang memiliki cakupan wilayah cukup luas, sekarang ini pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Grobogan semakin berkembang dengan pesat. Bahkan menurut hasil pemantauan Dinas Koperasi dan UKM setempat, pada pertengahan tahun 2011 silam jumlah UMKM di Grobogan diperkirakan telah melebihi angka 20.000. Sehingga tidak heran bila pertumbuhan yang positif tersebut kini diikuti dengan berkurangnya jumlah pengangguran di Kabupaten Grobogan yang dikenal sebagai wilayah terluas kedua di Provinsi Jawa Tengah ini.

Dari data yang dimiliki BPS, pertumbuhan UMKM di Daerah Grobogan sampai hari ini diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja hingga mencapai 65.000 orang. Menurut data yang ada, perkembangan angkatan kerja sampai akhir tahun 2010 silam mencapai angka 751.475 orang, dan tingkat penyerapan lapangan kerja atau penempatan tenaga kerja sebanyak 718.296 orang. Hal ini tentunya memberikan sinyal positif bagi masyarakat setempat, sehingga belakangan ini pemerintah mulai mendukung pertumbuhan UMKM di daerah tersebut guna mengurangi angka pengangguran lokal maupun nasional yang semakin hari jumlahnya terus meningkat.

Melihat peranan UMKM yang cukup besar dalam memerangi angka pengangguran di Kabupaten yang beribukota di Purwodadi ini, Pemkab setempat kini mulai mengoptimalkan pertumbuhan UMKM dengan memfasilitasi para pelakunya guna mengikuti berbagai macam pelatihan, memberikan bantuan alat produksi dari Pemerintah Provinsi, serta memberikan kemudahan dalam hal pengurusan surat izin usaha. Melalui program-program tersebut, diharapkan kedepannya bisa meningkatkan kapasitas serta kualitas produksi UMKM di Grobogan, sehingga bisa menyerap tenaga kerja yang lebih besar.umkm grobogan

Disamping itu, Pemkab Grobogan juga mulai memfasilitasi para pelaku UMKM untuk bisa bertemu dengan pengusaha lainnya di luar daerah. Seperti misalnya pertemuan dengan enam pengusaha besar di Bali yang beberapa waktu lalu telah dilaksanakan untuk membuka pintu kerjasama perdagangan guna memperluas jangkauan pasar produk UMKM Grobogan agar bisa masuk ke daerah Bali.

Dengan mengoptimalkan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Grobogan, diharapkan kedepannya bisa membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya sehingga semakin hari jumlah pengangguran di Grobogan mulai berkurang.

Semoga informasi berita info bisnis yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai berkarya menciptakan peluang usaha dan membukakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.instablogsimages.com/images/2009/11/17/unemployment_jIepl_17844.jpg
2. http://disperindagtam.grobogan.go.id/images/oziogallery2/gerabah/6.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba