Kalau 6 Tanda Ini Ada di Dirimu, Artinya Kamu Cocok Jadi Pengusaha

Kalau 6 Tanda Ini Ada di Dirimu, Artinya Kamu Cocok Jadi PengusahaMeski banyak orang bercita-cita ingin jadi pengusaha, nyatanya tidak semuanya memiliki bakat di bidang bisnis. Dan begitu juga sebaliknya, ada pula sebagian orang yang sampai hari ini masih berkutat dengan aktivitasnya menjadi seorang karyawan atau terjebak di pekerjaan kantoran, padahal sebenarnya mereka mempunyai jiwa bisnis yang cukup kuat.

Kalau kamu juga seorang karyawan yang mengalami tanda-tanda berikut, maka sudah saatnya kamu mulai berpikir ulang untuk meneruskan pekerjaanmu dan beralih menjadi seorang pengusaha.

Coba perhatikan 6 kebiasaan berikut, apakah kamu juga memiliki tanda-tanda jadi pengusaha ini?

1. Cepat bosan dengan rutinitas yang sama

Biasanya orang yang memiliki jiwa wirausaha merasa kurang cocok menjalani rutinitas kantor dengan berbagai aturan yang mengikat. Mulai dari ketentuan jam masuk dan pulang kantor, waktu istirahat, cara berpakaian, hingga aktivitas pekerjaan yang monoton setiap harinya. Jika ya, bukan berarti kamum malas bekerja. Tanda ini menunjukkan bahwa kamu lebih cocok menjadi pengusaha, yakni kurang suka rutinitas yang mengikat.

2. Seringkali menjadi pemimpin tim

Seorang entrepreneur umumnya memiliki karakter yang kurang nyaman untuk mendapatkan peran sebagai bawahan yang diatur oleh seorang bos. Selain itu, orang-orang seperti ini biasanya di kantor lebih sering diandalkan menjadi penanggung jawab atau pemimpin tim dalam berbagai proyek. Karena tipe pengusaha lebih senang memimpin daripada dipimpin orang lain.

3. Selalu melahirkan ide dan berperan sebagai pemberi solusi

Hampir di setiap kesempatan, kamu tak pernah absen memberikan ide-ide brilian untuk berbagai persoalan. Baik itu persoalan promosi perusahaan, atau sekedar mencari ide segar untuk pembaruan produk, semuanya bisa kamu carikan solusi yang terbaik. Jika kamu memiliki karakter-karakter tersebut, kemungkinan besar kamu sudah siap alih profesi menjadi pengusaha.

4. Tak pernah takut mengambil risiko

Kamu merasa kurang nyaman berada di zona nyaman? Berani mencoba sesuatu yang baru meskipun resikonya sebuah kegagalan? Ini adalah salah satu tanda kalau kamu siap jadi pengusaha. Mengalami kerugian, ditipu orang, bahkan jika harus bangkrut dalam menjalankan usaha, sudah menjadi resiko yang tak pernah kamu takuti.

5. Handal dalam menguangkan segala hal

Tanda-tanda lainnya yang menunjukkan kamu lebih cocok menjadi pengusaha adalah keahlianmu dalam melihat peluang. Bahkan karena bakatmu ini, tak jarang teman-temanmu memanggilmu dengan sebutan “si otak bisnis”. Contohnya seperti di saat remaja SMA lainnya masih hobi minta uang saku ke orangtuanya, kamu sudah melakoni bisnis aksesoris gadget yang sedang hits di kalangan anak muda. Kemampuanmu mempengaruhi orang-orang di sekitar, menjadi pertanda kuat bahwa kamu siap menjadi seorang pengusaha.

6. Senang memperluas koneksi

Hobi berkenalan dengan orang-orang baru? Suka kumpul-kumpul untuk memperluas koneksi? Ini menjadi satu kunci kesuksesan seorang pengusaha, dimana jejaring yang luas juga bisa menjadi jembatan buat kamu untuk terjun ke dunia usaha. Tak menutup kemungkinan juga dari pertemanan yang kamu miliki, kedepannya kamu bisa mendapatkan calon supplier, distributor bahan baku, pengrajin, ataupun pemasar yang bisa kamu ajak kerjasama.

Sebenarnya selain 6 kebiasaan di atas, masih banyak lagi tanda-tanda yang menegaskan kamu lebih cocok jadi seorang pengusaha. So, pahami bakatmu sejak dini dan mulai action sekarang juga! Salam sukses.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba