Kabupaten Malang, Potensi Bisnisnya Makin Cemerlang

apel malangMenjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Malang ternyata menyimpan berbagai macam potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Dikenal sebagai kabupaten terluas kedua setelah Kabupaten Banyuwangi, sebagian besar wilayah Malang merupakan daerah pegunungan yang memiliki iklim sejuk dan sangat potensial untuk dikembangkan sebagai daerah pertanian.

Berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang, Pasuruan, Mojokerto, dan Kota Batu di bagian utara; Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo di sebelah timur; Kabupaten Blitar dan Kediri di bagian barat; serta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan; sekarang ini Kabupaten Malang membawahi sekitar 33 kecamatan dan beribukota di Kecamatan Kepanjen.

Hawa pegunungan yang menyelimuti Kabupaten Malang, menjadikan daerah tersebut sebagai salah satu daerah pertanian yang cukup subur dan menawarkan pesona pemandangan alam yang cukup menawan bagi para wisatawan. Tidaklah heran, bila daerah yang terkenal dengan potensi apelnya ini memiliki beragam potensi bisnis yang bernilai ekonomi cukup tinggi. Lalu, kira-kira potensi apa saja yang bisa kita temukan di Kabupaten Malang?

Berikut adalah beberapa sektor industri unggulan yang bisa Anda temukan di sekitar Daerah Kabupaten Malang.

Produk Olahan Susu
Salah satu potensi bisnis daerah yang mulai digerakkan masyarakat Malang yaitu unit pengolahan susu segar menjadi keju. Terletak di Ds. Bambang Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, para peternak bekerjasama dengan masyarakat Belanda menciptakan keju alami yang menggunakan bahan susu sapi murni berkualitas tinggi dengan bahan tambahan fermentor dan koagulan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Meski bisnis ini belum lama digeluti masyarakat Malang, namun mereka mampu memproduksi keju Gouda (merupakan keju semi keras asal Belanda) dan mulai mengembangkan jenis keju Mozzarella yang banyak digunakan untuk keperluan industri kuliner di tingkat lokal maupun nasional.

Industri Kerajinan Tikar Mendongtikar mendong
Tikar tenun mendong sudah diproduksi masyarakat Desa Blayu, Bebekan, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang sejak puluhan tahun silam. Warnanya yang khas mengandung warna merah, hijau dan ungu, ternyata tidak hanya diminati masyarakat lokal saja, namun juga mulai dikenal masyarakat di daerah lain seperti beberapa daerah di Pulau Jawa, Bali, hingga menjangkau negara Malaysia dan Brunei Darussalam. Selama ini masyarakat masih memanfaatkan cara tenun tradisional untuk memenuhi pesanan yang datang kepada para pengrajin.

Industri Kerajinan Bordir
Disamping kerajinan tikar mendong yang mulai mendunia, Malang juga memiliki potensi bisnis bordir yang diminati pasar mancanegara. Berpusat di Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, sedikitnya ada sekitar 300 orang tenaga kerja yang dikerahkan untuk memproduksi kerajinan bordir cantik berkualitas internasional. Bahkan bisa dikatakan sekarang ini tidak hanya pasar dalam negeri seperti Surabaya, Gresik, Solo, dan Bali saja yang mulai tertarik dengan bordir Malang, namun pasar luar negeri seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dan Arab Saudi juga mulai tertarik untuk mengorder bordir Malang karena kualitasnya yang benar-benar terjaga.

Potensi Apel Malang
Tak bisa kita pungkiri bila komoditas apel merupakan salah satu potensi daerah Malang yang sudah cukup popoler di kalangan masyarakat luas. Salah satu daerah yang menjadi sentra pertanian apel yaitu Kecamatan Poncokusumo yang berada di ketinggian 800 sampai 1.100 meter di atas permukaan air laut. Sedikitnya lahan seluas 500 hektar dikembangkan masyarakat setempat untuk menanam apel manalagi, apel rome beauty, apel ana, royal red, apel australia, dan apel yonagi.

Banyaknya produk lokal yang bisa diangkat masyarakat Malang sebagai komoditas unggulan yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi, ternyata tidak hanya mendatangkan rezeki yang berlimpah bagi masyarakat setempat namun juga menjadikan Kabupaten Malang potensi bisnisnya makin cemerlang. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/-rbISKX0DuHI/Tf4X6pm8-_I/AAAAAAAAAM4/xpGjw_YsS60/s1600/DSC01277.JPG
2. http://jpmi.or.id/files/2011/11/Tikar-Lipat.jpg

Leave a Comment